Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

7.29.2011

Gunung Tertinggi di Dunia, apakah Everest?

GUNUNG EVEREST 
(GUNUNG TERTINGGI di DUNIA=jika diukur dari permukaan air laut)
Keindahan Gunung Everest dengan salju putihnya

 Hampir semua orang tahu bahwa Gunung Everest yang ada di rantai Pegunungan Himalaya adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.850 meter dpl (29.035 feet above sea level). Banyak pendaki yang datang dari seluruh dunia tertantang untuk menaklukan gunung ini. 

Tetapi tidak semua orang mengetahui bahwa gunung tertinggi ini dulunya, jutaan tahun yang lalu, adalah dasar dari samudra Hindia yang terangkat karena adanya tumbukan antara Lempeng Eurasia dan Indo Australia dimana keduanya adalah lempeng benua. Tumbukan ini mengakibatkan kedua lempeng naik, sehingga berdasarkan penelitian, Gunung Everest mengalami peningkatan ketinggian sebesar 1 cm per tahun. Bukti bahwa dahulunya puncak Everest adalah dasar laut adalah ditemukannya fosil pada puncak gunung ini.



GUNUNG MAUNA KEA 
(Gunung terpanjang di dunia dan tertinggi di dunia jika diukur dari permukaan kerak bumi)
Gunung Mauna Kea di pulau Hawaii yang berbentuk perisai
Sumber: George Kourounis

Jika dilihat dari ketinggian di atas permukaan laut, Gunung Mauna Kea yang ada di Kepulauan Hawaii memang masih kalah jauh ketinggiannya dibandingkan Gunung Everest yakni hanya 4.205 meter dpl (13.796 feet above sea level). Tetapi, ada rahasia terselubung yang dimiliki gunung Mauna Kea ini, karena sebenarnya, dia adalah gunung tertinggi di bumi jika bumi tidak ditutupi oleh perairan. 


Ya, Mauna Kea adalah sebuah pulau yang dibentuk oleh aktivitas magma setempat yang disebut hotspot. Karena hotspot yang membentuk kepulauan Hawaii ini berada di tengah Samudra Pasifik, tentulah akan ada sebagian dari gunung Mauna Kea yang tenggelam di dasar laut. Dan bagian yang tenggelam itu tidak main-main, mencapai sekitar 6000 meter atau 6 kilometer.


Jadi keseluruhan tinggi dari gunung Mauna Kea dari dasar samudra sampai ke atas mencapai lebih dari 10.000 meter. Dan karena Mauna Kea sekarang ini adalah gunung yang tepat berada di atas hotspot kepulauan Hawaii, maka ketinggiannya akan terus meningkat.


Karena yang digunakan sebagai dasar perhitungan internasional adalah ketinggian dari permukaan air laut, maka Mauna Kea harus mengalah kepada Everest.



GUNUNG CHIMBORAZO 
(Gunung tertinggi jika diukur dari pusat bumi)
Sejak dari SD, jika masih ingat kita pasti sudah diajarkan bahwa bumi itu berbentuk bulat, tetapi tidak bulat sempurna, melainkan pepat di kedua kutubnya. Penjelasan ini membawa kita ke satu lagi rekor yaitu adanya gunung tertinggi dari pusat bumi yaitu Gunung Chimborazo yang ada di Ekuador.

Gunung Chimborazo bisa memiliki rekor tersebut meskipun hanya memiliki ketinggian 6310 meter dpl (20.703 feet above sea level) karena mereka terletak di bagian bumi yang menggembung ke samping, yaitu pada bagian ekuator, sehingga akan semakin menjauhkan jaraknya dari pusat bumi. Berdasarkan data yang ada, Gunung Chimborazo berjarak 6384 kilometer dari pusat bumi, lebih jauh 2 kilometer dari jarak Gunung Everest ke pusat bumi.

Keindahan Gunung Chimborazo yang tertutup gletser

Gunung ini sekarang statusnya adalah dormant atau istirahat, terakhir meletus tahun 550 AD ± 150 tahun. Terbentuk sebagai akibat subduksi antara Lempeng Amerika Selatan dengan Lempeng Nazca.


sumber: geology.com (dengan pengembangan)

0 comments:

Poskan Komentar