Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

3.06.2011

Cerita Film - DEAR JOHN (spoiler)

Theatrical Release Poster

Alur Cerita :
John Tyree (Channing Tatum), seorang Sersan dalam Pasukan Khusus Amerika Serikat, dalam adegan awal terlihat terbaring di tanah di tengah pertempuran dengan luka tembak ke tubuhnya. Di adegan lain, koin-koin mulai jatuh di atasnya, dalam sulih suara, ia ingat perjalanan masa kanak-kanaknya ke Departemen Percetakan uang logam AS. Dia menganggap dirinya sebagai koin di Militer Amerika Serikat, dan menyatakan bahwa hal terakhir yang ia pikirkan sebelum ia pingsan adalah "kamu". Tidak dijelaskan lebih lanjut siapa "kamu" yang dimaksud oleh John.

Tahun 2001, John sedang cuti dari kemiliteran Angkatan Darat ketika ia bertemu Savannah Lynn Curtis (Amanda Seyfried), seorang mahasiswi yang sedang menghabiskan liburan musim seminya untuk kegiatan kemanusiaan. Perkenalan mereka berawal dari John yang mengambilkan tas Savannah yang terjatuh ke laut. Selama dua minggu bersamaSavannah dan John pun  jatuh cinta. John juga bertemu keluarga Savannah, tetangganya Tim Wheddon (Hen
ry 
Thomas), dan anak Tim, Alan (Lukas Benward) yang menderita autisme.
Adegan awal saat John baru saja berkenalan dengan Savannah sehabis mengambilkan tas Savannah yang terjatuh ke laut
Adegan saat John mulai berkenalan dan berbincang dengan Savannah, John mulai tertarik dengan Savannah sejak itu

Adegan saat John mengajarkan kepada Savannah "seberapa besar bulan itu, ukurannya tidak akan pernah melebihi jempolmu" yang diingat Savannah sampai lama sesudahnya

Adegan saat Savannah dan John berciuman di tengah hujan, di bawah rumah yang dibangun Savannah dan teman-temannya untuk kemanusiaan


Adegan saat John membantu Savannah dengan kegiatan sosialnya membangun rumah. Sebenarnya alasan utama John tentulah supaya bisa bertemu dengan Savannah seharian.

Adegan kemesraan Savannah dan John di rumah John.

Sejak berciuman di tengah hujan, John dan Savannah resmi berkencan dan mengunjungi banyak tempat

Savannah menyanyikan lagu "Little House" untuk John, salah satu adegan paling romantis.

Savannah dan John saat bermesraan di pinggir pantai H-1 sebelum berpisah

Savannah juga bertemu ayah John (Richard Jenkins), seorang penyendiri yang hanya tertarik 
pada koin. John mengatakan padaSavannah obsesi ayahnya dengan koin telah mengganggu hubungan mereka, dan mereka menjadi tidak dekat lagi. Savannah berkata kepada John bahwa ayahnya, seperti Alan, mungkin autis. Ini menyinggung John, dimana dia langsung marah kepada Savannah, dan setelahnya berjalan pulang sendiri dan di perjalanan pulang sempat bertengkar dengan teman Savannah, Randy (Scott Porter) dan tanpa sengaja memukul Tim. 

Savannah dan John berangkulan sebelum John marah karena Savannah menyatakan ayah John mungkin menderita autisme seperti Alan

Keesokan harinya, John mengunjungi rumah Savannah untuk minta maaf. Saat mengunjungi rumah Savannah sebelum Savannah pergi ke sekolah, John bertemu Tim. John meminta maaf kepada Tim, meninggalkan catatan untuk Savannah, dan setelah berbaikan mereka menghabiskan satu hari terakhir bersama. 

Adegan saat Savannah dan John berbaikan setelah bertengkar, sebelum Savannah harus kembali ke sekolah

Setelah berpisahJohn dan Savannah memulai hubungan jarak jauh melalui surat. Meskipun John merencanakan akan meninggalkan tentara dalam 12 bulan, serangan 11 September 2001 membuat konflik baru untuknya, apakah dia harus mengabdi kepada negaranya atau pulang kepada Savannah, dan ia akhirnya memilih untuk kembali mendaftar perpanjangan tugas.
Adegan saat Savannah membaca surat dari John


Adegan saat John membaca surat dari Savannah di pesawat

Akhirnya selama dua tahun berikutnya, John dan Savannah berhubungan melalui surat. John mulai khawatir saat sudah 2 bulan Savannah belum membalas suratnya yang terakhir. Pada akhirnya, Savannah mengirimkan surat "DearJohn", memberitahukan bahwa ia telah bertu
nangan dengan orang lain. John, sangat tertekan oleh berita itu, akhirnya dia membakar semua surat-surat Savannah dan memutuskan tidak pernah menghubungi Savannah lagi.
Adegan saat John membaca surat pengkhianatan dari Savannah

Setelah itu, dalam sebuah patroli wilayah di Iraq, John ditembak dua kali oleh musuh ,dan saat sudah mendapat perawatan di Jerman dan telah sembuh, dia menolak untuk menuruti perintah atasannya yaitu pulang ke rumah, malahan dia kembali mendaftar untuk perpanjangan tugas. Selama empat tahun berikutnya, John mengambil bagian dalam berbagai misi. Saat menunggu untuk menerima perintah dimana unitnya akan ditugaskan, John diberitahu bahwa ayahnya terkena stroke. Ketika John tiba di rumah sakit, dokter memberitahu dia bahwa ayahnya dalam kondisi serius. 

Adegan saat John membacakan surat terakhir untuk ayahnya sebelum ayahnya meninggal. Momen yang mengharukan.

John, merasa bersalah bahwa dia tidak ada di samping ayahnya saat ayahnya sakit, bertanya kepada dokter apakah hasilnya akan berbeda jika saat itu dia ada di samping ayahnya. Dokter tidak berpikir begitu, dan John menulis surat kepada ayahnya, yang dibacakannya kepada ayahnya di rumah sakit. Dari hal ini kemudian penonton akan tersadar bahwa sulih suara John di awal film itu dari surat ini, di mana ia mengatakan kepada ayahnya bahwa hal pertama yang melintasi pikirannya setelah dia ditembak adalah koin, dan hal terakhir yang ada dipikirannya sebelum ia kehilangan kesadarannya adalah "kamu". "Kamu" yang dimaksud adalah ayahnya, yang adalah orang terpenting di hidupnya. Tak lama kemudian, ayahnya meninggal. 

Adegan ketika Savannah dan John bertemu lagi setelah sekian lama.

John kemudian mengunjungi Savannah. Ia kemudian menyadari bahwa pria yang dinikahi Savannah adalah Tim, dan bahwa Tim menderita kanker. Savannah memberitahu John bahwa
Tim tidak mendapat kemajuan di rumah sakit dan membutuhkan obat percobaan dimana mereka tidak mampu membayar. John mengunjungi Tim di rumah sakit, di mana Tim meminta maaf kepada John untuk situasi ini, tetapi mengatakan bahwa ia senang anaknya akan selalu memiliki seseorang untuk merawatnya. Tim juga berkata bahwa Savannah masih mencintai John. 

Setelah pulang ke rumah kembali, John dan Savannah makan malam bersama, dan saat akan pergi John berkata selamat tinggal padanya, tidak seperti dahulu ketika akan berpisah mereka pasti akan saling berkata, " aku akan menjumpaimu segera". Keduanya menangis sewaktu berpisah. Menangisi karena sebenarnya mereka berdua saling mencintai, tapi tidak akan pernah bisa saling memiliki.
Adegan sewaktu John meminta penjelasan kepada Savannah kenapa Savannah meninggalkannya begitu saja dan malah menikah dengan orang lain.

John akhirnya menjual semua koleksi koin ayahnya, tetapi tetap menyimpan 1 koin yang pernah dia dan ayahnya temukan pertama kali. Dengan nama anonim (tidak menyebutkan namanya) dia menyumbangkan semua uang itu untuk membiayai pengobatan Tim . Adegan berikutnya menunjukkan John kembali dengan unit-nya, dengan menggunakan  1 koin yang dia simpan untuk menunjukkan apa yang harus dilakukannya dengan unitnya, apakah beristirahat atau meneruskan perjalanan. Sesaat sesudahnya, John mendapat surat tak terduga dari Savannah. Dia menulis tentang bagaimana dia menerima sumbangan anonim untuk membantu Tim dengan pengobatannya, yang memberinya kesempatan untuk kembali ke rumah dan mengucapkan selamat tinggal kepada teman dan keluarga sebelum ia meninggal. Dia menulis bahwa dia akan selalu bertanya-tanya di mana John dan apa yang dia lakukantapi menerima bahwa dia kehilangan hak untuk mengetahui hal tersebut sejak waktu yang lamaDalam adegan terakhir film tersebut, di tengah kota, John menuntun sepeda di pinggir jalan dan, setelah berhenti untuk mengunci sepedanya, matanya bertemu dengan mata Savannah melalui jendela kafe.Savannah keluar kafe, dan mereka berangkulan.
Adegan ketika John bertemu kembali dengan Savannah secara tidak sengaja di kota. Tidak dijelaskan lebih lanjut apakah mereka kembali berkencan atau tidak.

4 comments:

  1. nice article, lagi belajar nulis juga semoga bisa jadi kaya sampean hehe http://leonardfresly.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Maaf, tapi sebenarnya dalam novel dan film ini Tim tidak meninggal dunia. Yang dimaksud "time to say goodbye" adalah ucapan selamat tinggal Savannah pd Tim (bercerai) krn Tim sudah sembuh berkat pengobatan yang di biayai oleh John. Alasan Savannah mau menikah dengan Tim adalah hanya karena Savannah ingin membantu Tim memastikan anaknya (Alan) di asuh oleh orang yang benar2 baik bila kelak Tim meninggal dunia. Dan justru Tim sembuh dan Savannah bisa bersama2 lagi dgn John. Itulah sebab kenapa di akhir cerita Savannah mengirimkan surat kepada John bahwa mereka akan bertemu lagi. CMIIW... >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, saya menginterpretasikan Tim meninggal karena di bagian akhir film Savannah bilang, "....or the last 2 months I've spent with him (Tim), I realised time always run out.."

      Dari situ saya menginterpretasikan pada bagian akhir versi film, Tim meninggal. Tapi kalau di novel diceritakan Tim sembuh, tetap hidup dan Savannah tetap mendampinginya.

      Hapus