Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

6.06.2023

Jogja, 2 Desember 2011 : Kosan, Teett... Tett... Tett...

Dari status FB, sebelumnya ane lupa pernah punya momen ini! Wkwkwk.. tapi setelah membaca ini, ane jadi inget. Oiya memang ane pernah begini, alhasil malam itu ane sukses tidak tidur semalaman di warnet ๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

Ini pengalaman ane pas kuliah Semester 3 di Teknik Geologi. Dan dengan tugas kuliah yang menggunung, ane memang sering pulang larut malam. Saat itu ane masih ngekos di kosan awal ane di Sagan. Kos itu modelnya ada garasi yang pintunya berupa gerbang, dimana setelah jam 11/12 malem (ane lupa tepatnya), pintu gerbang itu akan digembok dari dalam. Karena yaa banyak motor para anak kos disitu gan. Jadi biarpun ane punya kunci gerbang, kalau digembok dari dalam ya sama aja ga akan bisa masuk. 

Bapak ibu kos bilang kalau ane sampai kekunci di dalam, tinggal pencet bel aja akan dibukain. Tapi mungkin malam ini mereka berdua udah tidua semua jadi ga denger pencetan bel ane๐Ÿ˜

Boyolali, 6 Juni 2023 : Light memories

Well, my cats in photo surely still healthy and alive until today (23 May 2024), this photo just light memories what I and (my cats) do that day. They slept very well that day, and I can see that the walls of my room are still yellow, meaning they were before my house was repainted (now the walls are gray).  In the afternoon I bought young coconut ice, because it was a really hot afternoon and I wanted to eat something healthy.


Kupang, 12 Desember 2016: Ketemu Kak Rillen dan Kak Inda ๐Ÿ˜Š


Ane udah berteman dengan Kak Rillen dan Kak Inda cukup lama, sejak 2012 tepatnya. Aku pertamanya kenal dengan Kak Rillen, seingatku dia bertanya-tanya tentang India karena dia mau kesana. Dia bisa tau ane karena ane banyak nulis tentang India mulai dari cara bikin visanya, pengalaman disana, dan tips trik selama disana. Dan kebetulan di periode 2013 ane KKN di Atambua, NTT. Proses move on yang panjang setelah KKN selesai menyebabkan ane sering bolak balik NTT, tepatnya Pulau Timor. Sepertinya Kak Rillen tau aku sering transit di Kupang, jadi dia mengenalkanku dengan Kak Inda yang saat itu juga suka traveling.

Nah 12 Desember 2016, kebetulan saat itu ane lagi traveling ke Pulau Rote sama Richa, teman kerja ane. Dan sewaktu travelingnya udah selesai dan ane punya waktu luang 1 hari di Kupang sebelum balik, ane sempatkan untuk ngajak ketemu Kak Rillen. Karena kita udah kenal hampir 5 tahun di medsos tapi ga pernah ketemu. Kak Rillen menyanggupi dan kita berencana ketemuan di Cafe Subasuka. Seinget ane cafe ini berada di tepi laut.

Saat itu ane juga ada rencana ketemuan dengan 2 teman ane pas KKN, Pandu sama Mr.X (maaf ane lupa namanya, akamsi dari Desa Bakustulama). Mereka datang ke Kupang motoran dari Atambua.. buset..Jadilah kita berencana bertemu bareng-bareng sekalian di Cafe Subasuka. Pandu sama Mr.X datang tepat waktu jadi kita sempat cerita-cerita dan makan-makan di cafe. Sore itu hujan deres banget dan akhirnya kita berpindah tempat dari kursi di gubuk tepi laut ke kursi di bagian dalam cafe. Kak Rillen belum datang juga.

Akhirnya setelah amukan hujan lumayan berhenti, kita berpindah cafe dan akhirnya ketemu Kak Rillen di cafe tersebut. Saat itu Kak Rillen datang sama temennya dan kita bercerita banyak. Orangnya sangat friendly dan baik, aku yang baru ketemu pertama kali seakan-akan udah kenal lama aja. Kita menghabiskan waktu 1.5 jam di cafe dengan cerita-cerita sebelum akhirnya bergeser ke rumah Kak Inda.

Kita disambut dengan sangat baik di rumah Kak Inda. Saat itu Kak Inda punya 2 anak masih kecil-kecil, yang kugendong itu adalah Dek Raya. Kita bercerita banyak selama hampir lebih 1 jam sebelum akhirnya berpisah kembali. Ane bener-bener seneng dengan teman-teman dari Kupang ini karena mereka sangat baik. Terimakasih ya.. 

Solo, 24 Maret 2015 : Jualan Kucing Laris Bangeeet !


"Jualan anak kucing keturunan Persia-Jawa laris banget. Baru setengah jam dipasang di grub Jual Beli Hewan Area Solo langsung banyak skali yg komen, sms, telfon, bbm. Padahal sebelumnya cuma iseng pasang. Soalnya dijual obral murah 100ribuan jd bnyak yg minat. Bisnis kucing sgt potensial, padahal kucingku persia dikawinin kucing kampung. Tapi anaknya kuat persia. Yg 4 ni juga udah dipesan dr Solo, Purwodadi n Boyolali. Semoga kalian dpt majikan baru yg bs syg kalian kuat kuat kuat."

Solo, 6 Juni 2023
Diatas itu adalah status ane tertanggal 24 Maret 2015, buset dah 8 tahun aja ya! Hehe tapi ane masih inget kok momen itu. Itu adalah momen saat ane lagi semangat-semangatnya jualan online karena sejak wisuda pada Februari 2015 lalu ane belum dapat kerjaan tetep. Sebelum jualan kucing ini ane juga sempet jualan berbagai macam barang bekas, dimana ane kumpulin semua barang bekas di rumah ane dan ane jual lewat OLX maupun grup jual beli barang bekas anak kos Yogyakarta๐Ÿ˜.

Kembali lagi, sebetulnya jualan kucing ini awalnya hanya iseng, setelah ane sering liat anak-anak kucingnya ane (Si Mio) ditelantarin sama ibunya. Eh ternyata luarisssnya puol! Ga sampe setengah jam udah dibooking full! Wkwkwk..(ya jelas ya soalnya liat aja tuu anaknya 80% persia tapi ane jual cuma 100rebuan wkwkwk), lumayan ada uang tambahan buat ane yang semingguan lagi bakal merantau ke Jakarta buat magang di bank pemberi beasiswa ane. Ane nulis momen ini buat pengingat aja, bahwa ane adalah orang yang pantang menyerah. Ane pernah berada di momen-momen saat ane berusaha segala cara yang halal buat cari duit lewat dagang, dan itu bisa-bisa saja. 

Jakarta, 15 Mei 2015 : Berpasrah...

"No matter kejadian buruk atau baik datang ke kehidupan, yg kadang membuat seperti tidak ada semangat, tidak ada harapan, hidup akan tetap berjalan sebagaimana adanya. Kesuksesan akan ditinggalkan dan dilupakan, sehingga harus mengejar kesuksesan yg lain. Demikian juga kesedihan, harus ditinggalkan n dilupakan, serta berusaha menyembuhkannya dengan waktu."

Ane inget banget kenapa menulis ini. It's privacy thing,๐Ÿ˜, so I wont write it. Tapi okelah untuk menjadi pembelajaran hidup. Don't trust others too much 

Surabaya, 13 September 2020: How's Life? Why I Need to Take A Break?

How's your life?
How are you Galuh?
Do you need to take a break?

List of question I asked for myself.

Akhir-akhir ini ane merasakan kehampaan, ane merasa jiwa ane kering, ane merasa gak bersemangat dan gak punya energi untuk melakukan apapun. Terkadang ane merasa depresi. Dan penyebab semua itu adalah... pekerjaan ane yang hampir nonstop, menyita semua waktu dan energi ane. Pekerjaan ane yang hampir membuat ane susah mempunyai kehidupan sosial. Pekerjaan ane yang membuat ane susah setengah mati untuk melakukan hobi ane. Pekerjaan ane yang membuat ane malas setengah mati buka WA di pagi hari.

That why I decide, I want to take a break.

What do you mean?

Ane akan "stop" menerima "pekerjaan berat" dahulu selama beberapa bulan. Pekerjaan berat maksudnya? Pekerjaan yang butuh waktu lama untuk mengerjakannya, pekerjaan yang di sepanjang perjalanannya bakal ribet dan berbelit-belit, pekerjaan yang ane didesak terus-menerus, dan sebagainya.

Pekerjaan membuat 5 dokumen itu.

"Ah beneran? Nanti tergoda lagi kalau ada yang nawarin?"

Ane sudah bertekad! 

"Lalu apakah kamu akan stop kerja sepenuhnya?"

Setelah semua pekerjaan eksisting ini selesai, iya. Ane akan berhenti kerja sepenuhnya minimal 3 bulan. Ane mau recovery. Ane mau roadtrip. Ane mau hidup sederhana menyatu dengan alam. Ane mau tidur di mobil ane menyusuri kepulauan nusa tenggara yang eksotis. 

Ane mau mengistirahatkan jantung ane. Mengistirahatkan pikiran ane. Menonakifkan nomor untuk sementara. 

Ane ingin merasa bebas, lepas. Ane ingin bisa menikmati sejuknya embun di pagi hari tanpa harus mikir jam sekian aku udah harus buka laptop lagi. Ane ingin bisa minum kopi, baca buku novel-novel misteri.


Surabaya, 17 April 2021 : Quora, media sosial yang menurutku paling sehat

Zaman sekarang ini lihat media sosial, capek nggak sih? Isinya orang show off semua perasaan. Ada yang show off kekayaan, kepintaran, pencapaian, keluarga harmonis, dan sebagainya. Jadi gak realistis gitu ujung2nya, masa si hidupnya seperfect itu, sebahagia itu? Menurut ane Instagram adalah media sosial paling toxic btw.


Sampai akhirnya ane menemukan media sosial ini, Quora namanya. Tampilan aplikasinya cukup simpel. Isinya adalah ada orang yang bertanya, kemudian akan ada yang menjawab pertanyaan tersebut. Kadang jawabannya ada yang sambil menceritakan pengalamannya, ada yang nyeritain pengalaman temennya, keluarganya, dan sebagainya.

Ceritanya seru-seru dan realistis. Karena si penjawab bisa memakai ID anon jika pengalaman yang mau ditulisnya bersifat sangat privacy. Tapi sejauh ini sih ane masih jadi silent reader ya, sesekali komen aja sih. Tapi entah kenapa karena algoritma mungkin, quora ane kok akhir-akhir ini penuh berisi cerita drama rumah tangga dan percintaan ya๐Ÿ˜. Eh buset dah ada yang selingkuh, KDRT, ga dinafkahi baik lahir maupun batin, suami gamers, cuek, salah satu pihak ga cinta, utang piutang.. duh.... Apa memang single itu the best way to avoid unecessary problem in life ya? ๐Ÿ˜

Ngawi, 7 Desember 2016: Survei 50 Hektar !


"Capeknya cari uang untuk backpackeran hehehehe.....peninjauan izin pertambangan batu andesit di Kabupaten Ngawi mengelilingi lahan 50 hektar. Setiap malas kerja ingat mimpi-mimpi perjalanan jadi semangat. Backpacking adl penyemangatq."

[PART 1] - Bumi Asia Tengah (Persiapan) : Dapat Tiket!

 Surabaya, 8 Desember 2022

di hari ini ane masih bermimpi ingin mengunjungi Asia Tengah. Kenapa Asia Tengah? Karena ane merasa ini adalah area yang memicu andrenalin ane. Setelah mengunjungi banyak tempat selama hampir 13 tahun traveling, ane merasa butuh tujuan baru yang menantang! Ane sendiri menargetkan mengunjungi Asia Tengah di 2023 mendatang.

Tujuan baru yang tidak biasa, yang membingungkan, seakan-akan tidak mungkin dikunjungi, ane malah pengen banget ngunjungin tempat seperti itu!

Dan jawaban itu semua adalah Asia Tengah, yang mencakup Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan dan Tajikistan. Wow, gimana cara kesana aja ane masih belum tau. Maksudnya tiket termurah untuk bisa landing di salah satu negara itu ane masih belum tau dan belum familiar sama sekali. Apa lagi tujuan wisatanya dan cara kesananya! Ane cuma tau kalau mau landing di Bishkek (Kyrgyzstan) itu ada penerbangan murah dari Istanbul (Turki) naik Pegasus Airline. Tapi yakali ane harus jauh-jauh ke Turki dulu ya. Dan tiket ke Turki PP sendiri kan ga murah.

Peta Asia Tengah (Sumber Peta : DISINI)

Ane banyak baca-baca info di grup backpacker ataupun blog-blog traveler lainnya, kebanyakan landing di Tashkent (Uzbekistan) karena lebih banyak promo. Tapi setelah ane buka website pencarian tiket, alamak, KL - Tashkent aja udah 18 jt PP. Alamak... mahalnya. Apalagi Jakarta - Tashkent, lebih mahal!

Ane putar otak lebih jauh, dapatlah satu alternatif. Delhi - Bishkek ada di angka 5 jt PP. Eh tapi.... dari Indonesia ke Delhi (India) sendiri juga cukup mahal, berkisar di 5 jt PP ++ juga.. Hmm.. Ujung-ujungnya kalau dijumlah tetap akan 10-11 jt PP..

Sempet sedikit putus asa, ane browsing-browsing di google tentang gosip Air Asia yang akan membuka rute baru dari KL ke Almaty (Kazakhstan). Katanya sih di 2023 ini, cuma pastinya kapan masih belum jelas. Ane merasa sedikit excited, tapi yaa... kalau gosip begini biasanya belum pasti di 2023 akan dibuka. Tapi bisa aja tahun depan, ataupun beberapa tahun lagi..

Karena belum dapat perkembangan berarti, ane simpan dulu mimpi ini dalam-dalam. Ane yakin pasti ada jalannya, dimana ane pengen banget perjalanan ini terlaksana di 2023. Sementara alternatif terdepanku adalah terbang dari New Delhi (India) ke Bishkek (Kirgistan).

................

Surabaya, 18 Desember 2022

Hari ini hari yang biasa aja, ane masih dikejar beberapa deadline seperti biasanya. Dan di tengah-tengah deadline itu ane emang biasa scroll facebook, terutama ke grup favorit ane, Backpacker International (BI)

Saat sedang menggabut itulah ane tiba-tiba baca postingan salah satu member BI, tentang adanya "error nilai tukar mata uang peso argentina" dari kartu visa. Woaaah.. maksudnya gimana tuh?

Nah nilai tukar peso argentina nih yang biasanya Rp 92/peso, kalau pakai kartu berlogo visa tiba-tiba menjadi Rp 52/peso aja! Ajegile! Berarti lebih rendah hampir 50% nggak sih itu? Misal nih ya, harga tiket pesawat Rp 10jt/PP, maka bisa jadi Rp 6jt/PP aja kalau kita beli pakai kartu berlogo visa! Wow! Sangat menarik.

Eh, tapi kan ane ga punya kartu berlogo visa? Ane punya kartu debit BRI, BCA sama CIMB niaga, tapi semuanya logonya mastercard, dimana kalo di mastercard nilai tukar peso argentina tetap Rp 92/peso. Hmm... Ane mencari solusi atas hal ini dengan baca-baca komen di grup yang paling berjasa di perjalanan traveling ane ini.

Di tengah-tengah scrooling komentar, ane baca salah satu member yang bilang bisa pake Bank Jago aja untuk bisa mendapatkan CC visa. Bank jago? Apaan tuh? Ane aja baru denger. Apa untuk bikin rekening Bank Jago ini ane harus ke kantor mereka (kayak bank-bank konvensional yang lain) atau bisa langsung online? Atas saran salah satu member, ane pun langsung download aplikasi Bank Jago dari playstore.

Eh ternyata... setelah beberapa kali tahapan, ternyata bikin rekening Bank Jago itu mudah banget! Cukup dengan aplikasi itu aja a.k.a nggak harus ke cabang bank terdekat. Mungkin ini semacam bank digital gitu kali ya. Segera ane coba transfer sedikit uang dari BCA ane untuk membantu ane memahami alur menggunakan kartu kredit digitalnya, dan ternyata untuk memindah dana dari rekening ke kartu kredit digital juga cukup mudah.

Akhirnya setelah memahami alurnya, ane bulatkan tekad. Tiket pertama yang ane booking adalah dari Hanoi ke Denpasar, yaitu tiket kepulangan untuk trip ane ke Vietnam 2 bulan ke depan. Lancaaar, dimana yang harusnya ane kena 1,2 juta jadi cuma bayar 700 ribu aja hihihi.. Setelah lagi-lagi membulatkan tekad, browsing-browsing alternatif tiket berangkat dan pulang, ane akhirnya putuskan booking tiket KL - Almaty - KL dari Emirates Airline. 

And it's CONFIRMED.... Oh my God....

Negara yang dulu hanya ada di impian ane, sekarang ane benar-benar punya tiketnya kesana! Bisa dibayangin kan senengnya ane? (Meski dalam hati agak mrengut juga ya tiba-tiba tabungan berkurang karena tiket promo ini)๐Ÿ˜๐Ÿฅด๐Ÿฅด.

Tidak tunggu waktu lama, ane pun langsung IG story mengenai ini (dan tentu saja informasi mengenai promo kartu visa ini). Senior ane sempet dapet tiket ke jepang juga tuh selamat ya mbak๐Ÿ˜.

Setelah mengamankan tiket Kuala Lumpur - Kazakhstan PP, tak lama setelahnya, ane booking tiket Surabaya - Kuala Lumpur PP juga tanpa halangan. Berangkat naik Lion, pulang naik Scoot. Amaannn tentram full diskon, makasih lo negaranya Lionel Messi.๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜


Bisa dilihat diatas nominal pembayarannya bukan pake IDR atau USD tapi ARS alias peso argentina๐Ÿ˜

Selanjutnya, ane harus mulai mengurus pervisaan dan rencana perjalanan kesana! Nanti akan ane update lagi tentang cerita segala persiapan ane kesana!

See u Almaty, Kazakhstan in 4 months!!