Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

11.18.2016

Serangan Beruang (Bagaimana Untuk Menghindari Mereka dan Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kita Diserang)

SUMBER MATERI : Artikel ini merupakan terjemahan Bahasa Indonesia dengan sedikit perubahan dan tambahan gambar. Baca artikel aslinya disini: BEAR ATTACKS: How to Avoid Them and What to do if Attacked

Peta persebaran geografis beruang di Amerika Utara (SUMBER)

Serangan beruang memang bukan hal umum terjadi pada manusia, namun faktanya akhir-akhir ini serangan beruang menjadi lebih banyak dibandingkan masa lalu. Alasan peningkatan serangan ini adalah karena perpindahan manusia ke area pedalaman dimana para beruang tersebut hidup. Alasan lainnya adalah semakin banyak manusia yang melakukan kegiatan alam seperti berkemah dan naik bukit/gunung di area beruang hidup.

Pengetahuan yang cukup adalah salah satu kunci untuk mengurangi kemungkinan anda akan diserang beruang, dan bisa membantu anda bertahan jika anda diserang. Hal-hal penting yang harus diketahui meliputi: persebaran geografis spesies beruang; bagaimana cara mengidentifikasi beruang; bagaimana cara menghindari pertemuan dengan beruang; apa yang harus dilakukan saat bertemu beruang dan apa yang harus dilakukan saat anda diserang. Dengan mengetahui informasi ini dan mempraktekkannya mungkin bisa menyelamatkan hidup anda.

Beruang dan Persebaran Geografisnya
Di Amerika Utara ada tiga tipe beruang yakni beruang hitam, beruang grizzly (juga disebut sebagai beruang coklat di daerah pesisir Alaska dan Kanada), serta beruang kutub. Beruang kutub dianggap merupakan jenis yang paling berbahaya intuk manusia, diikuti oleh beruang grizzly, kemudian beruang hitam. Beruang hitam mempunyai persebaran geografis paling luas, bisa ditemukan di sepanjang Kanada, Alaska, bagian barat dan timur Amerika Serikat dengan sebagian kecil dari habitatnya juga tersebar di bagian tengah dan selatan tengah Amerika Serikat. Beruang grizzly bisa ditemukan di Washington, Montana, Wyoming, Idaho, Alaska, dan bagian barat Kanada. Beruang Kutub, seperti namanya, hanya akan ditemukan di daerah kutub utara dari Kanada, Alaska, Rusia, dan semua Greenland.
Beruang Hitam (SUMBER)

Beruang Grizzly, perhatikan punuk otot pada bahu depannya untuk membedakan dengan beruang hitam (SUMBER)

Beruang Kutub (SUMBER)

Persebaran geografis ketiga jenis beruang tersebut terlihat memiliki tumpang tindih. Beruang hitam dan beruang grizzly keduanya bisa ditemukan di Montana, Alaska dan bagian barat Kanada. Terdapat beberapa area-area kecil di Alaska dan Kanada dimana ketiga jenis beruang dapat ditemukan.

Mengidentifikasi Beruang
Warna putih dari beruang kutub membuat mereka mudah untuk dikenali. Namun, diperlukan sedikit pengetahuan untuk membedakan beruang grizzly dengan beruang hitam. Mampu membedakan kedua jenis beruang tersebut sangat penting jika anda berada di area dimana kedua jenis beruang tersebut hidup.

Warna bulu tidak selalu 100% efektif untuk mengidentifikasi spesies beruang, seperti beruang hitam tidak selalu mempunyai bulu hitam. Kedua jenis beruang ini bisa memiliki warna coklat gelap yang sama sampai bulu coklat pirang untuk beruang grizzly.

Beruang hitam yang memiliki buku coklat gelap seperti beruang grizzly tetapi tidak mempunyai punuk (SUMBER)

Pada bagian punggung mereka diantara kedua bahu depan, beruang grizzly biasanya mempunyai semacam punuk otot (dimana beruang hitam tidak memilikinya). Karakteristik lain yang membedakan adalah ukuran. Seekor beruang grizzly umumnya satu setengah sampai dua kali lebih besar dari beruang hitam pada usia dan kelamin yang sama.
Jika anda mencari jejak beruang yang masih baru/segar, perhatikan tanda cakar untuk menentukan spesies. Beruang hitam memiliki cakar yang lebih pendek dan lebih melengkung dari beruang grizzly. Tidak peduli jenis spesies apa yang meninggalkan jejak, lanjutkan dengan hati-hati, seperti anda tahy, seekor beruang mungkin ada di dekat area itu.

Menghindari Pertemuan dengan Beruang
Cara satu-satunga untuk menjamin anda menghindar dari bertemu beruang adalah menjauh dari area-area dimana beruang hidup. Untuk beberapa orang hal ini tidak menjadi pilihan sebab mereka menyukai naik gunung, bersepeda di alam, berburu, berkemah, atau hanya berada di alam. Jika anda adalah geolog atau ilmuwan lingkungan, pekerjaan anda mungkin mengharuskan anda untuk berada di area tempat tinggal beruang. Jadi ketika anda harus berada di area tempat tinggal beruang, ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan pertemuan dengan beruang.

Ketika Naik Bukit/Gunung
Buat kehadiran anda diketahui ketika anda hiking. Jangan menjadi pejalan kaki yang terlalu diam dan menciptakan suasana sunyi. Jalanlah beramai-ramai, semakin banyak orang akan semakin meriah. Membuat kebisingan seperti berbicara atau menyanyi akan memberikan peringatan dini untuk beruang bahwa mereka tidak sendirian. Gangguan ini akan memungkinkan mereka ini berjalan menjauh dari kebisingan untuk menghindari pertemuan.
Waspadalah dengan tanda-tanda kehadiran beruang seperti cap jejak kaki ataupun bekas cakarang beruang. Jika mungkin, hindari daerah makan beruang seperti tempat tumbuhnya buah berry dan tepi sungai di mana beruang mungkin makan atau minum. Hiking pada tengah hari akan mengurangi kemungkinan bertemu dengan beruang, karena mereka kurang aktif pada saat itu.

Ketika Berkemah
Makanan adalah kemungkinan terbesar penyebab karena beruang memasuki area perkemahan anda. Asosiasi Konservasi Taman Nasional menyarankan anda untuk mengantongi ganda dan menggantung makanan Anda minimum pada jarak 14 kaki di atas tanah dan setidaknya 4 kaki dari batang pohon. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk menggantung makanan Anda, Anda bisa menempatkannya di wadah plastik sealable. Jika Anda menggunakan kontainer, itu adalah ide yang baik untuk meletakkan makanan di dalam mobil anda.

Jangan letakkan tenda anda di dekat tempat gantungan makanan atau mobil dimana makanan disimpan. Bau makanan tersebut masih bisa menarik perhatian beruang, jika itu terjadi, anda harus memastikan bau makanan tersebut mempunyai jarak yang cukup aman dari tenda. Jarak yang disarankan adalah 100 yards (91,44 meter). Jika jarak tersebut tidak mungkin dibuat (karena area yang tidak mencapai 100 yards), buat jarak antara tenda dan tempat penyimpanan makanan anda, atau tempat anda makan, sejauh mungkin.  Makanan pembungkus, sisa makanan dan piring kotor juga dapat menyebabkan aroma makanan di udara. Jangan menyimpannya di dekat tenda.

Anda juga harus menempatkan tenda di area dimana anda akan memiliki visibilitas yang baik. Hindari menempatkan tenda di semak belukar,karena Anda tidak akan dapat melihat beruang mendekat.

Pertemuan Jarak Jauh dengan Beruang
Jika Anda melihat beruang di kejauhan segeralah kembali menjauh, setidaknya beberapa ratus yards (beberapa ratus meter) dan temukanlah rute lain. Jika rute lain tidak tersedia, tunggu 20 sampai 30 menit sebelum kembali menyusuri jalan setapak. Ketika kembali menyusuri jalan setapak, pastikan membuat kebisingan untuk peringatan dini kepada beruang tentang kehadiran anda.Hal ini akan memungkinkan beruang untuk tahu bahwa Anda datang dan tidak membuat mereka takut sehingga membuatnya bersiaga ke modus serangan. Hal ini juga akan memberinya cukup waktu untuk keluar dari jalan Anda.

Pertemuan Jarak Dekat dengan Beruang
Pertemuan jarak dekat adalah ketika Anda menemukan beruang cukup dekat sehingga mengakibatkan baik jantung anda maupun beruang berdetak dengan sangat cepat. Disini, kemampuan untuk mengidentifikasi beruang sangat berguna - karena diperlukan jenis tindakan yang berbeda pula untuk jenis beruang.

Jika anda bertemu dengan beruang hitam saat anda menyusuri rute pendakian, anda harus berhenti, tetap berdiri di atas tanah dan menilai situasi. Jika beruang tidak langsung datang ke arah Anda, langkah terbaik adalah perlahan-lahan mundur sementara mengawasi beruang untuk memastikan itu tidak mengikuti Anda. Jika beruang hitam mulai datang ke arah Anda, buat diri anda sebesar mungkin dan dengan suara keras suruh beruang pergi. Jika beruang terus datang pada Anda, gunakan semprotan beruang Anda ketika ia sudah berjarak sekitar 20-30 kaki (sekitar 6-9 meter) untuk mencegahnya semakin datang mendekat.

video
Video cara menggunakan semprotan beruang (SUMBER)

Dalam kasus terjadi pertemuan dekat di area perkemahan anda dan Anda tahu itu adalah beruang hitam, coba yakinkan beruang untuk pergi. Setelah Anda tahu beruang itu memiliki jalur pelarian yang jelas di mana ia tidak akan menemui manusia lainnya, berdiri tegak dan melihat beruang sambil berkata "Pergi dari sini beruang" dengan suara keras. Terus melakukan ini sampai beruang pergi. Jangan berteriak seperti orang panik, karena hal ini bisa menakut-nakuti beruang dan menyebabkan serangan. Ambil semprotan beruang atau tongkat yang kuat dalam kasus beruang sudah dalam jarak terlalu dekat dengan anda. Ini akan mencegah beruang dari serangan yang sebenarnya.

Jika Anda bertemu jarak dekat dengan beruang grizzly, ingat bahwa mereka jauh lebih agresif dari beruang hitam dan lebih sulit untuk mencegah. Berdiri diam, jaga mata anda tetap memandang beruang dan tunggu reaksinya. Jika grizzly datang terlalu dekat, Anda dapat mencoba semprotan beruang ntuk menghentikannya dari membuat kontak dengan Anda. Jika beruang tetap menjaga jarak, secara perlahan berjalanlah mundur darinya sementara mata anda tetap memandang beruang. Ingatlah untuk tidak pernah berpaling atau lari dari beruang.

Serangan: Kontak Fisik
National Park Service membagi serangan beruang menjadi dua kelompok yakni 1) serangan defensif dan 2)serangan predator. Belajar bagaimana mengenali jenis serangan apa yang terjadi akan memungkinkan Anda secara tepat menghadapi serangan ini. Jangan pernah lari ketika beruang sedang dalam modus serangan, karena mereka jauh lebih cepat dari anda. Selain itu, mereka melihat respon cepat dari anda sebagai hewan yang melarikan diri dan akan mengejar anda.

Kebanyakan serangan beruang adalah serangan defensif. Mereka disebut serangan defensif karena beruang umumnya tertangkap basah oleh kehadiran manusia. Dengan kejutan seperti itu, insting mereka bereaksi untuk melindungi diri mereka, anak-anak mereka dan makanan mereka. Serangan predator jarang dilakukan oleh beruang grizzly ataupun beruang hitam. Beruang kutub, pada sisi lain, telah dikenal bisa melacak dan menyerang manusia.

Melindungi Diri Anda dari Serangan Defensif
Serangan defensif adalah jenis serangan yang paling umum dari beruang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika serangan beruang berupa serangan defensif. Beberapa tindakan beruang yang umum adalah serbuan lompatan, gerakan serbuan palsu menuju ke arah anda, melakukan gerakan tamparan pada tanah, mengeletakkan gigi dan menunjukkan ekspresi kemarahan. Ini adalah cara beruang mengatakan, "Saya tidak tahu anda atau apa yang Anda lakukan di sini tapi Anda tidak diterima." Kadang-kadang beruang akan berdiri di atas kaki belakangnya untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik dari anda dan bau yang lebih jelas untuk menentukan apakah anda ancaman bagi mereka. Jika beruang tidak menyerang setelah gerakan ini, perlahan-lahan mundur sambil menghadap beruang. Jangan mengubah posisi tubuh membelakangi beruang atau lari dari beruang yang ketakutan.

Jika beruang membuat kontak fisik dengan Anda dalam serangan defensif, yang terbaik adalah untuk bermain mati dalam upaya untuk meredakan situasi. Sementara di tanah berbaringlah telungkup sembari jari-jari anda saling bertautan di atas leher dan menyebar siku dan kaki sehingga lebih sulit bagi beruang untuk menggulung dan membanting anda lebih lanjut; atau meringkuk dengan posisi seperti janin dengan jari-jari anda saling bertautan di atas leher anda.

Dalam serangan defensif, beruang tidak berniat untuk memakan anda - dia hanya mencoba untuk menghilangkan ancaman tersebut. Umumnya, setelah beruang yakin bahwa ancaman tersebut telah dieliminasi, dia akan pergi. Terus berbaring di tanah selama setidaknya 20-30 menit untuk memastikan beruang tersebut tidak mengintai di sekitar anda. Jika serangan terus terjadi dan anda merasa beruang tidak akan pernah meninggalkan anda, melawan dengan senjata mungkin merupakan pilihan terakhir. Gunakan semprotan beruang jika anda belum menggunakannya untuk mencegah dari serangan. Biasanya batu dan tongkat adalah satu-satunya senjata yang tersedia, jadi pastikan untuk membidik wajah. Berkonsentrasilah membidik pada titik-titik sensitif seperti hidung dan mata.

Melindungi Diri Selama Serangan Predator
Dalam serangan predator beruang bermaksud untuk menjadikan anda sebagai makan malam. Lakukan hal apapun yang bisa diakukan untuk mencegah anda menjadi makanan beruang berikutnya. Jika anda memiliki pistol, gunakan itu. Jika anda memiliki semprotan beruang, gunakan itu. Jika anda hanya memiliki tongkat dan batu, tujuan pada daerah-daerah yang paling sensitif (biasanya di area wajah seperti hidung dan mata). Dalam serangan predator masalah hidup dan mati sangat dekat, sehingga lakukan segala kemungkinan untuk menyelamatkan hidup anda.

 Melakukan apapun yang diperlukan untuk tidak menjadi makan berikutnya. Jika Anda memiliki pistol, menggunakannya. Jika Anda memiliki menanggung semprot, menggunakannya. Jika Anda hanya memiliki tongkat dan batu, bertujuan untuk daerah yang paling sensitif. Daerah-daerah tersebut akan di wajah, fokus terutama pada hidung dan mata. Dalam serangan predator itu adalah masalah hidup dan mati, sehingga melakukan segala kemungkinan untuk menyelamatkan hidup Anda.

Lindungi Diri dengan Pengetahuan
Mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menghindari pertemuan dengan beruang dan apa yang harus dilakukan jika Anda bertemu tatap muka dengan beruang adalah cara terbaik untuk aman.

0 comments:

Poskan Komentar