Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

9.17.2021

Solo, 9 Februari 2021 : The Heritage Palace!

 Sudah lebih dari 2 mingguan ini ane di Solo, dan selama itu cuma di rumah aja. Boseeen juga ya ! Sedangkan emak sama bapak ane juga masih belum bisa diajak main karena masih nemenin mbak ane yang baru lahiran. Tau kan ribetnya emak-emak habis lahiran.. wkwk.. Ya jadilah ane habiskan 2 minggu ini hanya untuk menyelesaikan dan menyicil beberapa kerjaan, sisanya nonton film. Nonton terus-terusan. Terutama serial-serial Netflix yang ane demen abis karena selalu bikin penasaran.

Jadilah hari ini, Selasa, 9 Februari 2021 ane mengajak Gavriel - keponakan ane - untuk jalan-jalan ke The Heritage Palace di Solo. Awalnya rencana berdua aja, eh tiba-tiba emak pengen ikut juga. Yaudah sekut aja, kita berangkat dari rumah Bolon sekitar jam 13.15 naik si Kia Rio. Jarak dari rumah ane ke The Heritage Palace sendiri gak terlalu jauh, hanya sekitar 5 kilometeran dan bisa ditempuh dalam 20 menit.

Ane pertama kali tau 'The Heritage Palace' dari vlog-nya Joe Kal. Tau kan, vlogger yang suka eksplore tempat-tempat horror itu. Dan ane yang hobby-nya eksplore tempat via Google Map tiba-tiba nemuin aja tag tempat bernama "The Heritage Palace" sewaktu nyari tempat wisata di Solo. Setelah melihat foto-foto dan ulasannya di Google Map, aku merasa tempat ini OK. Fotogenik. 

Sesampainya di point The Heritage Palace yang ditunjukkan oleh Google Map, ternyata kami salah parkir. Kami diarahkan google map parkir di Restoran Tong Tjie, dimana itu adalah pintu keluar samping dari The Heritage Palace (bukan pintu masuknya). Alhasil kami pun jalan kaki sejauh 200 meter untuk menuju ke pintu masuk The Heritage Palace. 

Kami akhirnya putuskan beli tiket terusan, supaya bisa sekalian lihat Museum Mobil dan Omah Kwalik seharga Rp 55.000/ weekday, kalau untuk weekend sendiri Rp 65.000.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Museum Mobil Kuno. 






5.31.2021

Solo, 31 Mei 2021 : Start today - menatap ke depan, tidak akan lagi melihat ke belakang

Ane sebenarnya udah lakuin ini dari beberapa Minggu yll, tapi tulisan ini sebagai penegas aja supaya ane fokus.

Mulai sekarang ane hanya akan menatap ke depan, fokus ke hari ini, dan tidak akan pernah lagi menatap ke belakang. Menatap ke belakang? Maksudnya? Maksudnya hal-hal di masa lalu yang bukan merupakan pencapaian positif ane, ane gak akan mau mikirin atau ingat2 itu lagi.

Termasuk segala macam kemarahan, sakit hati, orang2 gak penting, curiga, dan sebagainya.

Ane ingin hidup sebagai orang yang bebas, dan optimis. Bebas maksudnya ane ga mau dibelenggu kenangan2 masa lalu yang ga penting. Yang menyakiti ane, atau bikin ane menyesal dan kecewa sama hal2 bodoh di masa lalu.

Ane ingin fokus ke hari ini dan masa depan. Ke mimpi2 ane yang lain. Cari duit sebanyak mungkin dengan cara halal untuk mengunjungi sebanyak mungkin tempat2 di dunia ini. 

Ane akan blok kenangan2 masa lalu yang bikin ane ga bahagia, dan menyambut hari2 ke depan dengan optimisme. Selalu diingat bahwa ane berharga, dan ane selalu ingin membuat orang lain merasa berharga juga.

Keep moving forward :))

5.07.2021

Surabaya, 26 April 2021 : Tips masak ikan kembung saos asam manis super murah dan cepat

1. Beli ikan kembung secukupnya dan sebungkus Saori Saos Asam Manis. Ikan kembung aku beli di Superindo seharga Rp 13.985, sementara Saori Rp 3000 per sachet.
2. Bersihkan ikan kembung di air mengalir. Siapkan bahan tambahan. Karena ane suka pedes maka ane kasi cabe rawit 4 biji. Karena masih ada sisa jagung manis ane kasi jagung manis.
3. Panaskan minyak di wajan, tumis cabe + jagung sejenak.  Setelah agak wangi masukkan Saori Saos asam manis. Ane pakai 1 sachet aja.
4. Setelah itu masukkan ikan kembung. Karena hanya untuk 1x makan ane pakai 2 ekor. Kalau ikannya mau digoreng sebentar ya gpp. Dibolak balik aja sampai ikannya matang.
5. Tadaaa. Jadi deh. Murah, super simpel dan cepat. Ikannya bisa diganti ikan apa aja, cumi, udang, kepiting, dll berbagai hasil laut bisa.

5.06.2021

Surabaya, 25 April 2021 : Tips masak cumi saos tiram super cepat, simpel dan murah.

1. Beli cumi + Saori saos tiram sachet. Ane beli di Superindo jadi bisa beli cumi 2 ekor aja. Harganya tercantum di bawah. Cumi 276 gram seharga Rp 26.190 untuk Saori saos tiram Rp 3.000/sachet.
2. Cuci bersih cumi di air mengalir. Terutama bagian dalamnya karena ada plastiknya yang memanjang + sisa-sisa tintanya. Kemudian potong-potong cumi.
3. Siapkan bahan tambahan untuk numis cumi (kalau ada). Kebetulan ane ada jagung manis + Lombok Krn ane suka pedes.
4. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng. Kemudian masukkan dua tambhan bahan diatas ,tumis sebentar. Kemudian masukkan cumi secukupnya. Kemudian masukkan Saori Saos Tiram 1 Sachet + Air.
5. Tumis sampai cumi matang. Setelah itu udah selesai deh, dijamin rasanya mantap dimakan sama nasi putih panas!
Tambahan, goreng cumi super cepat dan murah.
1. Sisa cumi yang udah dipotong-potong tadi ditaburi tepung bumbu.
2. Goreng sampai cumi matang. Udah deh selesai! 😁😁

Masakan anak kos super simpel dan murah. 👍👍👍

4.25.2021

Surabaya, 21 April 2021 : bangun kesiangan, masak opor ayam & bakwan jagung

Hari ini ane bangun kesiangan, wkwk. Siang banget bahkan. Karena saat itu tidur adalah hal yang menyenangkan!

Bangun pagi, seperti biasa mandi dan minum 2 gelas air. Setelahnya ane goreng sisa mujaer kemarin (masih ada 3 ekor) untuk ngasi sarapan para bocil. Karena ada 5 bocil, 3 ikan itu ane bagi2 rata untuk 5 porsi. Lagi-lagi mereka makan dengan lahap, kecuali Mochi. Ntah kenapa Dy nggak mau.

Setelah melakukan rutinitas lainnya yakni cuci piring dan bersihkan pasir kucing, plus cuci 1 baskom pasir kucing, ane segera meluncur ke Superindo untuk beli bahan makanan. Stok makanan ane di kulkas emang lagi habis. Ane sendiri masih bingung mau beli apa.

Sesampainya disana, ane membeli 2 macam lauk yakni paha bawah ayam mentah 3 ekor dan tepung untuk bikin bakwan jagung. Kebetulan masih ada udang vaname yang ane beli kemarin lusa untuk campuran bakwan.

Ane juga beli buah. Sebenarnya rencana ayamnya mau ane goreng aja, tapi tiba2 ane lihat bumbu instan opor ayam, n tercetus ide bikin opor ayam aja. 😁 Setelahnya ane beli tambahan 2 telur di pasar. Jadilah seperti ini:
Selesai masak opor ane masak bakwan jagung campur udang.
Selesai urusan ini ane kerja dan ngopi Nescafe, sorenya keluarin bocil ajak mereka main di halaman. N ane Carikan akar Komatsu untuk jamu mereka. Ane emnag sering banget nyari akar Komatsu ini, biasanya banyak di semak2 dan mudah banget ditemukan.

Surabaya, 20 April 2021 : Mujaer goreng buat bocil

Hari ini ane bangun sekitar jam 10, seperti biasa, begitu bangun sudah diserang 5 bocil yang minta jatah sarapan. Hufft masih juga ngantuk, lemes, haus, udah dikejar-kejar aja kaki ane.

Seperti biasa ane mandi, minum 2 gelas air putih, dan segera menyadari ane masih ada stok ikan mujaer sekilo. Ini hasil hibahan sih, soalnya ane gak terlalu suka ikan air tawar. Ikan mujaer ini sudah cukup lama ada di fresher kulkas. Sayang kalau sampai rusak.

Karena ane ada bumbu ikan goreng instan Sajiku, ane segera lumuri mujaer itu dan menunggunya sejenak. Ane mau gorengin untuk bocil-bocil ane. Mereka pasti seneng banget nih.
Sembari nunggu goreng, ane buat jus tomat karena Kota Surabaya udah cukup terik pagi itu.
Sembari nggoreng n ngejus, mereka dengan setia nunggu di bawah wkwk. Ya, mereka emang suka ngikutin ane kemanapun ane pergi. Berasa punya asisten, eh tapi, asisten rasa majikan!
Ane lanjutin terus gorengnya. Selesai goreng dan diamin sejenak supaya nggak panas, ane pisah2kan bagian ikannya supaya gampang dimakan sama si bocil.
Tadaaa, akhirnya jadi juga n mereka makannya lahap banget. Kayak gak pernah makan aja.
Awalnya cuma ada 4 bocil, eh tapi tiba2 Milo datang. Akhirnya ane goreng lagi kilat 1 ikan. Ini ekspresi dia nunggu ikannya dingin, karena pas ane kasi masih panas ikannya wkwk.
Setelahnya ane goreng ayam untuk ane makan, ayamnya udah agak kering karena ungkepannya udah berhari2 di kulkas. Wkwk. Trus ngemil tales n jawara. Ane lanjut kerja, quora-an, dan sedikit menggalau hari itu.
Malamnya, seperti biasa ditemani 3 bocil di kamar. N ini foto si bocil Momo bimasakti.
Always say, Alhamdulillah.