Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

11.17.2015

Penitipan Motor di Pelabuhan Gresik + Informasi Kapal Gili Iyang

Postingan ini saya buat menyusul kebingungan dari para traveller/backpacker untuk menitipkan motornya di Pelabuhan Gresik kala akan berkunjung ke Pulau Bawean. Beberapa sumber mengatakan tidak ada penitipan motor di Pelabuhan Gresik, demikian juga sewaktu saya membuktikan sendiri dengan bertanya kepada satpam pelabuhan maupun petugas penjaga tiket, memang tidak ada penitipan motor di Pelabuhan Gresik.
Rute ke penginapan Pulau Putri

Sekarang tidak masalah lagi karena anda bisa menitipkan motor di Penginapan Pulau Putri yang berada sekitar 20 meter sebelah kiri pintu keluar pelabuhan. Dari loket pembelian tiket, anda hanya perlu berjalan sekitar 200 meter kearah pintu keluar pelabuhan, kemudian belok ke kiri masuk ke gang kecil. Pintu keluar pelabuhan yang saya maksud adalah pintu yang dijaga satpam.

Biaya penitipannya murah, Rp 5000/24 jam. Dipastikan aman karena penginapan ini buka 24 jam dan ada penjaganya. Hanya jangan lupa minta kertas bukti penitipan karena pas saya menitipkan dulu awalnya sempat nggak dikasih. Alesannya gak punya kertas kwitansi.

Last, Happy Travelling safely di Pulau Bawean. Anda bisa tenang karena motor sudah dijaga sehingga bisa menikmati keindahan Pulau Bawean - Pulau Gili - Pulau Noko dengan maksimal.

FAQ
1. Bisa nggak gan beli tiket kapal Gili Iyang on the spot dan jamnya mepet?
~ Bisa gan, beli tiket kapal Gili Iyang harus on the spot. Beli tiket jamnya mepet juga bisa selama tiketnya masih ada (kapal Gili Iyang berangkat jam 21.00, misalkan agan beli tiket jam 19.00 bisa). Konsekuensinya apa kalau beli mepet? Agan mungkin bisa nggak dapat tempat tidur di Kapal Gili Iyang, dan harus bawa tikar/alas untuk tiduran di lantai kapal. Oya, jangan lupa bawa fotocopy KTP saat beli tiket, harga tiketnya Rp 69.000/dewasa dan Rp 52.000/anak-anak. Masih ditambah biaya lain-lain Rp 4000/orang jadi totalnya Rp 73.000. Tapi biasanya petugas tiket mintanya Rp 75.000/dewasa gan.

2. Apa aja gan yang harus dipersiapkan untuk naik Kapal Gili Iyang?
~ Tikar/alas/matras untuk tidur di lantai kapal. Hal ini dikarenakan tempat tidur yang disediakan di Kapal Gili Iyang berjumlah sedikit banget gan, nggak sebanding dengan total jumlah penumpang yang kadang membludak. Jumlah tempat tidur yang sedikit itu juga kadang sudah ditag duluan oleh para calo-calo nakal. Untuk menggunakan jasa calo 'tag tempat tidur' ini dikenai biaya Rp 40.000 sd Rp 50.000. Nanti agan tinggal ngasi tas/kerdus yang berisi barang tidak terlalu berharga ke calo, nanti dia yang akan mencarikan tempat tidur dengan menaruh barang/kerdus tersebut diatas tempat tidur. Oya ada juga kamar VIP gan, aku sendiri kurang tau apa fasilitas tambahan yang ada di kamar itu. Yang jelas untuk ke kamar VIP harus mengeluarkan ekstra biaya lagi dan jumlahnya terbatas.

~Untuk urusan makan/minum, tidak menjadi masalah karena di Gili Iyang ada kantinnya kok gan yang buka 24 jam.

~Antimo bagi yang mabuk laut. Perjalanan 10 jam dengan Gili Iyang bukan perkara mudah gan, hehehehe, saat sudah di tengah-tengah Laut Jawa, siap-siap perut diaduk-aduk.

3. Kayak apa sih gan tempat tidur di dalam kapal Gili Iyang?
Kondisi tempat tidur KMP Gili Iyang

Kelebihan dapat tempat tidur:
~ Bisa tidur dengan nyaman (nggak dilangkah-langkahin orang kalau kaya tidur di lantai kapal)
~ Barang aman
~ Nggak kena angin berlebihan

Kekurangan dapat tempat tidur:
~ Kalau bagian samping kapal sudah pada ditutup pakai terpal putih disini terasa panas banget gan. Kalau tidur di lantai kapal, tidak usah kuatir karena bagian samping kapal yang terbuka itu kalau malam ditutup pakai terpal putih gan. Jadi angin nggak terasa kencang banget.

4. Ada Musholla dan kamar mandi nggak gan?
~Ada gan. Kamar mandinya juga cukup bersih, cuma kadang sedikit tergenang.

5. Berapa jam gan naik Gili Iyang sampe Bawean?
~Sekitar 9 sampai 10 jam gan.

6. Jadwal kapal Gili Iyang?
Jadwal kapal ke Pulau Bawean
Sumber: baweantourism.com

FYI: Pelabuhan Paciran berlokasi di Kabupaten Lamongan, berjarak lumayan jauh dari Pelabuhan Gresik.

7. Tarif kendaraan naik Gili Iyang?
Tarif kendaraan di KMP Gili Iyang
Sumber: bawean.net

Info: Kalau mau bawa motor naik KMP Gili Iyang dari Pelabuhan Gresik, agan mesti menggunakan jasa kuli angkut yang membantu menaikkan motor agan ke kapal. Hal ini dikarenakan tidak ada sandaran kaki pelabuhan yang biasa digunakan untuk motor melintas ke kapal. Kalau di Pelabuhan Paciran/Pelabuhan Bawean sudah ada sandaran kaki pelabuhan sehingga tidak perlu kuli angkut.

Any Question?
085 7299 365 60

0 comments:

Poskan Komentar