Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

10.23.2021

Surabaya, 17 Juni 2020 : Survei ke Mojokerto, kangen Chiko Poppy !!

Surabaya, 17 Juni 2020

Hari ini aku diajak Dedy, salah satu teman baikku, untuk melakukan "survei sengketa lahan antara pihak X dan pihak Y" di Kabupaten M. Jadi inti permasalahannya, Dedy adalah konsultan di Lokasi X, sedangkan aku konsultan di Lokasi Y. Di lokasi X dan Y ini ada area seluas 1,5 hektar yang saling tumpang tindih, dimana masing-masing pihak saling mengakui kalau itu tanah mereka. 

Nah lo, siapa yang bener akhirnya? Hehe

Kami bertiga berangkat dari Surabaya jam 07.20, dijemput sama Dedy di kediaman kami. Perjalanan berlangsung lancar, melewati Jalan Tol Tambak Sari langsung tembus Jalan Tol Surabaya-Mojokerto. Aku yang sudah lama tidak ketemu dan cerita dengan Dedy, di sepanjang jalan kami isi dengan ceritaaaa terus. Cerita tentang segala hal. Mulai dari pekerjaan, isu-isu terbaru, termasuk rencana-rencana masa depan.

Kami sampai di lokasi jam 9 pagi. Segeralah dengan penunjuk jalan dari pihak ane, kami (ane, dedi, perwakilan dari lokasi X) mengelilingi area seluas 1,5 hektar itu. Kami tidak menjumpai masalah berarti, dan setelahnya antara kedua klien saling berdiskusi bagaimana baiknya. Sepertinya ujung-ujungnya klienku yang ngalah, eitss tapi mereka nggak mau ngasi akses jalan tambang untuk pihak X. Yahhh... itu dari mereka sendiri lah ya hehe.

Pulangnya kami - aku, Nur, Dedy - diajak klienku untuk makan di salah satu warung makan Mojokerto. Klienku ini vegetarian, jadi cukup hati-hati perihal makanan, namun dia tidak melarang/mengomentari juga kalau aku mau makan makanan yang lain.

Setelahnya dari sini aku diantar Dedy balik ke Surabaya. Kangeeeen banget sama 2 bocil, Chiko sama Poppy!

Surabaya, 25 Juli 2020: Buru-Buru Deadline Tulungagung, Adopsi Chabbita aka MIRA 😁😁

Well, hari ini ane capek bangeeet 😩.

Setelah 2 hari kemarin - 23 sd 24 Juli 2020 - ane di Sampang, Madura, untuk memasang patok-patok batas calon lokasi tambang, hari ini sejak pagi ane sudah dikejar-kejar klien Tulungagung untuk segera memasukkan berkas KTT dan RKAB Eksplorasi. Kemarin malam ane baru pulang mendekati jam 22.00 dari Sampang, dan jujur rasanya badan masih mau leyeh-leyeh aja. Pengennya bangun siang... Eh tapi sejak bangun udah ditelfon-telfon aja ane πŸ˜”. Mereka minta pokoknya 2 berkas tersebut hari ini kudu masuk, karena mau diminta tanda terimanya.

Akhirnya ane paksa tubuh lelah ini untuk bangun, setelahnya mandi dan ngeteh untuk memberi kesegaran dan stamina. Setelahnya ane sarapan segelas energen, dan mulai mengerjakan berkas pertama, permohonan pengesahan kepala teknik tambang (KTT). Ane tidak terlalu menjumpai masalah berarti disini. Cukup mudah karena ane udah sering mengerjakannya. Hanya ada beberapa kekurangan berkas yang ane langsung mintakan ke pemohonnya, untungnya mereka gercep!

Selesai masalah berkas KTT, ane beranjak ke berkas RKAB Eksplorasi. Ini agak lama karena ane harus menggambar beberapa peta, dan menyusun konsep tabel-tabelnya. Untungnya bisa selesai !

Surabaya, 5 Agustus 2020 : XTRAIL!


Hari ini begitu abstrak 😁
Well, ane bangun pagi seperti biasa, dan hal pertama yang ane pegang pasti adalah HP. Mengacuhkan WA dari beberapa orang, ane langsung membuka OLX, dan kategori yang ane buka biasanya adalah mobil bekas. 

Ya... Ane pengen banget punya mobil (tua tidak apa-apa), yang besar, kuat dan tinggi ! Itu karena mobil ane sekarang - Kia Rio 2012 - tidak mempunyai 3 hal tersebut, terutama tidak tinggi. Alasan kedua, ane ingin bawa pulang Kia Rio 2012 ane supaya dipake keluarga ane, sementara untuk di Surabaya, pekerjaan di lokasi tambang, dan kemungkinan roadtrip kedepannya, ane pengen naik mobil yang punya 3 kategori diatas!

Eh tiba-tiba Nissan Xtrail 2004 ini nongol. WOW! Itulah kesan pertamaku saat melihat iklannya. Pengambilan fotonya ane rasa benar-benar ciamik! Dan harganya pun sesuai dengan kantong ane, dibanderol Rp 63.000.000.

Ane langsung "bernafsu" banget pengen memiliki ini mobil, dan tanpa ba bi bu langsung WA nomor tertera untuk janjian cek mobil nanti sore. Lokasi cek mobilnya sendiri ada di daerah Surabaya Barat.

Solo, 6 Maret 2019 : Ngebut Kerjaan

"Karena hidup harus terus diperjuangkan. Laporan akhir tambang selesai tinggal disetorkan ke dinas ESDM. Next laporan tahunan dan dokumen studi kelayakan. Kebut dikit karena mau liburan 😁😁"


Kalimat diatas adalah status FB ane tanggal 6 Maret 2019. Ane masih inget banget, saat itu ane di Solo, lagi ngerjain kerjaan di KFC deket rumah. Karena rumah (kakak) ane di Solo itu kurang tempat privacy dan tenang gan, jadi emang kadang ane suka ke cafe atau KFC untuk kerja. Lebih tenang, ada mejanya dan bisa fokus.

Mau liburan? Iyaa. Dalam beberapa hari lagi temen ane dari Bau-Bau mau datang liburan ke rumah ane, dan tanggal 26 Maret-nya, ane akan pergi ke US dan Meksiko. Well, masih ane inget saat itu ane bener-bener termotivasi nyelesein kerjaan. 

Surabaya, 9 Oktober 2021 : Banyak kerjaan, marathon SQUID GAME.


Awalnya hanya mau nonton 1 episode, eh ternyata keterusan sampai episode terakhir ! Wkwkwk... Inilah kenapa ane menghindari banget "iseng" nonton film serial di Netflix kalau lagi ada kerjaan. Hadooohhh... godaan "episode selanjutnya" itu benar-benar nggak nahan. 

Mojokerto, 12 Desember 2020 : Kerja di Mojokerto, pulangnya mampir cafe

H+1 setelah Hectic Day...

Setelah perizinan tambang resmi dilimpahkan dari provinsi ke pusat... hhh... Jujur saat itu ada kelegaan sekaligus kekhawatiran. Kelegaan karena ane bisa dapat waktu istirahat sejenak setelah hectic berbulan-bulan. Kekhawatiran karena, susah nggak ya perizinan setelah ini??

Pekerjaan pertama yang ane dapatkan setelah 11 Desember 2020 (hari resmi pelimpahan perizinan ke pusat) adalah memperbaiki laporan reklamasi dan pascatambang klien ane di Mojokerto. Memperbaiki disini maksudnya, sebenarnya dokumen itu sudah ane susun, udah pernah diserahkan ke Inspektur Tambang. Namun setelah ditinjau Inspektur Tambang langsung ke lapangan, ternyata masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki, baik oleh ane selaku penyusun laporan, ataupun penambang selaku pemilik izin. Karena penambang (klien ane) bilang kalau perbaikannya udah selesai, ane pun balik kesana untuk mencari data + foto update.


Kami, ane dan Nur asisten ane, hanya menghabiskan sekitar 1 jam di lapangan. Pulangnya kita sempat mampir ke cafe hits di daerah Mojokerto, niatnya sih mau langsung kerjain laporan yang ane ke lapangan hari ini. Eitsss tapi kok sampe sana mager. Akhirnya hanya pesen makanan ini sambil nyantai-nyantai sejenak. Ini apa ya, kok ane lupa, sepertinya steak ayam barbeque.


Lumayan enak kok rasanya...Cuma ya, untuk steak sih aku lebih suka daging sapi sebenarnya.


Selesai dari sini ane langsung arahkan Si Kia balik ke Surabaya. Ane ingat ane perasannya "plong" saat itu, biasanya dikejar-kejar target, ini karena masih peralihan ke pusat, belum ada yang kejar-kejar deadline. Ane bisa beristirahat dengan nyaman.

Surabaya, 7 Desember 2020 : Ban Mobil bocor di tengah kota Surabaya, padahal mau antar laporan

Surabaya, hari Senin, 7 Desember 2020
3 hari sebelum "hectic day" wkwkwk

Hari itu seperti biasa, ane masih cukup sibuk mengurus dokumen-dokumen untuk perizinan. Salah satunya yang menjadi deadline untuk hari ini adalah, laporan bulanan tambang salah satu klien di Mojokerto. Laporan bulanan ini tidak terlalu sulit, cuma ya harus diserahkan tepat waktu.

Paginya ane masih kerja ditemani si Mochichi Mochi..


Sore itu, sekitar jam 14.30, agak mepet jam pulang kerja dinas, akhirnya ane otw ke kantor untuk antarin laporan bulanan itu. Ane kan harus masukin via TU, untuk dapat tanda terima. Perjalanan dari Sukolilo cukup lancar sampai di akhir Jalan Kertajaya mau masuk Jalan Gubeng. Ane naik Si KIA btw, lagi enak-enaknya nyetir kok motor-motor di luar pada nunjuk-nunjuk ban kiri belakang ane. Ane awalnya ga paham, tapi akhirnya dong setelah mereka bilang,

"Ban-nya bocor, ban-nya bocor.!"

"Ha? Waduhh?" Padahal ane nggak ngerasain apa-apa sama sekali, gludak gluduk juga enggak.

Ane segera menepi ke kiri, turun dan cek. Dan ternyata.... Emang bener. Baru pertama ini ngalamin pecah ban mobil, n bingung harus ngapain 😁😁


Ane segera browsing di google, kalau pecah ban mobil harus ngapain😁. Akhirnya ane dapat link suatu perusahaan semacam gojek yang khusus menawarkan jasa bengkel panggilan. Segera ane isi beberapa data dan pesan untuk layanan ganti ban mobil, ane kan punya ban cadangan. Tarifnya lumayan lah, kena 75rb. Cukup worth it lah tapi, daripada ane harus cari-cari - cari bengkel kemana lagi kan. Akhirnya ane terpaksa bilang ke klien kalau nggak bisa ngantarin dokumen hari itu, habis mw gimana lagi kan. Ane bilang akan ane antar besok, untung dia nggak masalah dan ngerti.

Perbaikannya cukup cepat, hanya sekitar 20 menit.

Setelahnya ane meluncur ke dinas untuk menemui temen ane. Ane agak lupa juga detailnya ngapain. Kantor ini akan selalu ada di hati ane, kerja 3 tahun disini, rek! Besoknya ane tambalin itu ban mobil yang bocor, dan ane gunakan lagi sebagai ban utama. Jadi ban cadangan yang awalnya dipakai, ane kembaliin jadi ban cadangan.. Hhhh... welcome to the hectic day!

10.22.2021

Surabaya, 22 Oktober 2021 : Suibuukkk

Berhari-hari ini ane lagi sibuk banget. Hhhh... Setelah kemarin revisi dokumen studi kelayakan salah satu klien ane di Trenggalek setebal 200 halaman lebih, langsung disambung dengan pembuatan dokumen pra studi kelayakan. Di tengah-tengah 2 kegiatan besar itu, ane masih buanyaaaak yang diurus seperti menyiapkan dan meng-upload berkas permohonan WIUP, menyiapkan dan meng-upload berkas permohonan IUP Eksplorasi, laporan reklamasi dan pascatambang, pengajuan MODI, E-PNBP, akun PTSP KLHK. Awgggggghhhh banyak banget yang kulakukan! Benar-benar Minggu yang luar biasa... Sibuknya!

Sekarang ini ane jam 18.41, ane baru istirahat ngerjain dokumen pra studi kelayakan. Padahal besok ane ketemu dengan klien, dan harus presentasi, tapi kok masih jauh dari finish! Cuma ane udah cicil-cicil si, terutama di bab teknis kaya bab 3 tentang kajian teknis, bab 4 tentang kajian ekonomi dan finansial, dan bab 5 tentang kajian lingkungan dan sosial. Semoga aja beneran bisa selesai dah... Hhh...gila ini ane ngerjain ini berarti efektif waktu hanya beberapa hari aja. Karena ane masih ngerjain seabrek kerjaan lain.

Ke depannya, ane mau belajar membatasi kerjaan. Bukan ane serakah, tapi kadang susah banget bibir ini berkata tidak, kadang dipaksa, kadang juga ane kasian. Padahal ane juga nggak perfect-perfect amat kerjanya.

Karena gunungan kerjaan inilah ane terpaksa menunda roadtrip ane, huhuhu. Bahkan keluar kamar aja ga bisa kadang, saking sibuknya. Tapi ini ane lagi stop nerima kerjaan baru, dan fokus menyelesaikan yang ada dulu. Beberapa kerjaan baru udah ane take down, ane tolak dulu sementara.

Ok ane lanjut kerjain dokumen pra-studi kelayakan. Semoga aja malam ini beneran bisa selesai. Bab 1 tentang pendahuluan udah dikerjakan temanku, bab 2 tentang kajian hukum dikerjakan kakakku. Ane harus kroscek itu dulu juga sebelum besok dipaparkan.

Duh.. duh.. duh.. gila.. gila.. gila ..

UPDATE,
Surabaya, 23 Oktober 2021
06.25

Kajian teknis finished ! 

Kajian hukum yang dikerjain kakak ane, anggap aja juga finished!

15.43, kajian lingkungan dan sosial finished!



Kurang kajian keuangan aja. Udah minta kakak ane untuk copy paste - kan dari PDF ke word, nanti word itu yang ane edit. Pusing masalah ini. Pengen cepet-cepet Kelar.. dan stop Nerima kerjaan baru dulu. Mau istirahat, roadtrip and enjoy my life and my self. I forget when the last time I'm doing that.

10.23 PM
Barusan pulang dari makan mie ayam favorit di Keputih, deket kosan. Malam ini ada beberapa yang harus ane lakukan, antara lain koreksi dan finishing berkas pengajuan WIUP klien Malang, serta finishing dokumen perpanjangan izin lokasi Magelang, karena ane janji sama klien Magelang besok selesai. Kebetulan RKAB udah dicicil kakak ane, tinggal ane koreksi. Laporan Operasi Produksi sama Pengelolaan Lingkungan udah dicicil temen ane. Dokumen pra studi kelayakan diatas ane lanjutkan besok.

Kemungkinan selasa sore ane harus ke Jakarta untuk pembahasan dan presentasi dokumen pra studi kelayakan diatas, kayaknya naik kereta aja. Ane pengen ini cepet-cepet kelar. Besok asisten ane akan ke Trenggalek untuk mengambil sampel dan data foto-foto lapangan di 2 lokasi, eitss, ini bukan kerjaan baru, kerjaan lama yang antri untuk kukerjakan segera juga.

Ane nulis ini bukan untuk ngeluh, tapi untuk mengingat perjuangan aja. Supaya kedepannya ane nggak gampang nyerah kalau ada halangan ataupun rintangan, dan supaya ane mendapat pelajaran untuk bisa tegas ke diri sendiri ataupun orang lain.

10.20.2021

Surabaya, 3 November 2020: Merasa Egois..

Surabaya, Galaxy, 23.34.
Lagi istirahat ngerjain studi kelayakan.

Tiba-tiba aku merasa aku ini egois. Aku egois sama diriku sendiri, keluargaku sendiri, teman-teman dekatku, orang-orang dekatku, bahkan kucing-kucingku-pun sekalipun!
Aku merasa egois karena aku hampir tidak pernah punya waktu yang benar-benar free bersama mereka. (Even ke diriku sendiri). Aku tidak pernah bisa (akhir-akhir ini) memberikan diri dan pikiranku sepenuhnya saat bersama mereka. Aku tidak bisa tertawa lepas sepenuhnya bersama mereka. Karena apa? Karena otakku selalu dipenuhi hal lain yang tiada habisnya ini. Tidak lain tidak bukan, pekerjaanku.

Aku tidak akan menyalahkan pekerjaanku sepenuhnya, aku munafik kalau begitu. Karena inilah sumber penghidupanku. Inilah sumber untuk memenuhi hobi dan keinginanku. Dari pekerjaan inilah sumber keuanganku untuk semuanya, untuk menghidupiku, mobilku, kucing-kucingku, mengirim ke orangtuaku. Tapi mengapa ini semua terasa mengganjal dan kurasa ada yang keliru?

Aku tidak bisa begini terus kan? 

Ada yang harus kuubah..

Meskipun aku sudah kerja dengan timpun, tetap terasa berat. Semakin ribet dan mengada-ada saja.. 

Aku harus melakukan sesuatu untuk mengurangi keegoisan ini...

Harus ada plan yang jelas..πŸ’€πŸ˜© nanti kutulis disini.

Ps: Oya tadi gigi gerahamku dicabut. Alamak,total aku udah cabut gigi 4x wkwk. Soalnya udah 3 hari terakhir ini aku merasakan sakit yang begitu menyiksa, sampai badan lemas. Ponstan pun hanya bertahan 1-2 jam.. sekarang tidak berasa sakit. Alhamdulillah...

10.18.2021

Surabaya, 7 Oktober 2021 : Bangun + Renovasi Rumah Boyolali

7 Oktober 2021
Dikabari ibu ane kalau pembangunan + renovasi rumah Boyolali dimulai. Beberapa waktu sebelumnya memang ane udah transfer dana 15 jt untuk DP nutup belakang + gavalum + pager. Pembangunan dimulai dengan menutup bagian belakang rumah, yang awalnya emang masih terbuka. Wuaaah ane yang lagi super sibuk ini seneng banget gan!