Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

11.18.2016

Prinsip Peluruhan Radioaktif untuk Mencari Umur Absolut Bumi

Keadaan bumi 4,5 miliar tahun yang lalu (SUMBER)

Sumber Materi : Melihat dan Mendengar Video Historical Geology. Video aslinya bisa dilihat disini : Historical Geology Part 1 of 10.

Ya seperti inilah wajah bumi kita 4,5 milyar tahun yang lalu. Bumi adalah sebuah lautan magma yang sangat panas dengan suhu 8000 derajat fahrenheit (mirip dengan suhu pada permukaan matahari). Setiap hari Bumi dihantam oleh beribu-ribu meteor yang saat itu merupakan penyusun luar angkasa pada masa pembentukan tata surya. Bumi dihantam meteor dengan begitu kerasnya setiap hari karena belum adanya atmosfer yang bisa menahannya.

Seorang ilmuwan yang pertama kali mengungkapkan bahwa Bumi awalnya berupa lautan magma ada seorang ilmuwan Inggris termodinamika terkenal bernama Lord Calvin. Dengan melihat adanya lava yang keluar saat gunung api meletus, Calvin percaya bahwa suatu saat pada zaman dahulu Bumi pernah benar-benar berupa lautan magma. Dengan menggunakan metode termodinamika, Calvin mencoba menghitung umur absolut bumi, yakni dibutuhkan 20 juta tahun bagi Bumi untuk mendingin seperti sekarang. Calvin benar tentang Bumi pernah menjadi lautan magma, tapi bukan umurnya.

Kebanyakan ilmuwan pada abad 19 tidak menyadari suatu hal, suatu kunci yang membuat Bumi sangat panas dalam waktu yang lama. Radioaktif. Kandungan radioaktif seperti Uranium, Thorium, dan Pottasium pada awal pembentukan bumi sangat melimpah. Mineral radioaktif adalah mineral yang tidak stabil, sehingga mereka akan terubah/meluruh (decay) menjadi mineral lain yang lebih stabil dalam waktu tertentu. Proses peluruhan ini menghasilkan panas yang membuat bumi sangat panas dalam waktu yang sangat lama.

Ilmuwan yang pertama menyadari prinsip peluruhan bisa untuk mencari umur Bumi yang benar adalah geolog 21 tahun bernama Artur Holmes. Artur menggunakan prinsip radiasi sebagai sebuah revolusi untuk memahami umur Bumi. Dengan menggunakan perbandingan Uranium dan Timbal pada kristal batuan purba, didapatkan bahwa umur bumi adalah 4,5 milyar tahun. Half time dari Uranium ke Timbal (206) adalah 4,6 milyar tahun. Hal ini berarti kandungan Uranium vs Timbal adalah hampir seimbang. Prinsip peluruhan radioaktif banyak digunakan dan dipercaya akurat karena waktu yang dibutuhkan untuk meluruh dari satu unsur ke unsur lain adalah konstan.

0 comments:

Poskan Komentar