Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

11.18.2016

Pengalaman Mengubah Jadwal Penerbangan Air Asia Gratis (Kasus: Pembatalan Penerbangan Sebelumnya)

Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu, Nepal (GALUH PRATIWI)

SHARE cerita kemarin sore:
Air Asia, trimakasih. Kau tetap yang terbaik.

Kemarin, tiba-tiba saja sebuah email dengan subjek 'urgent' muncul di emailku. Segera saja aku buka, ternyata dari Air Asia X (Air Asia punya malaysia). Email tersebut mengatakan penerbanganku dari Kathmandu ke Kuala Lumpur tanggal 9 Juli 2016 (berangkat jam 15.00) telah dibatalkan dan diganti dengan penerbangan serupa keesokan harinya tanggal 10 Juli 2016 (berangkat jam 22.00)

Tentu saja aku panik. Ada-ada saja sih, kenapa harus dibatalkan sepihak begini? Padahal aku punya penerbangan lanjutan dari Kuala Lumpur ke Surabaya tanggal 10 Juli 2016 berangkat pukul 19.00 juga yang aku beli dengan harga promo sekitar Rp 450.000. Alhasil, karena perubahan jadwal mendadak ini, aku tidak bisa mengejar penerbangan kedua dari Kuala Lumpur ke Surabaya. Aku segera saja menghubungi Air Asia lewat live chat, setelah menjelaskan kasusku operator mengatakan nanti akan ditelfon sama tim preflight Air Asia. (TIPS: Fasilitas live chat Air Asia ini sangat membantu karena kita tidak perlu mengeluarkan pulsa telepon ekstra untuk menghubungi Air Asia Malaysia)

Dua jam kemudian, sebuah nomor Malaysia menghubungi nomorku. Ternyata dari Air Asia X. Sebagian besar aku tidak mengerti dengan apa yang operator ucapkan karena ucapannya sangat cepat seperti roller coaster dan suasana di belakangnya sangat ramai. Operator sangat sabar menjawab pertanyaanku meskipun aku berkali-kali bilang,  
"Sorry I can't hear you, your voice is not clear...." yang membuat aku berpikir, kenapa juga tidak berbicara Bahasa Melayu ya operatornya kan orang Malaysia pasti juga ngerti.

Operator menawarkan apakah aku mau mengubah penerbanganku dari Kuala Lumpur ke Surabaya ke tanggal 11 Juli 2016 sesuai permintaanku. Aku segera mengiyakan dan meminta penerbangan paling pagi. Semuanya gratis, cepat dan tidak bertele-tele. Padahal harga tiket untuk tanggal 11 Juli 2016 itu udah menyentuh 2,4 juta. Mereka sangat bertanggung jawab karena merasa ini kesalahan mereka. Lima menit kemudian, itinerary tiket baru dari Kuala Lumpur ke Surabaya yang berangkat tanggal 11 Juli 2016 sudah dikirim ke emailku.

Kesimpulannya: aku senang sih sebenarnya penerbanganku diundur, bisa nambah waktu main sehari lagi. Dan pelayanan Air Asia memang sangat profesional.

I love u air asia, thx u for always give us excellent service

0 comments:

Poskan Komentar