Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

6.05.2023

Surabaya, 8 Desember 2022 : Asia Tengah!

 8 Desember 2022,

di hari ini ane masih bermimpi ingin mengunjungi Asia Tengah. Kenapa Asia Tengah? Karena ane merasa ini adalah area yang memicu andrenalin ane. Setelah mengunjungi banyak tempat selama hampir 13 tahun traveling, ane merasa butuh tujuan baru yang menantang! Ane sendiri menargetkan mengunjungi Asia Tengah di 2023 mendatang.

Tujuan baru yang tidak biasa, yang membingungkan, seakan-akan tidak mungkin dikunjungi, ane malah pengen banget ngunjungin tempat seperti itu!

Dan jawaban itu semua adalah Asia Tengah, yang mencakup Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan dan Tajikistan. Wow, gimana cara kesana aja ane masih belum tau. Maksudnya tiket termurah untuk bisa landing di salah satu negara itu ane masih belum tau dan belum familiar sama sekali. Apa lagi tujuan wisatanya dan cara kesananya! Ane cuma tau kalau mau landing di Bishkek (Kyrgyzstan) itu ada penerbangan murah dari Istanbul (Turki) naik Pegasus Airline. Tapi yakali ane harus jauh-jauh ke Turki dulu ya. Dan tiket ke Turki PP sendiri kan ga murah.

Ane banyak baca-baca info di grup backpacker ataupun blog-blog traveler lainnya, kebanyakan landing di Tashkent (Uzbekistan) karena lebih banyak promo. Tapi setelah ane buka website pencarian tiket, alamak, KL - Tashkent aja udah 18 jt PP. Alamak... mahalnya. Apalagi Jakarta - Tashkent, lebih mahal!

Ane putar otak lebih jauh, dapatlah satu alternatif. Delhi - Bishkek ada di angka 5 jt PP. Eh tapi.... dari Indonesia ke Delhi (India) sendiri juga cukup mahal, berkisar di 5 jt PP ++ juga.. Hmm.. Ujung-ujungnya kalau dijumlah tetap akan 10-11 jt PP..

Sempet sedikit putus asa, ane browsing-browsing di google tentang gosip Air Asia yang akan membuka rute baru dari KL ke Almaty (Kazakhstan). Katanya sih di 2023 ini, cuma pastinya kapan masih belum jelas. Ane merasa sedikit excited, tapi yaa... kalau gosip begini biasanya belum pasti di 2023 akan dibuka. Tapi bisa aja tahun depan, ataupun beberapa tahun lagi..

Karena belum dapat perkembangan berarti, ane simpan dulu mimpi ini dalam-dalam. Ane yakin pasti ada jalannya, dimana ane pengen banget perjalanan ini terlaksana di 2023. Sementara alternatif terdepanku adalah terbang dari New Delhi (India) ke Bishkek (Kirgistan).

................

18 Desember 2022

Hari ini hari yang biasa aja, ane masih dikejar beberapa deadline seperti biasanya. Dan di tengah-tengah deadline itu ane emang biasa scroll facebook, terutama ke grup favorit ane, Backpacker International (BI)

Saat sedang menggabut itulah ane tiba-tiba baca postingan salah satu member BI, tentang adanya "error nilai tukar mata uang peso argentina" dari kartu visa. Woaaah.. maksudnya gimana tuh?

Nah nilai tukar peso argentina nih yang biasanya Rp 92/peso, kalau pakai kartu berlogo visa tiba-tiba menjadi Rp 52/peso aja! Ajegile! Berarti lebih rendah hampir 50% nggak sih itu? Misal nih ya, harga tiket pesawat Rp 10jt/PP, maka bisa jadi Rp 6jt/PP aja kalau kita beli pakai kartu berlogo visa! Wow! Sangat menarik.

Eh, tapi kan ane ga punya kartu berlogo visa? Ane punya kartu debit BRI, BCA sama CIMB niaga, tapi semuanya logonya mastercard, dimana kalo di mastercard nilai tukar peso argentina tetap Rp 92/peso. Hmm... Ane mencari solusi atas hal ini dengan baca-baca komen di grup yang paling berjasa di perjalanan traveling ane ini.

Di tengah-tengah scrooling komentar, ane baca salah satu member yang bilang bisa pake Bank Jago aja untuk bisa mendapatkan CC visa. Bank jago? Apaan tuh? Ane aja baru denger. Apa untuk bikin rekening Bank Jago ini ane harus ke kantor mereka (kayak bank-bank konvensional yang lain) atau bisa langsung online? Atas saran salah satu member, ane pun langsung download aplikasi Bank Jago dari playstore.

Eh ternyata... setelah beberapa kali tahapan, ternyata bikin rekening Bank Jago itu mudah banget! Cukup dengan aplikasi itu aja a.k.a nggak harus ke cabang bank terdekat. Mungkin ini semacam bank digital gitu kali ya. Segera ane coba transfer sedikit uang dari BCA ane untuk membantu ane memahami alur menggunakan kartu kredit digitalnya, dan ternyata untuk memindah dana dari rekening ke kartu kredit digital juga cukup mudah.

Akhirnya setelah memahami alurnya, ane bulatkan tekad. Tiket pertama yang ane booking adalah dari Hanoi ke Denpasar, yaitu tiket kepulangan untuk trip ane ke Vietnam 2 bulan ke depan. Lancaaar, dimana yang harusnya ane kena 1,2 juta jadi cuma bayar 700 ribu aja hihihi.. Setelah lagi-lagi membulatkan tekad, browsing-browsing alternatif tiket berangkat dan pulang, ane akhirnya putuskan booking tiket KL - Almaty - KL dari Emirates Airline. 

And it's CONFIRMED.... Oh my God....

Negara yang dulu hanya ada di impian ane, sekarang ane benar-benar punya tiketnya kesana! Bisa dibayangin kan senengnya ane? (Meski dalam hati agak mrengut juga ya tiba-tiba tabungan berkurang karena tiket promo ini)๐Ÿ˜๐Ÿฅด๐Ÿฅด.

Tidak tunggu waktu lama, ane pun langsung IG story mengenai ini (dan tentu saja informasi mengenai promo kartu visa ini). Senior ane sempet dapet tiket ke jepang juga tuh selamat ya mbak๐Ÿ˜.

Setelah mengamankan tiket Kuala Lumpur - Kazakhstan PP, tak lama setelahnya, ane booking tiket Surabaya - Kuala Lumpur PP juga tanpa halangan. Berangkat naik Lion, pulang naik Scoot. Amaannn tentram full diskon, makasih lo negaranya Lionel Messi.๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜


Bisa dilihat diatas nominal pembayarannya bukan pake IDR atau USD tapi ARS alias peso argentina๐Ÿ˜

Selanjutnya, ane harus mulai mengurus pervisaan dan rencana perjalanan kesana! Nanti akan ane update lagi tentang cerita segala persiapan ane kesana!

See u Almaty, Kazakhstan in 4 months!!

0 comments:

Posting Komentar