Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

3.18.2016

Surabaya, 18 Maret 2016: Mengurus PASPOR hilang di Kantor Imigrasi Kelas 1 Waru Surabaya

Pas nggak dibutuhin tiba-tiba nongol terus, pas mau dibutuhin malah ilang. Itulah paspor ane, dan sampai sekarang ane masih nggak habis pikir dimana paspor itu sekarang. Seisi rumah di Solo udah aku obrak-abrik, tas-tas aku bukain, kos di Surabaya aku obrak-abrik. Nihil, tak ada. Tak ada cara lain, harus mengurus paspor hilang. Sumpah ane sebenernya males banget berurusan dengan birokrasi yang ribet harus kesana kemari. Tapi ane nggak punya pilihan lain. Akhir Juni udah harus ke India, paspor pengganti harus dibuat secepatnya, karena ane baca bikin paspor pengganti karena hilang bisa memakan waktu bulanan.

Awalnya ane mikir kalau kehilangan paspor itu prosedurnya cukup mudah. Kita tinggal bikin baru lagi, bilang aja sama petugas imigrasinya kalau kita belum pernah punya paspor. SALAH BESAR, hehehe. Dengan sistem online seperti sekarang ini, data paspor lama kita akan sangat mudah terdeteksi oleh petugas sehingga permohonan paspor baru kita akan ditolak. Jadi sebaiknya pakai cara resmi dan sesuai aturan saja.

Apa langkah awal yang harus kita lakukan saat akan mengurus paspor hilang? Ini kasus di Surabaya, tapi semoga bisa buat gambaran untuk kasus di tempat lain juga. Biayanya semua ane cantumin.

1. Buat laporan kehilangan di Polsek setempat.
Ane lapor di Polsek Sawahan, Surabaya. Sewaktu diinterogasi Pak Polisi, ane nggak ditanya detil kok. Bahkan nggak nanya ilangnya bagaimana. Cuma nanya data diri, kehilangan apa, nomor paspornya berapa, suruh ngecek, langsung diprint dan ditanda tangan. Selesai dan gratis.

Total biaya: Gratis

2. Siapkan syarat-syarat yang dibutuhkan seperti:

a. surat laporan kehilangan dari polisi (poin 1),

b. fotocopy KTP (posisi atas bawah),

c. fotocopy KK,

d. fotocopy Akta Lahir/Ijazah (Maks SMU),

e. surat keterangan kerja dari kantor,

f.  fotocopy bagian depan paspor lama (kebetulan ane punya scan-nya). Kalau nggak punya scan-nya nggak pake ini nggak apa-apa kayaknya. Namanya juga ilang kan.

Semuanya dicopy di kertas A4. Buat jaga-jaga difotocopi aja masing-masing 2x gan. Kalau kelupaan ada yang belum dicopi, di imigrasi Waru ada fotocopian. Cuma antrinya kadang agak aduhai. Tapi pekerjanya super cepat kok fotocopinya.

Total biaya : Gratis (fotocopi di kantor soalnya)


Selanjutnya, beginilah pengalaman ane:

Hari 1, Senin 14 Maret 2016
Berangkat dari kantor (Jalan Tidar) ke Imigrasi Waru yang jaraknya gak maen-maen 16 kilometer ditemani macet dan sinar matahari yang membakar. Sialnya nggak tau kalau batas pendaftaran jam 10.00 alhasil nyampe Imigrasi Waru jam 11.30 udah lari-lari dibilang suruh kembali besok sebelum jam 10.00. Siaaal, 32 km sia-sia tenaga dan bensin. Tips: Kalau mau mendaftar untuk membuat paspor baru pengganti, datanglah ke Kantor Imigrasi Waru antara 7.30 sd 10.00 pagi gan.

Total biaya:
Parkir motor imigrasi Rp 2000
Bensin Rp 20.000
Total 22.000

Hari 2, Selasa 15 Maret 2016
Berangkat dari kantor lagi jam 9.00 pagi (spesialis dipepet) karena masih ada kerjaan yang masih dilakukan. Sampai imigrasi Waru jam 09.45. Setelah parkir motor, segera lari-lari masuk menuju meja informasi. Sama mbak resepsionis, ane bilang kalau mau bikin paspor pengganti baru karena yang lama hilang. Sesaat kemudian, mbaknya memberi satu map hijau dengan selembar formulir di dalamnya (gratis). Disuruh ngisi dulu dengan bolpoin hitam dan huruf balok. Setelahnya disuruh menemui Mas Walindo di bagian kantor pelayanan WNA.

Sampai di Mas Walindo, segera menyerahkan berkas dan kemudian berkasnya diterima. Sempat ditanya juga kenapa kok bisa hilang. Terus disuruh fotocopy KK dulu ukuran A4 (ane fc ukuran F4). Ane segera meluncur ke fotocopyan dan menyelesaikan syaratnya sebelum kembali ke Mas Walindo lagi.

Sampai di Mas Walindo lagi, berkas saya kembali diperiksa. Setelahnya dia membuat catatan diatas berkas kita. Setelah urusan disini clear, ane disuruh naik ke lantai 2 untuk menunggu wawancara dengan Wasdakim. Wawancara ini untuk membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk kasus hilangnya paspor kita.

Nunggu sekitar 45 menit, akhirnya ane dipanggil juga pertama kali. Petugas yang wawancara ane mbak-mbak yang masih muda. Ditanya-tanya tentang data diri, kronologis hilangnya paspor, terakhir dipake kemana dan tanggal berapa, kerja dimana, mau dipake kemana lagi paspornya. Pertanyaan seputar itu. Kalau bisa jawabnya yang tegas dan jangan berbelit-belit, jangan sampai membuat pernyataan ganda berbeda jauh yang akan membuat pewawancara ragu dengan pernyataan kita. Ane cuma diwawancara sekitar 20 menit setelah itu diberi info untuk menunggu jadwal cap jari dan foto. Info cap jari dan foto bisa kapan akan diberitahu lewat sms/telfon (diatas map hijau tadi kita isi nomor telepon).

Udah gitu aja. SERIUS.

Ane pikir bakal dimarah-marahin karena menghilangkan dokumen negara. Ternyata pelayanan imigrasi Waru sangat baik dan cepat. Dalam hati ane berjanji, kalau udah dpt paspor baru, ane akan jaga itu paspor baik-baik. Nggak akan sampai hilang lagi.

Dengan wawancara untuk BAP ini bukan berarti permohonan kita untuk membuat paspor baru diterima ya gan. Hehehe. Berkas kita akan diperiksa dulu oleh Kepala Wasdakim dan Kantor HAM untuk ditelisik, apakah kita layak untuk mendapatkan paspor baru. Ditolak? Bisa aja kalau kita kehilangan paspor karena alasan kelalaian. Kalau sudah disetujui oleh Kepala Wasdakim dan Kepala Kantor HAM, maka permohonan paspor baru kita bisa diterima dan diproses.

Total biaya:
Parkir imigrasi Rp 2000
Fotocopi Rp 2000
Total Rp 4000

UPDATE: Jumat, 18 Maret 2016
Ane belum dapat kabar apa-apa dari imigrasi. Semoga secepatnya lah. Doain ya Fellas. Nanti ane update lagi kalau udah dikabarin.


UPDATE
Selasa, 22 Maret 2016
Sore-sore, sekitar jam 16.00, akhirnya ane ditelfon oleh imigrasi Waru Surabaya gan. Ane dikabarin suruh datang besok pagi ke ruangan Wasdakim sebelum jam 09.00, mencari Bapak Nugraha dengan membawa berkas-berkas asli (KTP, KK, Akte Lahir).

Asyik!! Syukurlah!! Semoga besok udah bisa cap jari sama foto.

Rabu, 23 Maret 2016
Sampai Imigrasi Waru jam 08.00, ane segera menuju ke Ruang Wasdakim dan mencari Pak Nugraha. Setelah ketemu ane disuruh fotocopi berkas-berkas BAP dan persetujuan penggantian paspor dari kantor HAM yang jumlahnya berjibun sebanyak 5 kali, habisnya sampai 35ribu. Selesai fotocopi segera ane bawa kembali ke Pak Nugraha. Setelah memberi catatan singkat, ane langsung disuruh antri ambil nomor antrian untuk foto dan cap jari di lantai bawah.

Antri untuk mengambil nomor antrian cukup panjang tapi tenang saja, cepat kok gan. Berkas-berkas asli akan diperiksa oleh petugas imigrasi sewaktu mengambil nomor antrian ini. Karena ane bukan dari permohonan jalur umum, melainkan dari paspor hilang (dari Ruang Wasdakim), maka antrian ane khusus. Kebetulan dapat antrian A008.

Belum 20 langkah, nomor antrian ane sudah dipanggil untuk ke loket 5. Segera saja menuju loket 5, disuruh menunggu sebentar kemudian difoto dan cap jari (kesepuluh jari). Pas disini, ane bilang mau bikin Epaspor. Karena kasusnya kehilangan, maka ane kena denda setara harga paspornya. Jadi ane harus bayar Rp 1.255.000 (600.000 untuk biaya pembuatan paspor, 600.000 untuk denda dan 55.000 untuk biaya biometrik foto dan cap jari). Disuruh membayar agak siangan karena tagihannya belum muncul di BNI kalau dibayar langsung. Informasinya Epaspor ane 7-10 hari baru bisa diambil.

Nb: Kalau agan mau buat yang paspor biasa (bukan Epaspor), maka biayanya Rp 655.000 (300.000 untuk biaya pembuatan paspor, 300.000 untuk denda dan 55.000 untuk biaya biometrik foto dan cap jari).

Siangnya, sekitar jam 14.00, ane ke BNI dan sudah bisa membayar. Dikenai biaya 5000 untuk administrasi sehingga totalnya menjadi Rp 1.260.000

SELESAI!! Tinggal menunggu EPASPOR jadi!! Senengnya!!!

Jadi begitulah gan pengalaman ane mengurus sendiri paspor hilang di Kantor Imigrasi Waru Surabaya. Ane nggak cuti/izin sama sekali karena untuk mengurus ini nggak butuh waktu seharian juga gan. bagi yang paspornya hilang, ane sarankan mengurus sesuai prosedur saja gan. Dijamin aman dan menurut ane pelayanan imigrasi Waru sangat profesional dan ramah gan. Semoga berhasil :)

Total biaya:
Parkir imigrasi 2000
Fotocopi BAP 35.000
Bayar paspor 1.260.000
Parkir BNI 2000
Total: 1.299.000

TOTAL waktu dibutuhkan : 7 hari kerja (15 Maret 2016 sd 23 Maret 2016)
TOTAL biaya keseluruhan: Rp 22.000 + Rp 4.000 + Rp 1.299.000 = Rp 1.325.000



UPDATE: 
28 Maret 2016
E-Paspor ane udah jadii!!!!
Cepet banget, cap 4 jempol untuk Imigrasi Waru Surabaya!!

67 comments:

  1. denger2 ada tulisan DUPLIKAT nya ya gan kalo pernah hilang?

    BalasHapus
  2. klo ga punya scan paspor lama dan gak apal nomor paspornya gimana ya gan urus surat kehilangannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung minta ke kepolisian aja.. Waktu itu punya saya sudah hilang, expired pula. Ga punya fotocopy sama sekali. tetep minta surat kehilangan ke Polisi, nanti lebih lanjutnya akan di interview bagian WEaskadim

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ilang sendiri gan di rumah, gak tau dimana. Mungkin keselip.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Ilang sendiri gan dirumah paspornya, aku alasannya paspor jatuh di jalan soalnya tas bolong.

      Hapus
    2. Hahahaha samaaa, punya saya juga hilang dirumah tapi alasannya hilang dijalan, jatuh.. Saat ambil paspor jadi di Imigrasi, paspor saya yg sudah dinyatakan hilang ditemukan didalam koper, nyelempit ternyata T.T

      Hapus
  5. kalau misalnya paspornya baru terus belum sempet dipake kemana2 tapi ilang gitu memang permohonan pengajuan pembuatan paspor bisa ditangguhkan sampe 2 tahun ya? Tolong pencerahannya saya udh desperate:"""

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau gan, langsung ditanyakan ke Imigrasi saja gan. Kalau rumahnya jauh, coba telfon kantor imigrasinya.

      Hapus
  6. terimakasih atas postingannya yang sanagat membantu. sya juga ingin bap passpor. APakah cukup dengan hanya waktu 10 hari ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Mau bap juga. Abis tanya2 ke orang wasdakim normalnya seminggu pengurusan kala gk kena penangguhan. Ini takutnya kena penangguhan aja. Padahal 1 april udah mesti berangkat. Karna saya mau kontrol ke malaka, disuruh melampirkan bukti diagnosa dari sana buat menguatkan alasan supaya nggak ditangguhkan. Keliatan nya simple. Tp gk tau juga ni gimana nya.

      Hapus
    2. @Siti Mei Saroh Seperti penjelasan diatas, waktu dari datang pertama ke imigrasi- BAP-sampai cap jari dan foto itu semingguan.. nah setelah foto dan cap jari, biasanya epaspor jadi seminggu setelahnya mbak.

      Hapus
    3. @Arif wibowo kalau alasannya paspor hilang masuk akal dan logis saya rasa tidak akan ditangguhkan

      Hapus
  7. Maun nanya dong, pspor sya juga ilang gtu aja dirumah entah ilangnya kmana. Tpi paspor sya papor tkw pspor krja yg urus smua dari agen pnyalur tpi biasa lah umur dirubah tahunny aja di tuain 3thun. Trus klo mau BAP bkin baru sesuai yg asli diktp n akte bisa ga ya?

    BalasHapus
  8. Mau nanya paspor baru yg dikasi masa berlakunya mulai 28 Maret 2016 smpe 2021?
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Mas mbak mohon dijawab yaa 😭 passport ku ditahan ortu karena aku beda keyakinan sm ortu. Aku ni mualaf dan ortu nahan ktp dan passports ku. Gimana nih gan.. tolong dijawab secepatnya. Soale bln juni aku ada flight ke UAE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mbak niat diurus paspor hilang mbak. Tapi saya nggak merekomendasikan karena ada masalah pribadi disini. Lebih baik diselesaikan dahulu masalahnya dan ortunya diberi pengertian.

      Hapus
    2. kalo lapor kehilangan pun KTP juga ditahan... Repot

      Hapus
    3. Setau saya KTP tidak ditahan, hanya memberikan fotocopy KTP sebagai identitas lapor ke Polsek.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. kalau paspor yg hilang adalah paspor biasa, apakah bisa mengajukan paspor online sebagai gantinya ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Krn paspor hilang sama dengan bikin baru

      Hapus
    2. Setahu saya tidak bisa, kalau hilang ya harus bikin laporan kehilangan dulu di Polsek, kemudian melewati prosedur lewat BAP seperti yang saya rincikan diatas. Permohonan paspor online kan setau saya untuk yang baru bikin.

      Hapus
  12. Izin nanya ya.. untuk kantor imigrasinya bisa dimana aja atau harus di tempat kita domisili atau paspor sebelumnya di release?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana saja bisa. Saya bikin paspor pertama di Kantor Imigrasi Surakarta. Hilangnya entah di Surakarta/Surabaya, lapornya di Polsek Sawahan, Surabaya. BAP paspor hilang dan buat papsor baru di Kantor Imigrasi Waru, Surabaya.

      Hapus
    2. kalau sekarang apa masih bisa mas?bukannya harus dtempat asal kita buat paspor dlu?misal djkt ya kita balik ke jkt..mhn pnjlsannya.trima kasih mas.

      Hapus
  13. Mas mbak saya mau nanya aq kan orang jogja mau bwt paspor disurabaya tpi kasus ya sama jga paspor sya hilang,,,minta surat kehilanganya dikantor kepolisan masing2,apa dideket kantor imigrasi kita buat paspor jga bsa mintanya surat kehilangan yg p3nting dikantor kepolisian walaupun beda kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin surat laporan kehilangan tergantung hilang paspornya dimana, hilangnya di Jogja atau Surabaya? Kalau hilang di Jogja ya lapor ke Polsek Jogja, demikian juga kalau hilang di Surabaya lapor ke Polsek Surabaya. Untuk pembuatan paspor baru bisa di Jogja/Surabaya. Kalau Surabaya sudah bisa bikin Epaspor.

      Hapus
    2. Ok,,,tpi klo paspor q yg hilang msh hidup 1th kira2 kena denda gak?

      Hapus
    3. Paspor hilang pasti kena denda, entah masih berlaku atau tidak. Dendanya setara dengan harga paspor itu sendiri.

      Hapus
    4. mbak kalo udah pernah kestempel visa,kira2 dipermasalahain nggk?meski belum pernah kepakek tuh paspor a visa nya..
      terus apa perlu buat laporan kehilangan kekedutaan keluarnya visa??? makasih..:))

      Hapus
    5. Bikin laporan kehilangan di polisi, kemudian langsung menghubungi kedutaan ybs mas,tks

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Dulu paspor saya hilang diluar negeri. Dan waktu pulang ke indo saya pakai paspor laksana.
    Kira2 bisa tdk mngajukan paspor penggant?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Lapor kehilangan dulu di polisi, habis itu baru mengikuti sesuai langkah saya diatas

      Hapus
  16. maaf mau tanya, surat keterangan kerja itu memang dibutuhkankah? kalau lihat di syarat yang dikeluarkan imigrasi kok tidak disebutkan ya? saya juga mau ngurus kehilangan paspor. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, surat keterangan kerja hanya syarat tambahan. Tidak wajib disertakan. Thanks for visit.

      Hapus
  17. Mas mau nanya, wkt ngurus passport yg hilang itu pake fotocopy KTP biasa atau E-KTP? Soalnya KTP ku ini msh yg biasa dan belum ngerekam untuk E-KTP 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai E-KTP. Nanti langsung tanya ke imigrasinya saja, bisa pakai KTP biasa atau tidak.

      Hapus
  18. Saya mengurus paspor hilang di Kanimsus Medan tidak pakai wawancara gan. Seminggu stelah menyerahkan dokumen langsung diberikan BAP dan persetujuan penggantian paspor dan langsung disuruh foto tanpa fotokopi BAP. Sepertinya ane beruntung ya haha. Tapi ane memang krhilangan karena dirampok sih.

    BalasHapus
  19. Sy kerja di luar negri sy kehilangan paspor wkt kerja tes sy kembali ke indonesia mggunakan splp atau surat laksana paspor trs sampai indonesia sy ke imigrasi kls 1 sby.sy langsung kumpulkan semua persyaratan dan lgsung keruang BAP smpi di BAP sy di tanya2 alasan kehilangan paspor dannn setelah itu tanya ini itulahhh segala mcm..akhirnya mereka memutuskan utk sy menunggu 1 bln utk paspor baru sy...wkt yg sgt lama bgttttt tapi apa boleh di kata sy cm diam nurut mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak gpp diikuti saja prosesnya, yg penting tetep bisa dapat paspor baru.

      Hapus
  20. paspor saya hilang diluar negri trs saya pake paspor pl,, ada surat ket dri imigrasi LN bhwa paspor sy hilang,, apakah masih harus ada surat ket, dri kepolisian mas, qlo boleh minta nomer tlpon imigrasi surabayanya donk, kebetulan saya domisili sumatra

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap buat aja laporan hilang polisi buat jaga2. nomor telepon imigrasi surabaya langsung googling aja kak kurang tau yg update

      Hapus
  21. Kira2 pertanyaan apaa aja yang bakal di wawancarai? N contoh sampai bisa di tangguhkan tu kalo kita jawabnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Hilangnya kapan?
      2. Dimana?
      3. Kronologi hilangnya gimana?
      4. Kemana aja sebelum paspornya hilang?
      5. Rencana mau dibuat kemana paspor barunya?
      6. Kapan perginya?
      7. Apa pernah kehilangan paspor juga sebelumnya?

      ditangguhkan mungkin saja tergantung imigrasinya. Ditangguhkan misal kalau jawab paspornya sengaja dibuang, hehe, which is tidak mungkin. Ditangguhkan mungkin jika pernah ada kasus overstay, atau dianggap orang yg mencurigakan, dicekal utk keluar negeri, dll.

      Hapus
  22. Mba mau tanya kan passport saya hilang di situ saya baca persyarataan nya Akta lahir dan ijasah asli dan kbtulan juga hilang pertanyaan nya apakah bisa menggunakan Foto copy ijazah ? Gak harus yg asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ada ijazah asli. Jika nggak ada ijazah/akte bisa menggunakan akta nikah.

      kalau nggak ada juga ya ijazah/akte yg hilang diurus dulu mbak

      Hapus
  23. mbak mau tanya :...
    paspor saya hilangnya diliaur negri , jadi pas disana saya bingung pulangnya, akhirnya saya pulang jalur belakang , jadi gimana cara ngurus paspor barunya lagi?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal ikuti sesuai langkah saya diatas kak. pastikan hal awal yang dilakukan buat laporan kehilangan ke polisi dulu.

      Hapus
  24. mau nnyak itu wajib banget ktp asli dibawa ? kalau kondisinya hilang paspor dan ktp gimana ya ??

    BalasHapus
  25. Kak pasport ku juga gatau dimanaa nyempil dimana pun ga tau. Alasannya pas ditanya sama org imigrasi nya jawab apa kk? Mohon sahre kak. Biar ga gugup gitu jawabnya. Karna emng gatau ilang smn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan hilang di jalan aja kak, jatuh atau gimana gitu. Pokoknya jangan menunjukkan kalau itu murni kelalaian kamu.

      Hapus
  26. Kak, kalo saya paspornya rusak padahal baru bikin. Rusak karena kena noda kue. Kira2 kalo bikin gantinya ditangguhkan tidak ya?

    BalasHapus
  27. Kak, kalo saya paspornya rusak padahal baru bikin. Rusak karena kena noda kue. Kira2 kalo bikin gantinya ditangguhkan tidak ya?

    BalasHapus
  28. kalau paspor ditangguhkan, dan buat lain imigrasi bisa, apakah di LN tidak terjadi apa2

    BalasHapus
  29. Pasport sya taun 2004/2009 hlg,tp stlh sya cek d imigrsi data² sya gda,pihak imigrasi mnyarankn sya tuk bikin paspor bru,
    Yg sya tkutkn adlh nnt d saat sya bikin paspor bru malah data² nongol lg
    Sya nie bingung,krn atas saran pihak imigrasi jg sya ud dftar online bikin pasport bru
    Tlg pncerahannya
    Trima ksih

    BalasHapus
  30. Hello,,,Paspor sy hilang sdh 7 thn kemarin sy ke imigrasi dengan kelengkapan persyaratan nya
    Dr imigrasi tetap minta copy paspor Lama sedangkan sy sdh gak punya data nya sama skali, dan berkas sy di kembali kan, hanya karena tdk punya copy atau no paspor Lama,,
    Ada saran Dari teman untuk buat paspor baru dan sy blm lakukan takut nya bermasalh,,bisa minta solusinya yang baik sis ? Makasih sebelum nya

    BalasHapus
  31. Mas saya denger denger kita bakal disumpah saat diwawanacarai perihal kehilangan pasport?

    BalasHapus
  32. Gan, passport saya juga hilang nih, jadi ceritanya hilangnya di Surabaya. Tapi and buat passport itu Di jember, and bingung big lapornya langsung kepolsek jember apa Di Surabaya dulu?

    BalasHapus
  33. Gan, passport saya juga hilang nih, jadi ceritanya hilangnya di Surabaya. Tapi ane buat passport itu Di jember, ane bingung nih lapornya langsung kepolsek jember apa Di Surabaya dulu?

    BalasHapus