Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

11.18.2016

Surabaya, 18 November 2016 : Kupang dan Pulau Rote

Rencana ini sebenarnya datang dengan sangat tiba-tiba. Bermula dari kegalauanku di LINE tentang kerinduanku terhadap Kota Karang (sinonim Kota Kupang), ditambah kegalauan temanku (Richa) tentang rencana liburan di akhir tahun, lahirlah rencana perjalanan selanjutnya ke Kupang dan Pulau Rote pada 9-13 Desember 2016. 

Kegalauanku di LINE terjawab sepuluh hari kemudian

Kegalauan Richa dan ajakan perjalanan dariku

Di status Richa yang lagi galau pengen liburan di akhir tahun tersebut terlihat aku komen ngajak ke NTT tepatnya Pulau Rote. Well, sebenarnya waktu mengajak itu pun aku belum 100 % yakin sih. Diatas kerinduan akan Kota Kupang, tiba-tiba kepikiran pulau tetangga yang selama lima kali berkunjung ke Pulau Timor belum pernah kukunjungi yakni Pulau Rote. Alhasil yaudah pada 30 Oktober 2016, pukul 16.08 aku tiba-tiba ngajak Richa.

Setelah berunding singkat di kantor dengan bujukan-bujukan ringan, Richa setuju berangkat ke Kupang dan Rote. Beberapa hari kemudian, aku segera membeli tiket keberangkatan Surabaya-Kupang karena harganya sedang promo (Rp 613.000/orang), beberapa hari kemudian aku membeli tiket pulang Kupang-Surabaya karena harganya lumayan dibanting juga (Rp 556.000/orang). Cuss, siap berangkat!

Tiket berangkat

Tiket pulang

Rencana perjalanan?
Sampai hari ini aku belum membuar rencana perjalanan yang benar-benar fix, baru mulai membaca-baca destinasi wisata yang eksotis di Pulau Rote. Tempat-tempat seperti Pantai Nemberala, Danau Laut Mati, Bukit Mando'o, Pantai Oeseli, Pulau Ndana (kalau bisa), sudah kumasukkan dalam daftar. Rencana kami akan menyewa motor selama berkeliling Pulau Rote. Tempat-tempat wisatanya pun sudah kukelompokkan di peta yang kucetak dari google map. Selama di Kupang, kami rencana mengunjungi Gua Kristal, Pantai Tersembunyi di dekat Gua Kristal, Pantai Tablolong, Taman Nostalgia, Pantai Tedis dan Pasar Malam Kampung Solor.
Peta wisata Pulau Rote buatanku sendiri

Booking tiket kapal Bahari Express Kupang-Rote?
Pertanyaan ini cukup membingungkanku karena setelah mencari-cari di berbagai situs resmi maupun blog, tidak ada yang menyebutkan dimana bisa booking tiket kapal cepat Bahari Express untuk rute Kupang-Rote. Ternyata kata temanku orang Kupang, tiket kapal cepat Bahari Express baru bisa dibeli hari H langsung di Pelabuhan Tenau, dimana antrian loket dibuka pukul 07.00. Hmmmm....mungkin ini terkait dengan ketidakpastian keberangkatan kapal kali ya. Karena jika ombak sedang tinggi, tidak ada kapal yang diberangkatkan. Apalagi Selat Rote/Selat Pukuafu - perairan antara Pulau Timor dan Pulau Rote - katanya terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan ganas. Hmmmm...aku hanya bisa berdoa..semoga sewaktu kami hendak berangkat/pulang dari Pulau Rote, keadaan laut bisa bersahabat.

Plan B
Aku sudah ngomong ke Richa, kita harus menyediakan plan B jika ternyata tidak ada kapal yang berangkat ke Pulau Rote  karena ombak tinggi. Sementara baru dua pilihan yang aku sampaikan ke Richa yakni: 1) tetap ke Pulau Rote naik pesawat (ada Wings Air Kupang-Rote) dengan tarif sekitar 250ribuan  2) tetap di Pulau Timor dengan mengunjungi tempat lain. Sementara belum kami putuskan.

Sementara perkembangannya baru sampai sini saja, jika rencana perjalanan fix sudah jadi akan aku update disini. Semoga semuanya berjalan lancar ya! Tuhan akan menjaga!

0 comments:

Poskan Komentar