Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

1.27.2011

Keunikan Hawaii

Kepulauan Hawaii

Hawaii..Jika mendengar kata ini pasti sudah terbayang di benak kita sebuah kepulauan yang indah dengan air lautnya yang berwarna biru safir..Ya, Hawaii adalah salah satu kepulauan terindah yang ada di bumi ini yang terletak di samudra Pasifik sebelah barat daya Amerika Serikat.Meskipun terletak sangat jauh dari daratan Amerika Serikat, tapi hawaii telah menjadi bagian dari USA sejak 21 Agustus 1959.

Ternyata selain keindahan alamnya yang mempesona, Hawaii mempunyai sejumlah keunikan yang mungkin belum kita ketahui..Let's check this out!

1. Surga yang terisolasi jauh dari daratan manapun
Posisi Hawaii yang terisolasi ditunjukkan oleh kotak merah

Meskipun Hawaii adalah salah satu negara bagian dari Amerika Serikat, kepulauan ini sebenarnya tidak berdekatan dengan Amerika Serikat ataupun daratan manapun. Ini adalah statistik perkiraan lokasi Hawaii yang sangat terisolasi:

a. Hampir 2400 mil dari California
b. Hampir 3900 mil dari Jepang
c. Hampir 4900 mil dari China
d. Hampir 5200 mil dari Filipina

Meskipun menjadi surga yang terisolasi, hal ini tidak akan memberikan dampak besar terhadap kita yang ingin berlibur disana karena kita tetap bisa menemukan semua kemewahan dan fasilitas tanpa suara arus lalu lintas yang sangat ramai, asap, kebisingan,  dan polusi. Cocok untuk orang yang suka ketenangan dan pemandangan yang indah.

2. Daratan yang menggunakan 2 bahasa sekaligus sebagai bahasa resmi
Dual bahasa resmi

Di negara Amerika Serikatnya mungkin hanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, tapi Hawaii mempunyai dua bahasa resmi yang berdasar pada Undang-undangnya, baik Bahasa Inggris maupun Hawaii adalah bahasa yang digunakan di negara bagian ini dan semua urusan pemerintah harus menggunakan bahasa Hawaii. Bahasa Hawaii aslinya berasal dari tipe bahasa Polinesia yang dibawa ke kepulauan ini oleh penduduk aslinya. sekarang ini, beberapa orang yang dilahirkan di budaya Hawaii berbicara Bahasa Pidgin juga yang merupakan kombinasi dari kedua bahasa itu dengan beberapa bagian berbeda yang diselipkan. Sementara bahasa Hawaii dan Inggris adalah dua bahasa resminya, kita akan menemukan ada juga beberapa orang yang berbicara bahasa lainnya seperti hampir 5 % populasi hawaii menggunakan bahasa Jepang dan 2 % menggunakan bahasa Mandarin.

3. Zona waktu yang unik
Zona waktu Hawaii yang unik dan berbeda jauh dari zona waktu Amerika lainnya

Ketika kita berpergian berkeliling daratan Amerika Serikat dengan bis, mobil, kereta ataupun pesawat terbang kita pasti akan melewati zona waktu yang berbeda-beda. Tetapi tentu saja, perbedaan waktu itu tidak terlalu besar, mungkin hanya satu jam atau beberapa jam. Namun, jika kita terbang ke Hawaii, ini akan menjadi suatu kisah yang sangat berbeda karena negara bagian ini mempunyai zona waktu sendiri terkait posisinya yang terisolasi di tengah Pasifik.

Disebut Waktu Standart Hawaii, seluruh negara bagian akan selalu berada 2 jam di belakang waktu Pasifik dan 5 jam di belakang waktu Bagian Timur. Ini berarti ketika alarm berbunyi pukul 5 pagi di New York, pesta tengah malam baru saja akan dimulai di Hawaii..hmmm :-)

0 comments:

Poskan Komentar