Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

7.12.2011

Rasi Bintang dan Gambarnya - Part 1

1. Rasi Andromeda
          Andromeda adalah salah satu rasi bintang yang terletak di belahan langit utara. Rasi bintang ini berbentuk seperti huruf V dan bisa dilihat paling jelas di musim gugur bila kita tinggal di belahan bumi utara. Rasi ini terletak di dekat kutub utara, sehingga hanya beberapa tempat di belahan langit selatan yang bisa melihat rasi ini dengan cukup jelas.
          Salah satu mitos terkenal yang menjelaskan tentang rasi ini adalah mitologi Yunani. Mitologi ini menjelaskan bahwa ibu Andromeda, Ratu Cassiopea mengatakan bahwa dia lebih cantik dari bidadari laut. Bidadari laut pun tidak terima dan komplain kepada God of Sea, Poseidon. Poseidon pun mengirim monster untuk menghancurkan negara Ratu Cassiopea. Untuk menyelamatkan negara mereka, ratu Cassiopea dan suaminya, Raja Cepheus, harus mengorbankan anaknya
         Mengerti permintaan tersebut, Andromeda pun dirantai di sebuah karang yang terjal. Ketika monster tersebut (bernama Cetus) hampir menggigit Andromeda, Perseus menyelamatkannya. Itulah mitos orang Yunani tentang rasi bintang ini. Hal ini didasarkan pada letak Andromeda yang berdekatan dengan rasi Perseus, Cepheus, Cassiopeia, dan Catus.
          Bintang yang paling terang dari rasi ini adalah Alpha and (Alpheratz atau Sirrah), sebuah bintang ganda yang mempunyai magnitudo 2,06.


2. Rasi Antlia

          Rasi Antlia adalah salah satu rasi bintang yang terletak di belahan langit selatan. Nama Antlia berasal dari bahasa Yunani yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih adalah pompa, atau lebih tepatnya pompa udara.
          Rasi ini ditemukan oleh astronom Perancis Abbé Nicolas Louis de Lacaille pada abad 18 . Rasi ini pada awalnya dinamakan Antlia pneumatica untuk menghargai penemuan pompa udara yang ditemukan oleh fisikawan Perancis, Denis Papin. Antlia tidak memiliki mitologi secara khusus karena Lacaille tidak menggunakan tradisi memberi nama berdasar mitologi, tetapi berdasar nama latin suatu alat.
          Rasi bintang ini dikelilingi oleh berbagai rasi yang lain. Mulai dari utara, Antlia dikelilingi Hydra sang Monster laut, Pyxis yang merupakan sebuah kompas, Vela yang merupakan layar dan Centaurus.
          Bintang yang paling terang di rasi ini adalah Alpha antliae, sebuah bintang oranye raksasa dengan magnitudo 4,25.


3. Rasi Apus

          Apus adalah salah satu rasi bintang redup yang terletak di belahan langit selatan. Rasi bintang ini pertama kali didefinisikan pada abad 16.


4. Rasi Aquarius



5. Rasi Aquila



6. Rasi Ara



7. Rasi Aries



8. Rasi Auriga



9. Rasi Boötes



10. Rasi Caelum



11. Rasi Camelopardalis



12. Rasi Cancer



13. Rasi Canes Venatici



14. Rasi Canis Major



15. Rasi Canis Minor



16. Rasi Capricornus



17. Rasi Carina



18. Rasi Cassiopeia



19. Rasi Centaurus





20. Rasi Cepheus



21. Rasi Cetus



22. Rasi Chamaeleon



        






0 comments:

Posting Komentar