Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

8.05.2015

Transportasi dari Terminal Bungurasih ke Stasiun Gubeng Surabaya

Salah satu hal yang paling dipusingkan oleh traveler/backpacker ketika harus transit di Surabaya adalah transportasi dari Terminal Bungurasih ke Stasiun Gubeng atau sebaliknya. Sebagai seorang backpacker, tentulah kita akan mencari alternatif termurah kan? Cara ini efektif dilakukan untuk solo backpacker, jika backpackeran rame-rame (>= 4 orang) ane sarankan naik taksi gan karena lebih nyaman dan cepat (bisa lewat tol).

Begini caranya:

ALTERNATIF PERTAMA
By Bus Kota Jurusan Pasar Atom-Terminal Bungurasih
Sumber; Postingan agan elite.strike10 di forum Kaskus

Alternatif ini bisa dibilang merupakan yang paling mudah dan cepat. Caranya agan cukup keluar lewat Stasiun Gubeng Lama, lalu naik bus kota jurusan Pasar Atom - Bungurasih dan langsung turun di terminal Bungurasih. Tapi ada ketidakuntungannya yakni armada bus yang melayani rute ini jumlanya sedikit dan hanya jalan dri pagi sampai sore saja (maghrib sudah tidak jalan).


ALTERNATIF KEDUA
By KA Komuter
Sumber materi : http://toursbyrail.com/jadwal-dan-rute-ka-komuter-porong/ 

Selain naik kombinasi bus dan angkot, agan juga bisa naik KA Komuter juga lo dari Stasiun Gubeng Surabaya ke Stasiun Waru (berjarak 750 meter jalan kaki dari Terminal Bungurasih). Tapi tentu saja ada batasan waktunya karena KA Komuter tidak beroperasi 24 jam.

KA Komuter ini mempunyai rute Surabaya Kota - Porong (via Sidoarjo), sehingga namanya sering disebut KA Komuter Porong. KA Komuter Porong ini nama lainnya Delta Ekspress, Komuter SUSI maupun Komuter Supor. Harga tiketnya cukup murah, yakni Rp 5000 untuk sekali jalan all route. Pembelian tiketnya harus hari H di stasiun masing-masing. Beli tiketnya di shelter juga bisa seperti di shelter Ngagel maupun Margorejo.

Rutenya sendiri meliputi stasiun Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, Selter Ngagel, Wonokromo, Selter Margorejo, Selter Jemursari, Selter Kertomenaggal, Waru, Sawotratap, Gedangan, Pagerwojo, Sidoarjo, Tanggulangin, Porong. Komuter Porong Surabaya bisa digunakan untuk Porong Sidoarjo, Porong Surabaya, Porong Wonokromo, Porong Margorejo, Porong Kertomenanggal, Sidoarjo Surabaya, Sidoarjo Margorejo dan seterusnya.

Jadwalnya sebagai berikut:


Kesimpulan : 

1. Kereta paling pagi dari Surabaya Gubeng ke Waru adalah KA Komuter 295 berangkat jam 04.09 sampai Waru jam 04.27

2. Kereta paling malam dari Surabaya Gubeng ke Waru adalah KA Komuter 299 berangkat jam 18.00 sampai Waru jam 18.20

3. Kereta paling pagi dari Waru ke Surabaya Gubeng adalah KA Komuter 296 berangkat jam 06.25 sampai Gubeng jam 06.54

4. Kereta paling malam dari Waru ke Surabaya Gubeng adalah KA Komuter 300 berangkat jam 20.12 sampai Gubeng jam 20.18

Terus dari Stasiun Waru ke Terminal Bungurasih deket gan?
Deket gan, cuma 750 meter terjangkau dengan jalan kaki. Tinggal nyebrang jembatan penyeberangan dan jalan kaki sampai menemukan pintu keluar Terminal Bungurasih.


ALTERNATIF KETIGA
By KA Tumapel
Sumber; Postingan agan elite.strike10 di forum Kaskus dan Wikipedia

Selain KA Komuter, agan bisa juga naik KA Tumapel dari Surabaya Gubeng ke Stasiun Waru. Kereta api Tumapel adalah kereta api kelas ekonomi AC yang melayani relasi Malang Kota Baru - Surabaya Kota dan Surabaya Gubeng - Malang Kota Baru.

Mirip dengan KA Komuter, disini agan hanya perlu naik kereta dari Stasiun Gubeng turun di Stasiun Waru, dilanjutkan berjalan kaki 750 meter melewati jembatan penyeberangan dan jalan kaki lagi sampai menemukan pintu keluar Terminal Bungurasih. Harga tiketnya Rp 10.000. Jadwalnya sebagai berikut:




ALTERNATIF KEEMPAT
By Angkot Line F via Term. Joyoboyo/Jalan Ahmad Yani
Sumber; Postingan agan elite.strike10 di forum Kaskus

Caranya keluar dari Stasiun Gubeng Lama agan langsung naik aja angkot Line F warna coklat turun di Terminal Joyoboyo. Dari Joyoboyo agan tinggal naik bis kota Jurusan Terminal Bungurasih.

Cara kedua, keluar dari Stasiun Gubeng Lama agan langsung naik aja angkot Line F kemudian turun di lampu merah bawahnya jalan layang (fly over) Jalan Ahmad Yani (tepatnya di Lampu Merah dekat pintu perlintasan kereta api Stasiun Wonokromo), jalan sedikit kemudian naik bus kota tujuan Terminal Bungurasih. 

ALTERNATIF KELIMA
By Bus Kota 
Sumber; Postingan agan elite.strike10 di forum Kaskus


Caranya keluar dari Stasiun Gubeng Lama agan jalan kaki sekitar 1-2 kilometer menuju Jalan Pemuda (melewati Monuman Kapal Selam), lurus aja sampai nemu perempatan besar dengan air mancur. Dari situ agan belok kiri, jalan beberapa meter sampai menemukan bus kota. Naik bus kota jurusan Bungurasih (busnya ada ekonomi dan AC).


ALTERNATIF KEENAM
By Angkot E + Bus Kota

Dari Terminal Bungurasih ke Stasiun Gubeng:
1. Naik bus kota P6 jurusan Bungurasih-Wilangun dari terminal keberangkatan dalam kota, nanti minta diturunkan di perempatan Jalan Kalibutuh-Jalan Semarang (kondektur biasa menyebutnya 'tembok/tembok sayuran'). Ngomong aja minta diturunkan di tembok. (sekitar Rp 6000-Rp 8000)

2. Dari Jalan Kalibutuh, agan jalan kaki sampai ke Jalan Tidar (sekitar 100-300 m). Jalan Tidar ini cukup panjang, tetapi tidak usah khawatir karena seluruhnya dilalui angkot line E. Dari Jalan Tidar, naik angkot line E, ngomong supirnya minta diturunkan di Stasiun Gubeng. Nanti turunnya tidak di depan Stasiun Gubeng persis, tepatnya agan akan diturunin di sebelum jalan layang. Nanti agan jalan kaki lewat jalan kecil di bawah jalan layang (sekitar 200 meter) sampai ke Stasiun Gubeng. (Rp 5000)

Total Biaya = sekitar Rp 13.000

Dari Stasiun Gubeng ke Terminal Bungurasih:
1. Perhatikan kalau Stasiun Gubeng ada 2 gan, yakni Stasiun Gubeng Lama (biasanya untuk pemberhentian kereta ekonomi) sama Stasiun Gubeng Baru (tempat pemberhentian kereta api bisnis/eksekutif). Jarak antar kedua stasiun tersebut nggak jauh, kalau dari peron tinggal nyebrang aja. Nah nanti agan harus menuju Stasiun Gubeng Lama dulu (exit lewat pintu keluar Barat), dari situ agan jalan kaki sekitar 150 meter ke arah barat sampai nemu Jalan Gubeng Pojok. Naik angkot LINE E dari Jalan Gubeng Pojok sampai Jalan Tidar.(Rp 5000)

2. Dari Jalan Tidar, agan jalan kaki aja sekitar 300 meter ke perempatan Jalan Arjuna/perempatan Jalan Kalibutuh-Jalan Semarang. Dari perempatan Jalan Arjuna/Jalan Kalibutuh-Jalan Semarang, agan naik bus jurusan Bungurasih. (Rp 6000-Rp 8000)

Total Biaya = sekitar Rp 13.000



NB: Kalau keberangkatan asal dari Bandara Juanda, tinggal ditambah naik DAMRI aja (Rp 25.000), turun di Terminal Bungurasih. Dari Terminal Bungurasih, tinggal memilih salah satu dari kedua cara diatas.

NB: Tarif taksi dari Stasiun Gubeng ke Bandara Juanda sekitar Rp 110.000,00 (Blue Bird)

Tarif taksi dari Terminal Bungurasih ke Bandara Juanda sekitar Rp 75.000-Rp 90.000

BONUS:
1. Kalau dari Stasiun Pasar Turi mau ke Stasiun Bungurasih gimana gan?
~ Caranya naik angkot dulu gan dari Stasiun Pasar Turi turun di Terminal Joyoboyo. Dari Joyoboyo naik angkot/bus kota ke Bungurasih.

2. Stasiun paling dekat sama Terminal Bungurasih apa gan?
~ Stasiun Waru gan, jaraknya sekitar 750 meter dari Terminal Bungurasih (jarak jalan kaki). Terdekat kedua ada Stasiun Wonokromo gan, jaraknya 7 kilometer. Naik taksi mungkin sekitar Rp 30.000 sd Rp 50.000.


NB:Intinya jangan malu bertanya ya gan. Keep happy, keep backpacking!!

25 comments:

  1. terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

    BalasHapus
  2. kalau keluar dr stasiun gubeng dan mau naik lyne E, pastikan exit dr stasiun lewat pintu tinur (gubeng baru)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi naik angkot Line E dari Jalan Gubeng Pojok bisa juga fellas :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Gan kalo dr terminal bungurasih ke stasiun gubeng ane saranin naik bus kota damri jurusan bungurasih - tanjung perak (ane lupa kode bus nya) cuma 6000 rupiah, nanti turunnya di halte basuki rahmat (sebelah mall TP) nah dari situ bisa jalan kaki ke stasiun gubeng (tapi agak jauh kurang lebih 2km, but if you a traveller its okey karena agan bisa lihat pemandangan jalanan protokol tengah kota surabaya yakni lewat gedung grahadi sebagai gedung negara dan tempat kerja gubernur Jatim, lewat monumen kapal selam, tengah kota surabaya) tapi bisa juga naik taksi mungkin sekitar 25rb (agak berputar karena one way). Itu aja saran saya dari pada harus ke tembok dukuh yg menurut saya terlalu jauh dan susah kalau belum pernah. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarannya bagus juga gan, bagi yang mau mencoba saran agan diatas boleh juga.

      Hapus
  5. Kalau dari stasiun wonokromo k bungurasih taxi brp y? Smpe sana tengahmalam soalnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarak keduanya sekitar 7,1 kilo, naik blue bird mungkin sekitar 50ribuan

      Hapus
  6. Gan, tanya, dari stasiun wonokromo naik taksi ke airport juanda brapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaraknya 17-18 km, mungkin sekitar 80-90ribu mbak.
      Acuan: Gubeng-Juanda 25 kiloan kena 110rb (blue bird)

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Mau nanya nih, stasiun di Surabaya yg paling dekat dgn Terminal Bungurasih mana ya?
    Thanks untuk jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg paling dekat stasiun waru...

      sekitar 5 km ke utara ada stasiun wonokromo...

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Klo dari stasiun Wonokromo ke bandara juanda kira2 brp menit ya klo naik taxi ??

    BalasHapus
  11. Waw infonya detail sekali.
    Saya dari solo, mau naik kereta ekonomi ke surabaya dan lanjut ke terminal purabaya. Kira2 mnrt mas baiknya turun distasiun mana supaya mudah ke terminal purabaya. Sblm n ssdahnya trma ksih bnyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam, kalau keretanya berhenti di stasiun wonokromo lebih baik turun disana karena lebih dekat ke purabaya.

      Hapus
  12. Waw infonya detail sekali.
    Saya dari solo, mau naik kereta ekonomi ke surabaya dan lanjut ke terminal purabaya. Kira2 baiknya turun di stasiun mana supaya mudah ke terminal purabaya, soalnya sampai surabata tengah malam. Sblm n ssdahnya trma ksih bnyak

    BalasHapus
  13. Waw infonya detail sekali.
    Saya dari solo, mau naik kereta ekonomi ke surabaya dan lanjut ke terminal purabaya. Kira2 baiknya turun di stasiun mana supaya mudah ke terminal purabaya, soalnya sampai surabata tengah malam. Sblm n ssdahnya trma ksih bnyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. sorry for late reply, karena tengah malam, lebih baik turun di stasiun wonokromo, lanjut naik taksi ke bungurasih/purabaya (jaraknya sekitar 7 kilo).

      kalau siang hari bisa naik KA Komuter Porong/Delta Express/Komuter SUSI/Komuter Supor, naik dari stasiun gubeng turun di stasiun waru, lanjut jalan kaki sejauh 750 meter ke terminal bungurasih. Tapi KA Komuter ini maksimal ssampai jam 18.00 saja (dari gubeng ke waru), dan maksimal jam 20.18 9dari waru ke gubeng)

      Hapus
  14. Infonya setau saya dari gubeng naik commuter line dr stasiun gubeng ke stasiun waru , terus jalan kaki dari stasiun waru ke terminal bungurasih. Saya juga mau perjalanan dengan rute yg sama bln depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bagus juga gan, ane tambahkan informasinya di postingan atas ya

      Hapus