Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

12.28.2016

Pengalaman pesan bus EKA (Surabaya-Solo) via bosbis.com

Sumber gambar : DISINI

Mungkin banyak yang belum tau kalau sekarang bisa pesan bis maupun travel via online, situs tersebut bernama www.bosbis.com. Disini aku akan menceritakan pengalaman pesan online bus EKA via bosbis sewaktu liburan natal (high season untuk transportasi).

Aku pesan tiket bus EKA jurusan Surabaya-Solo pada Kamis tanggal 22 Desember 2016 setelah kebingungan karena hampir semua tiket kereta api untuk liburan natal sudah habis. Setelah hunting singkat via bosbis.com, aku mendapatkan bus EKA hari Sabtu 24 Desember 2016 berangkat jam 08.00 pagi dengan titik keberangkatan dari Garasi EKA-MIRA seharga Rp 85.000. Selanjutnya, aku masih bingung. Apakah booking via bosbis.com bisa dipercaya? Ah aku pasrah saja, jikalau tidak bisa ya nggak jadi pulang.

Berikut langkah-langkah booking tiket bus/travel via bosbis.com:

1. Download aplikasi bosbis di Play Store

2. Klik pilihan menu dan pilih 'cari keberangkatan'

3. Tentukan kota keberangkatan, kota tujuan dan tanggal keberangkatan
4. Pilih bus / travel/ shuttle yang diinginkan

5. Tentukan titik keberangkatan, Nomor kursi bus/travel/shuttle, Data pemesan (nama lengkap, email, nomor telepon, dan tanggal lahir) dan Data penumpang



6. Klik booking tiket


7. Konfirmasi data

8. Pembayaran (bisa via bank transfer, kartu kredit, mandiri clickpay, ATM virtual account, serta jaringan Alfasgroup)
9. Konfirmasi pembayaran (kembali ke menu utama dan pilih konfirmasi pembayaran, masukkan data Kode Booking, nama pemilik rekening bank yang digunakan untuk membayar tiket, nomor rekening, nama bank, jumlah transfer dan catatan)

10. Setelah pembayaran terkonfirmasi maka E-tiket akan dikirimkan via email

11. Print E-tiket untuk digunakan check in di titik temu.

Pada E-tiket, penumpang dianjurkan datang di titik pertemuan selambat-lambatnya satu jam sebelum jam keberangkatan. Tetapi waktu aku datang jam 7.00 (satu jam dari keberangkatan), malah belum ada petugas EKA sama sekali. Jadi tidak masalah datang jam berapa yang penting sebelum jam keberangkatan.

Setelah tiba di garasi EKA-MIRA Jalan Raya Gilang 10 di Taman, Sidoarjo, agan langsung aja menuju ke ruang tunggu (setelah gerbang masuk ada di sebelah kanan). Di ruang tunggu ini agan tunggu saja petugas EKA, setelah datang bisa langsung check in dengan menunjukkan identitas asli.

Setelah check in jika masih bingung bus EKA mana yang bakal agan tumpangi, agan minta tolong saja petugas untuk menunjukkan bus agan. Mereka baik dan ramah kok, bahkan aku diantarkan sampai ke busku.

Jika pesen online via aplikasi bosbis, kita hanya akan diberi 4 pilihan tempat duduk yakni A1, A2, A3 dan A4 (2 baris bangku terdepan di sebelah kiri). Sisa bangku lainnya adalah untuk penumpang non online. Nah pas masuk bis kalau agan mau pindah tempat duduk tidak masalah. Nanti sewaktu kondektur narikin uang tiket, agan tunjukkan aja E-tiket agan mereka udah paham. Oiya, harga yang kita bayar itu belum termasuk makan di RM Duta ya jadi nanti kalau mau nambah makan nambah uang Rp 12.000.

Nah itulah pengalamanku pesen bis EKA via bosbis. Aku puas sih, meskipun sistem pemesanan online ini belum lama diluncurkan, tapi sudah sangat membantu. Jangan ragu pesan bus/travel/shuttle via bosbis!

NB; Oiya, aplikasi bosbis ini tidak hanya untuk pesan bus/travel/shuttle di Pulau Jawa saja lo, ada juga beberapa provinsi lainnya seperti di bawah ini:

1. Aceh; 
2. Beberapa bandara (Juanda Surabaya, Kualanamu Medan, Soekarno Hatta Cengkareng, Soekarno Hatta Jakarta dan Sultan Iskandar Muda Aceh); 
3. Bali; 
4. Banten; 
5. Bengkulu; 
6. DI Yogyakarta; 
7. DKI Jakarta; 
8. Jawa Barat; 
9. Jawa Tengah; 
10. Jawa Timur; 
11. Kalimantan Selatan; 
12. Kalimantan Tengah; 
13. Kalimantan Timur; 
14. Lampung; 
15. Riau; 
16. Sulawesi Barat; 
17. Sulawesi Selatan; 
18. Sumatera Barat; 
19. Sumatera Selatan dan 
20. Sumatera Utara.

8 comments:

  1. postingannya kerren dan membantu...

    BalasHapus
  2. mau mudik nih tiket kereta abis wkwkwk. alamat nge bosbis. aman kan yaa? soalnya perjalanan jauh nih, tiketnya pun 700 ribu -_-. kalo amblas kan lucu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman gan...kmrn ane Surabaya-Bali PP 400 ribuan booking pakai bosbis aman semua. Perjalanan lancar.

      Hapus
  3. Saya sangat suka artikelnya, ini sangat membantu masyarakat dalam memesan tiket bus, tidak perlu jauh2 ke terminal, antri, apalagi mengahadapi banyak calo, belum lg harga yg diberikan kadang tdk sesuai dg harga resmi dari PO, dg pesan lewat online masyarakat akan semakin dimudahkan Dan transparan..sukses terus ya

    BalasHapus
  4. Di Halaman Konfirmasi pembayaran ada kolom catatan. Yang ingin saya tanya, kolom catatan diisi apa?

    BalasHapus