Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

9.09.2011

Cara booking tiket Air Asia

Bagi yang belum pernah booking tiket Air Asia (AA) dan berniat mau booking tapi masih bingung, berikut akan saya share cara-caranya berdasar pengalaman saya.

Note:
- bagi yang ingin membooking tiket untuk perjalanan ke luar negeri tidak punya paspor dulu tidak apa-apa, nanti ID ditulis nomor KTP. Cuma belum bisa mencetak boarding pass sebelum mempunyai paspor.
- siapkan kartu debit / kredit untuk pembayaran. Untuk pembayaran penerbangan roundtrip (Ex: Jakarta-Bangkok-Jakarta) bisa menggunakan Klik BCA, CIMB Cliks, semua kartu kredit, ataupun E-Gift voucher. Untuk penerbangan dari luar negeri ke luar negeri maupun luar negeri ke Indonesia (ex: KL-Bangkok, KL-Jakarta) harus menggunakan kartu kredit.

Be a member first.
1. Untuk mempermudah dan menghindari hal yang tidak diinginkan, maka lebih baik kita daftar dulu menjadi member Air Asia. Karena ada banyak keuntungan jika kita mendaftar, salah satunya adalah kita bisa mengecek booking yang pernah kita lakukan, memodifikasi booking, mengeprint lagi boarding pass, mendapatkan newsletter promo terbaru, dll. Go to airasia.com dan pilih menu sign up.

Choose the flight
1. Setelah login sebagai member, maka tinggal mencari penerbangan yang kita inginkan.

2. Setelah memilih penerbangan dan berapa guest atau tamu yang berangkat, centang kotak dalam box syarat dan ketentuan dan klik continue. Maka setelahnya akan muncul biaya penerbangan yang sudah ditambah dengan biaya lain-lain. Disini kita akan disuruh memasukkan data diri kita dan guest. Jika sudah menjadi member, maka otomatis data sudah terisi. Tinggal mau diedit atau kalau sudah benar klik next.

3. Setelahnya akan ada pilihan 'pilih tamu'. Jika kita hanya berangkat seorang diri, hal ini bisa dilewatkan.

4. Setelahnya kita akan disuruh mengisi data penumpang. Jika sudah sampai menu bagasi, maka kita akan disuruh milih mana yang sesuai dengan berat bawaan kita. Ada 5 pilihan:
a. Tidak menggunakan bagasi 
Jika milih ini (tidak dikenakan biaya), maka kita harus yakin bahwa berat barang bawaan kita besok harus kurang dari sama dengan 7 kg. Jika milih ini, berarti barang bawaan kita akan dimasukkan ke kabin pesawat, dan syaratnya adalah barang bawaan tersebut harus muat jika dimasukkan ke tempat di bawah kursi pesawat depannya, atau dikabin atas. Ada ukuran maksimal untuk tas yang bisa masuk ke kabin selain beratnya. Maksimal boleh membawa 2 tas (dengan kombinasi tas ransel, tas tangan, dan tas laptop) jika memilih layanan ini.

b. Regular (berat tidak melebihi 15 kg) harga per bagasi sekitar Rp 99.000

c. Medium (berat tidak melebihi 20 kg) harga per bagasi sekitar Rp 115.000


d. Large (berat tidak melebihi 25 kg) harga per bagasi sekitar Rp 142.000


e. Extra Large (berat tidak melebihi 30 kg) harga per bagasi sekitar 175.000


Harga per item untuk bagasi bisa berbeda-beda tiap bandara keberangkatan. Tarif di atas menggunakan patokan di Bandara keberangkatan Kuala Lumpur, jika penerbangan dari Indonesia lebih murah. Jika book bagasi sekalian online, bisa irit sekitar 30 %. Dapat diskon gitu deh.


Note: "Hati-hati dengan peraturan bagasi penerbangan Air Asia. Lebih baik barang bawaan kita ditimbang dulu untuk memastikan. Soalnya lebih 1 kg saja akan didenda sekitar Rp 20.000."

  
Nb: Untuk penerbangan domestik di Indonesia, sekarang harus membeli bagasi minimal 15 kg seharga Rp 40.000,00

5. Setelah itu akan ada pilihan mau beli paket makanan atau tidak, ini optional.


6. Setelahnya akan ada pilihan paket kenyamanan dan peralatan olahraga (bagi yang membawa peralatan olahraga ke pesawat), jika tidak memerlukan keduanya, jangan centang, klik next aja.

7. Setelah itu akan ada penawaran asuransi, jika menerima tinggal klik Ok saja. Jika tidak, klik cancel di sebelah tulisan Air Asia Insurance lalu OK. Kemudian setelahnya klik No, thank you.

8. Setelah itu akan ada tahap pemilihan kursi. Ada dua pilihan yaitu Hot Seat dan Standart Seat. Hot Seat biasanya adalah kursi-kursi dengan tempat yang strategis dengan ruangan ekstra untuk kaki. Booking hot seat akan dikenakan biaya Rp 95.000. Sedangkan standart seat adalah kursi-kursi biasa, untuk memilihnya dikenakan biaya Rp 18.000. Jika nggak milih kursi, maka kita akan diberitahu kursi kita yang mana saat check in di Bandara atau saat sudah print boarding pass. Jika tidak mau milih kursi, tinggal klik confirm, kemudian saat ada pertanyaan 'Do you want to skip seat allocation?' klik OK/yes.

9.  Setelah itu tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Untuk pembayaran penerbangan roundtrip (Ex: Jakarta-Bangkok-Jakarta) bisa menggunakan Klik BCA, CIMB Cliks, semua kartu kredit, ataupun E-Gift voucher. Untuk penerbangan dari luar negeri ke luar negeri maupun luar negeri ke Indonesia (ex: KL-Bangkok, KL-Jakarta) harus menggunakan kartu kredit.

10. Jika tersambung dengan printer, pengeprintnan boarding pass bisa dilakukan saat itu. Jika tidak, silakan meminta boarding pass di emailkan atau menuju manage my booking.

Mudah kan? Happy traveling. :-)


0 comments:

Poskan Komentar