Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

11.18.2016

Serangan Beruang (Bagaimana Untuk Menghindari Mereka dan Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kita Diserang)

SUMBER MATERI : Artikel ini merupakan terjemahan Bahasa Indonesia dengan sedikit perubahan dan tambahan gambar. Baca artikel aslinya disini: BEAR ATTACKS: How to Avoid Them and What to do if Attacked

Peta persebaran geografis beruang di Amerika Utara (SUMBER)

Serangan beruang memang bukan hal umum terjadi pada manusia, namun faktanya akhir-akhir ini serangan beruang menjadi lebih banyak dibandingkan masa lalu. Alasan peningkatan serangan ini adalah karena perpindahan manusia ke area pedalaman dimana para beruang tersebut hidup. Alasan lainnya adalah semakin banyak manusia yang melakukan kegiatan alam seperti berkemah dan naik bukit/gunung di area beruang hidup.

Pengetahuan yang cukup adalah salah satu kunci untuk mengurangi kemungkinan anda akan diserang beruang, dan bisa membantu anda bertahan jika anda diserang. Hal-hal penting yang harus diketahui meliputi: persebaran geografis spesies beruang; bagaimana cara mengidentifikasi beruang; bagaimana cara menghindari pertemuan dengan beruang; apa yang harus dilakukan saat bertemu beruang dan apa yang harus dilakukan saat anda diserang. Dengan mengetahui informasi ini dan mempraktekkannya mungkin bisa menyelamatkan hidup anda.

Beruang dan Persebaran Geografisnya
Di Amerika Utara ada tiga tipe beruang yakni beruang hitam, beruang grizzly (juga disebut sebagai beruang coklat di daerah pesisir Alaska dan Kanada), serta beruang kutub. Beruang kutub dianggap merupakan jenis yang paling berbahaya intuk manusia, diikuti oleh beruang grizzly, kemudian beruang hitam. Beruang hitam mempunyai persebaran geografis paling luas, bisa ditemukan di sepanjang Kanada, Alaska, bagian barat dan timur Amerika Serikat dengan sebagian kecil dari habitatnya juga tersebar di bagian tengah dan selatan tengah Amerika Serikat. Beruang grizzly bisa ditemukan di Washington, Montana, Wyoming, Idaho, Alaska, dan bagian barat Kanada. Beruang Kutub, seperti namanya, hanya akan ditemukan di daerah kutub utara dari Kanada, Alaska, Rusia, dan semua Greenland.
Beruang Hitam (SUMBER)

Beruang Grizzly, perhatikan punuk otot pada bahu depannya untuk membedakan dengan beruang hitam (SUMBER)

Beruang Kutub (SUMBER)

Persebaran geografis ketiga jenis beruang tersebut terlihat memiliki tumpang tindih. Beruang hitam dan beruang grizzly keduanya bisa ditemukan di Montana, Alaska dan bagian barat Kanada. Terdapat beberapa area-area kecil di Alaska dan Kanada dimana ketiga jenis beruang dapat ditemukan.

Mengidentifikasi Beruang
Warna putih dari beruang kutub membuat mereka mudah untuk dikenali. Namun, diperlukan sedikit pengetahuan untuk membedakan beruang grizzly dengan beruang hitam. Mampu membedakan kedua jenis beruang tersebut sangat penting jika anda berada di area dimana kedua jenis beruang tersebut hidup.

Warna bulu tidak selalu 100% efektif untuk mengidentifikasi spesies beruang, seperti beruang hitam tidak selalu mempunyai bulu hitam. Kedua jenis beruang ini bisa memiliki warna coklat gelap yang sama sampai bulu coklat pirang untuk beruang grizzly.

Beruang hitam yang memiliki buku coklat gelap seperti beruang grizzly tetapi tidak mempunyai punuk (SUMBER)

Pada bagian punggung mereka diantara kedua bahu depan, beruang grizzly biasanya mempunyai semacam punuk otot (dimana beruang hitam tidak memilikinya). Karakteristik lain yang membedakan adalah ukuran. Seekor beruang grizzly umumnya satu setengah sampai dua kali lebih besar dari beruang hitam pada usia dan kelamin yang sama.
Jika anda mencari jejak beruang yang masih baru/segar, perhatikan tanda cakar untuk menentukan spesies. Beruang hitam memiliki cakar yang lebih pendek dan lebih melengkung dari beruang grizzly. Tidak peduli jenis spesies apa yang meninggalkan jejak, lanjutkan dengan hati-hati, seperti anda tahy, seekor beruang mungkin ada di dekat area itu.

Menghindari Pertemuan dengan Beruang
Cara satu-satunga untuk menjamin anda menghindar dari bertemu beruang adalah menjauh dari area-area dimana beruang hidup. Untuk beberapa orang hal ini tidak menjadi pilihan sebab mereka menyukai naik gunung, bersepeda di alam, berburu, berkemah, atau hanya berada di alam. Jika anda adalah geolog atau ilmuwan lingkungan, pekerjaan anda mungkin mengharuskan anda untuk berada di area tempat tinggal beruang. Jadi ketika anda harus berada di area tempat tinggal beruang, ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan pertemuan dengan beruang.

Ketika Naik Bukit/Gunung
Buat kehadiran anda diketahui ketika anda hiking. Jangan menjadi pejalan kaki yang terlalu diam dan menciptakan suasana sunyi. Jalanlah beramai-ramai, semakin banyak orang akan semakin meriah. Membuat kebisingan seperti berbicara atau menyanyi akan memberikan peringatan dini untuk beruang bahwa mereka tidak sendirian. Gangguan ini akan memungkinkan mereka ini berjalan menjauh dari kebisingan untuk menghindari pertemuan.
Waspadalah dengan tanda-tanda kehadiran beruang seperti cap jejak kaki ataupun bekas cakarang beruang. Jika mungkin, hindari daerah makan beruang seperti tempat tumbuhnya buah berry dan tepi sungai di mana beruang mungkin makan atau minum. Hiking pada tengah hari akan mengurangi kemungkinan bertemu dengan beruang, karena mereka kurang aktif pada saat itu.

Ketika Berkemah
Makanan adalah kemungkinan terbesar penyebab karena beruang memasuki area perkemahan anda. Asosiasi Konservasi Taman Nasional menyarankan anda untuk mengantongi ganda dan menggantung makanan Anda minimum pada jarak 14 kaki di atas tanah dan setidaknya 4 kaki dari batang pohon. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk menggantung makanan Anda, Anda bisa menempatkannya di wadah plastik sealable. Jika Anda menggunakan kontainer, itu adalah ide yang baik untuk meletakkan makanan di dalam mobil anda.

Jangan letakkan tenda anda di dekat tempat gantungan makanan atau mobil dimana makanan disimpan. Bau makanan tersebut masih bisa menarik perhatian beruang, jika itu terjadi, anda harus memastikan bau makanan tersebut mempunyai jarak yang cukup aman dari tenda. Jarak yang disarankan adalah 100 yards (91,44 meter). Jika jarak tersebut tidak mungkin dibuat (karena area yang tidak mencapai 100 yards), buat jarak antara tenda dan tempat penyimpanan makanan anda, atau tempat anda makan, sejauh mungkin.  Makanan pembungkus, sisa makanan dan piring kotor juga dapat menyebabkan aroma makanan di udara. Jangan menyimpannya di dekat tenda.

Anda juga harus menempatkan tenda di area dimana anda akan memiliki visibilitas yang baik. Hindari menempatkan tenda di semak belukar,karena Anda tidak akan dapat melihat beruang mendekat.

Pertemuan Jarak Jauh dengan Beruang
Jika Anda melihat beruang di kejauhan segeralah kembali menjauh, setidaknya beberapa ratus yards (beberapa ratus meter) dan temukanlah rute lain. Jika rute lain tidak tersedia, tunggu 20 sampai 30 menit sebelum kembali menyusuri jalan setapak. Ketika kembali menyusuri jalan setapak, pastikan membuat kebisingan untuk peringatan dini kepada beruang tentang kehadiran anda.Hal ini akan memungkinkan beruang untuk tahu bahwa Anda datang dan tidak membuat mereka takut sehingga membuatnya bersiaga ke modus serangan. Hal ini juga akan memberinya cukup waktu untuk keluar dari jalan Anda.

Pertemuan Jarak Dekat dengan Beruang
Pertemuan jarak dekat adalah ketika Anda menemukan beruang cukup dekat sehingga mengakibatkan baik jantung anda maupun beruang berdetak dengan sangat cepat. Disini, kemampuan untuk mengidentifikasi beruang sangat berguna - karena diperlukan jenis tindakan yang berbeda pula untuk jenis beruang.

Jika anda bertemu dengan beruang hitam saat anda menyusuri rute pendakian, anda harus berhenti, tetap berdiri di atas tanah dan menilai situasi. Jika beruang tidak langsung datang ke arah Anda, langkah terbaik adalah perlahan-lahan mundur sementara mengawasi beruang untuk memastikan itu tidak mengikuti Anda. Jika beruang hitam mulai datang ke arah Anda, buat diri anda sebesar mungkin dan dengan suara keras suruh beruang pergi. Jika beruang terus datang pada Anda, gunakan semprotan beruang Anda ketika ia sudah berjarak sekitar 20-30 kaki (sekitar 6-9 meter) untuk mencegahnya semakin datang mendekat.

video
Video cara menggunakan semprotan beruang (SUMBER)

Dalam kasus terjadi pertemuan dekat di area perkemahan anda dan Anda tahu itu adalah beruang hitam, coba yakinkan beruang untuk pergi. Setelah Anda tahu beruang itu memiliki jalur pelarian yang jelas di mana ia tidak akan menemui manusia lainnya, berdiri tegak dan melihat beruang sambil berkata "Pergi dari sini beruang" dengan suara keras. Terus melakukan ini sampai beruang pergi. Jangan berteriak seperti orang panik, karena hal ini bisa menakut-nakuti beruang dan menyebabkan serangan. Ambil semprotan beruang atau tongkat yang kuat dalam kasus beruang sudah dalam jarak terlalu dekat dengan anda. Ini akan mencegah beruang dari serangan yang sebenarnya.

Jika Anda bertemu jarak dekat dengan beruang grizzly, ingat bahwa mereka jauh lebih agresif dari beruang hitam dan lebih sulit untuk mencegah. Berdiri diam, jaga mata anda tetap memandang beruang dan tunggu reaksinya. Jika grizzly datang terlalu dekat, Anda dapat mencoba semprotan beruang ntuk menghentikannya dari membuat kontak dengan Anda. Jika beruang tetap menjaga jarak, secara perlahan berjalanlah mundur darinya sementara mata anda tetap memandang beruang. Ingatlah untuk tidak pernah berpaling atau lari dari beruang.

Serangan: Kontak Fisik
National Park Service membagi serangan beruang menjadi dua kelompok yakni 1) serangan defensif dan 2)serangan predator. Belajar bagaimana mengenali jenis serangan apa yang terjadi akan memungkinkan Anda secara tepat menghadapi serangan ini. Jangan pernah lari ketika beruang sedang dalam modus serangan, karena mereka jauh lebih cepat dari anda. Selain itu, mereka melihat respon cepat dari anda sebagai hewan yang melarikan diri dan akan mengejar anda.

Kebanyakan serangan beruang adalah serangan defensif. Mereka disebut serangan defensif karena beruang umumnya tertangkap basah oleh kehadiran manusia. Dengan kejutan seperti itu, insting mereka bereaksi untuk melindungi diri mereka, anak-anak mereka dan makanan mereka. Serangan predator jarang dilakukan oleh beruang grizzly ataupun beruang hitam. Beruang kutub, pada sisi lain, telah dikenal bisa melacak dan menyerang manusia.

Melindungi Diri Anda dari Serangan Defensif
Serangan defensif adalah jenis serangan yang paling umum dari beruang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika serangan beruang berupa serangan defensif. Beberapa tindakan beruang yang umum adalah serbuan lompatan, gerakan serbuan palsu menuju ke arah anda, melakukan gerakan tamparan pada tanah, mengeletakkan gigi dan menunjukkan ekspresi kemarahan. Ini adalah cara beruang mengatakan, "Saya tidak tahu anda atau apa yang Anda lakukan di sini tapi Anda tidak diterima." Kadang-kadang beruang akan berdiri di atas kaki belakangnya untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik dari anda dan bau yang lebih jelas untuk menentukan apakah anda ancaman bagi mereka. Jika beruang tidak menyerang setelah gerakan ini, perlahan-lahan mundur sambil menghadap beruang. Jangan mengubah posisi tubuh membelakangi beruang atau lari dari beruang yang ketakutan.

Jika beruang membuat kontak fisik dengan Anda dalam serangan defensif, yang terbaik adalah untuk bermain mati dalam upaya untuk meredakan situasi. Sementara di tanah berbaringlah telungkup sembari jari-jari anda saling bertautan di atas leher dan menyebar siku dan kaki sehingga lebih sulit bagi beruang untuk menggulung dan membanting anda lebih lanjut; atau meringkuk dengan posisi seperti janin dengan jari-jari anda saling bertautan di atas leher anda.

Dalam serangan defensif, beruang tidak berniat untuk memakan anda - dia hanya mencoba untuk menghilangkan ancaman tersebut. Umumnya, setelah beruang yakin bahwa ancaman tersebut telah dieliminasi, dia akan pergi. Terus berbaring di tanah selama setidaknya 20-30 menit untuk memastikan beruang tersebut tidak mengintai di sekitar anda. Jika serangan terus terjadi dan anda merasa beruang tidak akan pernah meninggalkan anda, melawan dengan senjata mungkin merupakan pilihan terakhir. Gunakan semprotan beruang jika anda belum menggunakannya untuk mencegah dari serangan. Biasanya batu dan tongkat adalah satu-satunya senjata yang tersedia, jadi pastikan untuk membidik wajah. Berkonsentrasilah membidik pada titik-titik sensitif seperti hidung dan mata.

Melindungi Diri Selama Serangan Predator
Dalam serangan predator beruang bermaksud untuk menjadikan anda sebagai makan malam. Lakukan hal apapun yang bisa diakukan untuk mencegah anda menjadi makanan beruang berikutnya. Jika anda memiliki pistol, gunakan itu. Jika anda memiliki semprotan beruang, gunakan itu. Jika anda hanya memiliki tongkat dan batu, tujuan pada daerah-daerah yang paling sensitif (biasanya di area wajah seperti hidung dan mata). Dalam serangan predator masalah hidup dan mati sangat dekat, sehingga lakukan segala kemungkinan untuk menyelamatkan hidup anda.

 Melakukan apapun yang diperlukan untuk tidak menjadi makan berikutnya. Jika Anda memiliki pistol, menggunakannya. Jika Anda memiliki menanggung semprot, menggunakannya. Jika Anda hanya memiliki tongkat dan batu, bertujuan untuk daerah yang paling sensitif. Daerah-daerah tersebut akan di wajah, fokus terutama pada hidung dan mata. Dalam serangan predator itu adalah masalah hidup dan mati, sehingga melakukan segala kemungkinan untuk menyelamatkan hidup Anda.

Lindungi Diri dengan Pengetahuan
Mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menghindari pertemuan dengan beruang dan apa yang harus dilakukan jika Anda bertemu tatap muka dengan beruang adalah cara terbaik untuk aman.

Lahirnya Ilmu Geologi Modern di Siccar Point, Skotlandia

Ketidakselarasan menyudut pada Siccar Point, Skotlandia (SUMBER)

Foto ini sangat terkenal karena ilmu Geologi modern lahir dari sini. Ya, ini adalah singkapan batuan yang terkenal dengan sebutan "Siccar Point" yang terletak di Skotlandia. Siccar point ini berupa batuan sedimen berlapis yang pada bagian bawah kemiringan batuannya (dipsudah hampir tegak (90 derajat), sedangkan batuan sedimen pada bagian atasnya meskipun secara fisik karakteristiknya hampir sama dengan bagian bawah, namun kemiringannya belum terlalu besar. Kedua batuan sedimen dengan kemiringan berbeda ini membentuk hubungan ketidakselarasan menyudut (angular unconformity).

Singkapan ini awalnya belum terkenal sampai ditemukan James Hutton tahun 1798. Pada masa itu,vsekitar abad 17, kepercayaannya adalah bumi berumur 6000 tahun (kepercayaan genealogi bibliografi). Tetapi setelah menemukan "Siccar Point", Hutton merasa tidak mungkin waktu 6000 tahun bisa menyebabkan suatu batuan mengalami deformasi sampai menyudut satu dengan yang lain seperti ini. Saat itu Hutton mengatakan hal ini membutuhkan ratusan juta tahun untuk terbentuk, sebuah ide radikal. Hutton menemukan singkapan ini setelah melakukan ekspedisi di Skotlandia.

He is the father of modern geology

Prinsip Peluruhan Radioaktif untuk Mencari Umur Absolut Bumi

Keadaan bumi 4,5 miliar tahun yang lalu (SUMBER)

Sumber Materi : Melihat dan Mendengar Video Historical Geology. Video aslinya bisa dilihat disini : Historical Geology Part 1 of 10.

Ya seperti inilah wajah bumi kita 4,5 milyar tahun yang lalu. Bumi adalah sebuah lautan magma yang sangat panas dengan suhu 8000 derajat fahrenheit (mirip dengan suhu pada permukaan matahari). Setiap hari Bumi dihantam oleh beribu-ribu meteor yang saat itu merupakan penyusun luar angkasa pada masa pembentukan tata surya. Bumi dihantam meteor dengan begitu kerasnya setiap hari karena belum adanya atmosfer yang bisa menahannya.

Seorang ilmuwan yang pertama kali mengungkapkan bahwa Bumi awalnya berupa lautan magma ada seorang ilmuwan Inggris termodinamika terkenal bernama Lord Calvin. Dengan melihat adanya lava yang keluar saat gunung api meletus, Calvin percaya bahwa suatu saat pada zaman dahulu Bumi pernah benar-benar berupa lautan magma. Dengan menggunakan metode termodinamika, Calvin mencoba menghitung umur absolut bumi, yakni dibutuhkan 20 juta tahun bagi Bumi untuk mendingin seperti sekarang. Calvin benar tentang Bumi pernah menjadi lautan magma, tapi bukan umurnya.

Kebanyakan ilmuwan pada abad 19 tidak menyadari suatu hal, suatu kunci yang membuat Bumi sangat panas dalam waktu yang lama. Radioaktif. Kandungan radioaktif seperti Uranium, Thorium, dan Pottasium pada awal pembentukan bumi sangat melimpah. Mineral radioaktif adalah mineral yang tidak stabil, sehingga mereka akan terubah/meluruh (decay) menjadi mineral lain yang lebih stabil dalam waktu tertentu. Proses peluruhan ini menghasilkan panas yang membuat bumi sangat panas dalam waktu yang sangat lama.

Ilmuwan yang pertama menyadari prinsip peluruhan bisa untuk mencari umur Bumi yang benar adalah geolog 21 tahun bernama Artur Holmes. Artur menggunakan prinsip radiasi sebagai sebuah revolusi untuk memahami umur Bumi. Dengan menggunakan perbandingan Uranium dan Timbal pada kristal batuan purba, didapatkan bahwa umur bumi adalah 4,5 milyar tahun. Half time dari Uranium ke Timbal (206) adalah 4,6 milyar tahun. Hal ini berarti kandungan Uranium vs Timbal adalah hampir seimbang. Prinsip peluruhan radioaktif banyak digunakan dan dipercaya akurat karena waktu yang dibutuhkan untuk meluruh dari satu unsur ke unsur lain adalah konstan.

Kawah Ijen, 18 November 2015 : Pengangkut Belerang

Pengangkut Belerang Kawah Ijen (GALUH PRATIWI)

Bagi sebagian orang, hidup mungkin terlihat mudah. Bagi sebagian orang, mereka tinggal duduk dan berpikir seharian di kantor ber-AC dan menunggu uang yang datang setiap bulan. Bagi sebagian orang, mereka berdagang dengan harapan untung setiap hari. Aku tekankan, bagi sebagian orang. Bagaimana dengan sebagian yang lain?

Beginilah ironi 'sebagian orangyang aku tangkap di Kawah Ijen, Banyuwangi. Dengan memanggul beban seberat 90 sampai 100 kilogram, setiap hari, bapak berbaju merah ini harus naik turun dari Kawah Ijen ke Pos Patulding yang berjarak 2 jam jalan kaki. Medannya? Jangan ditanya. Jalan tanah licin yang berkelak-kelok siap membuat jatuh kapan saja jika tidak sigap.


Apa pilihan bapak ini dan 150-an buruh pengangkut belerang lainnya di Kawah Ijen? Mungkin inilah satu-satunya pekerjaan yang memungkinkan bagi mereka untuk menghidupi istri dan anak. Walau bisa dibayangkan, bagaimana lelahnya harus naik gunung setiap hari, bagaimana sakitnya pundaknya setiap malam dan mungkin sudah mengapal, bagaimana dampak menghirup asap belerang setiap hari, bagaimana menghadapi dinginnya udara Kawah Ijen. Semuanya sudah menjadi santapan sehari-hari tanpa mempedulikan dampaknya.

Satu hal yang kupelajari: Hidup adalah Perjuangan.

Kupang, 23 Mei 2014: Berburu Sunset Indah di Pantai Pasir Panjang

Sunset yang sempurna (GALUH PRATIWI)

Lokasi: Pantai Pasir Panjang, Kota Kupang (sunset) 23 Mei 2014. Menunggu sunset sembari jajan pentol dan melihat kesibukan nelayan mencari ikan.

Letak Pantai: Sepanjang Jalan Timor Raya
Jam buka: 24 jam, best time 17.00 sd 18.00
HTM: FREE
Cara kesini: Bemo 10, Bemo Penfui

Pengalaman Mengubah Jadwal Penerbangan Air Asia Gratis (Kasus: Pembatalan Penerbangan Sebelumnya)

Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu, Nepal (GALUH PRATIWI)

SHARE cerita kemarin sore:
Air Asia, trimakasih. Kau tetap yang terbaik.

Kemarin, tiba-tiba saja sebuah email dengan subjek 'urgent' muncul di emailku. Segera saja aku buka, ternyata dari Air Asia X (Air Asia punya malaysia). Email tersebut mengatakan penerbanganku dari Kathmandu ke Kuala Lumpur tanggal 9 Juli 2016 (berangkat jam 15.00) telah dibatalkan dan diganti dengan penerbangan serupa keesokan harinya tanggal 10 Juli 2016 (berangkat jam 22.00)

Tentu saja aku panik. Ada-ada saja sih, kenapa harus dibatalkan sepihak begini? Padahal aku punya penerbangan lanjutan dari Kuala Lumpur ke Surabaya tanggal 10 Juli 2016 berangkat pukul 19.00 juga yang aku beli dengan harga promo sekitar Rp 450.000. Alhasil, karena perubahan jadwal mendadak ini, aku tidak bisa mengejar penerbangan kedua dari Kuala Lumpur ke Surabaya. Aku segera saja menghubungi Air Asia lewat live chat, setelah menjelaskan kasusku operator mengatakan nanti akan ditelfon sama tim preflight Air Asia. (TIPS: Fasilitas live chat Air Asia ini sangat membantu karena kita tidak perlu mengeluarkan pulsa telepon ekstra untuk menghubungi Air Asia Malaysia)

Dua jam kemudian, sebuah nomor Malaysia menghubungi nomorku. Ternyata dari Air Asia X. Sebagian besar aku tidak mengerti dengan apa yang operator ucapkan karena ucapannya sangat cepat seperti roller coaster dan suasana di belakangnya sangat ramai. Operator sangat sabar menjawab pertanyaanku meskipun aku berkali-kali bilang,  
"Sorry I can't hear you, your voice is not clear...." yang membuat aku berpikir, kenapa juga tidak berbicara Bahasa Melayu ya operatornya kan orang Malaysia pasti juga ngerti.

Operator menawarkan apakah aku mau mengubah penerbanganku dari Kuala Lumpur ke Surabaya ke tanggal 11 Juli 2016 sesuai permintaanku. Aku segera mengiyakan dan meminta penerbangan paling pagi. Semuanya gratis, cepat dan tidak bertele-tele. Padahal harga tiket untuk tanggal 11 Juli 2016 itu udah menyentuh 2,4 juta. Mereka sangat bertanggung jawab karena merasa ini kesalahan mereka. Lima menit kemudian, itinerary tiket baru dari Kuala Lumpur ke Surabaya yang berangkat tanggal 11 Juli 2016 sudah dikirim ke emailku.

Kesimpulannya: aku senang sih sebenarnya penerbanganku diundur, bisa nambah waktu main sehari lagi. Dan pelayanan Air Asia memang sangat profesional.

I love u air asia, thx u for always give us excellent service

Berhemat Saat Traveling Dengan Rice Cooker Mini

Rice Cooker mini merk Maspion (GALUH PRATIWI)

Terinspirasi dari temanku yang selalu membawa rice cooker mini saat traveling, mendorong ane untuk ikut-ikutan beli. Jika tidak bisa mengontrol, makan dan minum adalah salah satu pos pengeluaran terbesar untuk mengosongkan saku. Bayangkan berapa yang bisa dihemat jika kita membawa rice cooker sendiri.
Rice cooker ini berukuran sangat mini. Tingginya hanya sekitar 20an cm, lebarnya 15san cm. Kapasitasnya 0.3 liter, bisa untuk 2-3 porsi nasi sekali masak. Bisa untuk rebus air juga kalau mau bikin teh, kopi. Rebus mie, masak sayur, dan lain-lain. Ada tempat menghangatkan sayur juga. Bentuknya ringkas, hanya seperti rantang. Harganya Rp 265.000 di situs online. Merek Maspion.
Bisa untuk masak nasi sekaligus menghangatkan 
sayur (GALUH PRATIWI)

Sekali minum kopi di eropa bisa Rp 40.000-an, makan di jepang sekali beli Rp 30.000 sd Rp 50.000-an (ingat postingan saya sebelumnya satu buah lele goreng dihargai Rp 130.000rupiah), bagaimana kalau sering lapar? Bisa boros sekali. Beras maupun logistik bisa bawa dulu atau beli di tempat tujuan. Pastinya lebih murah. Sudah kucoba untuk masak nasi beberapa kali, hasilnya joss! Nasinya pulen dan wangi.

NB: Karena setiap negara mempunyai tipe colokan listrik yang berbeda-beda (ada yang dua kaki maupun tiga kaki), saya sarankan membawa colokan (adaptor) universal. Adaptor universal bisa dibeli di berbagai situs online di Indonesia dengan harga cukup terjangkau.

Surabaya, 18 November 2016 : Kupang dan Pulau Rote

Rencana ini sebenarnya datang dengan sangat tiba-tiba. Bermula dari kegalauanku di LINE tentang kerinduanku terhadap Kota Karang (sinonim Kota Kupang), ditambah kegalauan temanku (Richa) tentang rencana liburan di akhir tahun, lahirlah rencana perjalanan selanjutnya ke Kupang dan Pulau Rote pada 9-13 Desember 2016. 


Kegalauanku di LINE terjawab sepuluh hari kemudian

Kegalauan Richa dan ajakan perjalanan dariku

Di status Richa yang lagi galau pengen liburan di akhir tahun tersebut terlihat aku komen ngajak ke NTT tepatnya Pulau Rote. Well, sebenarnya waktu mengajak itu pun aku belum 100 % yakin sih. Diatas kerinduan akan Kota Kupang, tiba-tiba kepikiran pulau tetangga yang selama lima kali berkunjung ke Pulau Timor belum pernah kukunjungi yakni Pulau Rote. Alhasil yaudah pada 30 Oktober 2016, pukul 16.08 aku tiba-tiba ngajak Richa.

Setelah berunding singkat di kantor dengan bujukan-bujukan ringan, Richa setuju berangkat ke Kupang dan Rote. Beberapa hari kemudian, aku segera membeli tiket keberangkatan Surabaya-Kupang karena harganya sedang promo (Rp 613.000/orang), beberapa hari kemudian aku membeli tiket pulang Kupang-Surabaya karena harganya lumayan dibanting juga (Rp 556.000/orang). Cuss, siap berangkat!

Tiket berangkat

Tiket pulang

Rencana perjalanan?
Sampai hari ini aku belum membuar rencana perjalanan yang benar-benar fix, baru mulai membaca-baca destinasi wisata yang eksotis di Pulau Rote. Tempat-tempat seperti Pantai Nemberala, Danau Laut Mati, Bukit Mando'o, Pantai Oeseli, Pulau Ndana (kalau bisa), sudah kumasukkan dalam daftar. Rencana kami akan menyewa motor selama berkeliling Pulau Rote. Tempat-tempat wisatanya pun sudah kukelompokkan di peta yang kucetak dari google map. Selama di Kupang, kami rencana mengunjungi Gua Kristal, Pantai Tersembunyi di dekat Gua Kristal, Pantai Tablolong, Taman Nostalgia, Pantai Tedis dan Pasar Malam Kampung Solor.
Peta wisata Pulau Rote buatanku sendiri

Booking tiket kapal Bahari Express Kupang-Rote?
Pertanyaan ini cukup membingungkanku karena setelah mencari-cari di berbagai situs resmi maupun blog, tidak ada yang menyebutkan dimana bisa booking tiket kapal cepat Bahari Express untuk rute Kupang-Rote. Ternyata kata temanku orang Kupang, tiket kapal cepat Bahari Express baru bisa dibeli hari H langsung di Pelabuhan Tenau, dimana antrian loket dibuka pukul 07.00. Hmmmm....mungkin ini terkait dengan ketidakpastian keberangkatan kapal kali ya. Karena jika ombak sedang tinggi, tidak ada kapal yang diberangkatkan. Apalagi Selat Rote/Selat Pukuafu - perairan antara Pulau Timor dan Pulau Rote - katanya terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan ganas. Hmmmm...aku hanya bisa berdoa..semoga sewaktu kami hendak berangkat/pulang dari Pulau Rote, keadaan laut bisa bersahabat.

Plan B
Aku sudah ngomong ke Richa, kita harus menyediakan plan B jika ternyata tidak ada kapal yang berangkat ke Pulau Rote  karena ombak tinggi. Sementara baru dua pilihan yang aku sampaikan ke Richa yakni: 1) tetap ke Pulau Rote naik pesawat (ada Wings Air Kupang-Rote) dengan tarif sekitar 250ribuan  2) tetap di Pulau Timor dengan mengunjungi tempat lain. Sementara belum kami putuskan.

Sementara perkembangannya baru sampai sini saja, jika rencana perjalanan fix sudah jadi akan aku update disini. Semoga semuanya berjalan lancar ya! Tuhan akan menjaga!

UPDATE
Selasa, 6 Desember 2016

Here are my new fixed itinerary:




11.15.2016

Ketika Backpacking hanya dianggap Membuang-buang uang, aku menjawab....

To Travel is to Live (Suvarnabhumi Airport, Thailand January 23, 2012)

"Nduk, kamu harus nabung ya. Hati-hati kalau atur uang, jangan kebanyakan jalan. Kamu harus selalu mempunyai simpanan untuk hal tak terduga," kata ayahku suatu hari.

Aku hanya mengiyakan. Walau perintah "jangan kebanyakan jalan" itu tidak mungkin bisa kupenuhi karena ada rasa dalam diriku untuk terus melihat dunia ini bagaimanapun caranya. Tetapi aku berusaha mendengarkan nasehatnya untuk menabung selain untuk traveling.

Seseorang bertanya padaku suatu hari, "Kamu nggak sayang sama uangmu kalau kamu pakai jalan-jalan terus? Emang apa yang kamu dapatkan selain bersenang-senang beberapa hari di luar negeri, postingan di media sosial yang di-like banyak orang dan kebanggaan?"

Aku hanya menjawab masam, " Well, aku rasa anda tidak mengerti sama sekali tentang backpacking."

Sebenarnya aku ingin menjelaskan secara panjang lebar, tapi terkadang mulut ini terlalu malas untuk melanjutkannya. Sangat susah membuat seseorang yang skeptis mengerti, Jadi aku tidak terlalu memperdulikan. Biarlah setiap orang menjalani hidup menurut tujuan hidup masing-masing.

Sebenarnya apa saja hal-hal yang kudapatkan setelah pulang backpacking? Apakah hanya uang yang menipis saja? Kebanggaan sesaat?

1. Hari-hari yang tidak terlupakan

"We travel not to escape life, but for life not to escape us."

Bisa dibilang, hari-hari selama aku backpacking adalah hari-hari yang tidak terlupakan untukku. Bagaimana aku bisa melupakan rasa antusiasku sewaktu pertama kali melihat kerlap-kerlip lampu dari langit Bangkok? Bagaimana aku bisa melupakan rasa antusiasku sewaktu melihat Taj Mahal untuk pertama kalinya? Melihat bangunan Angkor Wat yang begitu luasnya? Melihat Patung Merlion untuk pertama kalinya? Melihat Gunung Everest pertama kalinya meski hanya dari kejauhan? Melihat tempat kelahiran Sang Buddha? melihat tempat dimana Sang Buddha mendapatkan pencerahan sehingga menjadi guru spiritual umat Buddha di seluruh dunia? Sebagai jawaban, aku tidak akan pernah melupakan itu semua. Jika aku ditanya apa saja momen paling berharga dalam hidupmu, selain hal-hal mainstream seperti juara lomba, diterima kuliah di kampus tertentu, lulus kuliah, dapat kerja, melihat orangtua tersenyum, dan lain sebagainya, aku akan menambahkan semua pengalaman backpackingku ke dalamnya.

Travel brings love and power back to your life (Wat Phra Kaeo, Thailand, 2012)

Wherever you go, go with your heart (Wat Phra Kaeo, Thailand, 2012)

You travel for the unknown (Ta Phrom, Cambodia, 2012)

Jika aku ditanya apa yang kamu lakukan sebulan yang lalu, pada tanggal dan jam yang sama? Aku mungkin sudah lupa. Waktu itu hanya seperti serangkaian peristiwa hidup biasa yang memang harus dilewati. Tetapi jika ada yang bertanya apa yang aku lakukan tanggal 23 Januari 2012 (keberangkatanku ke luar negeri pertama kali yakni Thailand). Apa yang kamu lakukan pada 2 Februari 2013 (keberangkatanku ke Filipina). Apa yang aku lakukan pada 10 Juli 2016? (hari terakhir aku di Nepal), aku masih bisa menceritakan semuanya dengan cukup detail. bahkan peristiwa empat tahun yang lalu, aku masih mengingat dengan cukup detail.
Take every chance you get in life, because some things only happen once (India Gate, India, 2016)

Life's journey not a race (Thar Dessert, India, 2012)

Not all those who wander are lost (Agra Fort, India, 2012)

2. Pengalaman yang selalu bisa diceritakan
Aku selalu senang melihat teman-teman seusiaku mempunyai semangat untuk melihat dunia. Karena dunia ini begitu luas dan penuh cerita. Sifat manusia yang didasari rasa ingin tahu membuat rasa ingin menjelajah dan mengelana tumbuh. Saat rasa ingin menjelajah tumbuh, pengalaman adalah guru terbaik yang bisa diceritakan.


 Travel is about the gorgeous feeling of teetering in the unknown (Amer fort, India, 2016)

Die with memories, not dreams (Hawa Mahal, India, 2016)

Aku selalu senang berbagi cerita perjalanan, kepada siapapun yang membutuhkan informasi. Karena aku rasa perjalanan akan lebih indah dan bermakna jika setiap orang bisa merasakannya. Apakah sebuah fungsi perjalanan jika hanya disimpan sendiri? Perjalanan itu akan terlupakan, tergerus waktu, tergerus peristiwa hidup yang lain. Maka dari itu aku selalu mendorong setiap teman-temanku untuk menulis.

Menjadi seorang backpacker membuatku mempunyai sedikit pengalaman yang selalu bisa kuceritakan kepada orang lain. Baik dalam bentuk komunikasi searah (lewat blog), ataupun komunikasi dua arah (mengobrol dengan orang lain).

To Travel is worth any cost or sacrifice(Singapore, 2013)

Happiness is a journey not a destination (Malaka, Malaysia, 2013)

 Open your eyes and see the beauty (Thar Dessert, India, 2012)

Life is short and the world is wide (Thar Dessert, India, 2012)

 ordinary people can life extraordinary lives (Lumbini, Nepal, 2016)


Always do what you are afraid to do (Kathmandu, Nepal, 2016)

3. Keinginan mengajak orangtua melihat hal yang sama
Selama ini orangtuaku tidak pernah melarangku untuk bepergian kemanapun. Bahkan saat aku masih duduk di bangku kuliah semester IV, masih belum terlalu mengerti luar negeri selain Asia Tenggara, mereka mengizinkanku berangkat ke India. Salah satu negara yang mungkin di mata mereka penuh kengerian. Aku sangat menghargai kepercayaan mereka.


Book a Ticket and just leave (Agra Fort, India, 2016)

Life is beautiful if you know where to look (Kathmandu, Nepal, 2016)

Entah kenapa, setiap melihat tempat yang indah, aku terpikir mereka, Selama ini mereka hanya di Solo saja, ingin sekali mengajak mereka melihat apa yang aku lihat. Mungkin lewat itulah mereka bisa mengerti selama ini aku tidak hanya membuang-buang uang di jalan, ada banyak hal bisa menjadi perjalanan hidup. Ibuku mempunyai keinginan mengunjungi tanah leluhur di Beijing, sementara aku kurang yakin dengan ayahku dia ingin kemana. Semoga suatu saat bisa ya!

Adventures are the best way to learn (Nagarkot, Nepal, 2016)

To those who can dream, there is no such place as far away (Nagarkot, Nepal, 2016)

4. Foto-foto yang menarik
Tidak dipungkiri, menjadi seorang backpacker akan membuatmu menjadi seorang fotografer amatir dadakan yang mempunyai banyak koleksi foto menarik dari berbagai tempat di dunia. Bukan hanya untuk pamer di media sosial, aku rasa foto tersebut mempunyai makna yang lebih mendalam dari itu. Foto itu adalah sebuah gambar yang menceritakan seribu cerita. Lewat sebuah foto, kita bisa menceritakan lebih banyak dan detail. bahkan foto-foto tersebut bisa disimpan dalam sebuah album kenangan berjudul "All Around The World". Tidak harus selalu dibagikan untuk dilihat kalayak umum, aku rasa sebagian foto adalah kenangan pribadi. Saat anda membuka album tersebut, aku yakin senyum ada akan melebar dan banjir kenangan berdatangan.


The journey is my home (Thar Dessert, India, 2012) 


 Experience, travel – these are as education in themselves (Mumbai, India, 2016)

 Make voyages! Attempt them… there’s nothing else (Rizal Park, Philipphines, 2013)-



 Bizarre travel plans are dancing lessons from God (Taj Mahal, India, 2016)


Let your memory be your travel bag (Nagarkot, Nepal, 2016)

5. Mendapatkan kenalan baru
Aku rasa hidup ini sungguh misterius. Kita tidak bisa menebak, kapan akan mendapatkan sebuah keberuntungan, kapan akan mendapat musibah, kapan akan mati, kapan akan mendapatkan kenalan baru yang bisa mengubah hidup kita (baik dalam skala kecil ataupun besar) dan lain-lain. Maka dari itu aku berusaha mengambil semua sisi positif dari perjalanan.


 Travel penetrates your consciousness, but not in a rational way (Qutab Minar, India, 2012)

To travel is to possess the world (Jaisalmer, India, 2012)

 One’s destination is never a place, but a new way of seeing things (Thar Dessert, India, 2012)

To travel is to take a journey into yourself (Kathmandu Durbar Square, Nepal, 2016)

Aku mempunyai cerita bertemu dengan dua orang asal Indonesia di Bandara Tribuvan, Kathmandu, Nepal. Mereka bercerita pernah bertemu dengan seorang Indonesia di Thamel (kawasan backpacker di Kathmandu) tetapi hanya acuh tak acuh saat disapa. Padahal mereka berekspetasi lebih bertemu dengan sesama orang Indonesia. Hal itu menyadarkanku kita tidak boleh terlalu sombong dan cuek saat di jalan. Seperti prinsip karma, jika tidak ingin dibegitukan, jangan membegitukan. Ini pelajaran yang berharga!

Dia juga yang mengenalkanku kepada istilah domain untuk nama blog dan merekomendasikan tempat membeli domain yang murah dan terpercaya, Aku selalu ingin mengganti nama blog lamaku tapi kurang paham caranya, Ternyata lewat mereka aku bisa dengan mudah mengganti nama blogku. Kesannya hanya begitu ya? Tetapi sekecil apapun, aku rasa pertemuan dengan orang baru selalu membawa sebuah tujuan tertentu pula!


 Life is either a daring adventure or nothing (India-Nepal Border, 2016)

The grand tour is just the inspired man’s way of heading home (Lumbini, Nepal, 2016)

He travels fastest who travels alone (Kathmandu Durbar Square, Nepal, 2016)

To travel is to discover that everyone is wrong about other countries (Kathmandu, Nepal, 2016)

Itulah apa saja yang kudapatkan setelah backpacking. Mungkin uangku berkurang atau bahkan habis, mungkin postingan di media sosial mudah dilupakan orang, tapi bagiku kenangan pribadi itu akan abadi.