Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

12.26.2012

Bikin VOA India di New Delhi: Nggak Usah Takut!

UPDATE: Desember 2015, VOA India untuk pemegang paspor Indonesia masih berlaku. Hanya sekarang namanya berganti menjadi ETV (E-Tourist Visa). ETV harus diurus sebelum keberangkatan ke India (minimum 4 hari sebelum keberangkatan) secara online dengan biaya sama yakni 60 USD/single entry/berlaku 30 hari. Selesai pembayaran, ETV akan dikirim melalui email dan print out-nya harus dibawa saat ke India. Bandara yang bisa menerima VOA antara lain berada di kota: 

Ahmedabad, Amritsar, Bengaluru, Chennai, Cochin, Delhi, Gaya, Goa, Hyderabad, Jaipur, Kolkata, Lucknow, Mumbai, Tiruchurapalli, Trivandrum dan Varanasi.

Untuk syarat-syarat dan proses pembuatan ETV, silahkan meluncur ke postingan cara membuat E-Tourist Visa India.

###############################

Oke guys, berbekal pengalaman gue backpackeran ke India 21 Agustus sampai 2 September 2012 kemarin, gue mau share gimana cara pembuatan VOA India di New Delhi ini. First, apa aja sih syaratnya? Nih dia...

1. Tiket pesawat PP (datang dan meninggalkan India). Jangan lebih dari 1 bulan ya, soalnya dengan VOA max cuma bisa sebulan di India.

2. Bukti booking hotel/hostel/penginapan di kota pertama. Aku kemarin mengunjungi 6 kota, bukti yang aku bawa cuma bukti penginapan di New Delhi aja (kota pertama persinggahan). Bisa.

3. Fotokopi paspor.

4. Formulir yang sudah diisi sebelumnya. Formulir ini akan dikasih saat didalem pesawat menuju India. Saat ada pertanyaan, "Berapa uang yang dibawa?" dijawab aja "GOOD".

5. Uang cash (dolar atau rupee) sebesar 60 USD. Mending bayar pakai USD, kalau rupee kemarin mereka minta 3300 Rupee.Lebih mahal. 

6. Pas foto 3x4 dengan latar belakang putih 2 lembar. Sebenarnya warna apa aja boleh backgroundnya, gue kemarin merah, ada juga yang biru. Cuma buat yang universal aja putih.

Nanti tinggal antri di konter VOA yang berada di bawah tangga sebelum imigrasi. Antrinya lumayan lama cz pekerjanya lelet banget. Saat udah didepan imigrasi, mereka biasanya akan bertanya hal-hal mendasar seperti udah nulis bener belum, dibilangi "mohon dibaca dengan cermat petunjuk sebelum mengisi form", apakah punya keturunan Pakistan, dll. Intinya jangan bilang ke India dengan alasan selain holiday karena aplikasi visa bisa ditolak. VOA memang hanya khusus untuk keperluan holiday.


Konter VOA di Indira Gandhi International Airport
Sumber: Dokumentasi pribadi


Setelah itu paspor asli kita akan diminta dan diberi cap kedatangan, bukan stiker kalau seperti kita bikin di Jakarta. Intinya selama syarat lengkap dan tujuan holiday, maka aplikasi akan diterima. Tidak sulit kok. Jangan takut, selamat mencoba membuat VOA India.

NB: Ini adalah pengalaman di New Delhi, di kota lain tentu saja bisa berbeda tergantung imigrasinya. Semoga lancar jaya!

0 comments:

Poskan Komentar