Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

4.25.2017

Tidur di Bandara International Beijing Terminal 2

Air Asia D7 313, berangkat dari Beijing (T2) pukul 05.40, sampai di Kuala Lumpur pukul 12.05.

Tidur di bandara adalah ide pertama yang terlintas di pikiranku. Jika pesawatku berangkat 05.40, maka setidaknya aku harus sudah berada di bandara pukul 04.00. Aku segera meluncur ke situs favoritku untuk mencari referensi tempat tidur di bandara, http://www.sleepinginairports.net, dan mendapati hal yang membingungkan. Review seorang traveler bernama Clipsham cukup membuatku pusing.

"No matter where I tried to get some shut-eye, even if I was sleeping sat upright, a member of airport staff would shake me and declare 'no sleeping!" - Clipsham

Namun pada bagian where to sleep di bawahnya, ada informasi yang bertentangan:

Airport staff are generally tolerant of overnight sleepers.

T3 is the most comfortable terminal to catch some sleep overnight. Plenty of seating, though the benches are often wooden, and only chairs with armrests are padded. Get creative.

Many travellers suggest the Burger King in the mezzanine level of T3 - its couches are comfortable and they are tolerant of sleepers.

Landside, there are a lot of benches that have no armrests, so head to the A/B counters and the L/K counters. It’s crowded, so grab a seat when you can! (Traveller, November 2011)

As a busy airport, come prepared for noise and light - bring earplugs and eye masks.

Jadi yang benar yang mana? Disitu hanya ada informasi untuk Terminal 3. Bagaimana dengan Terminal 2? Aku mulai mencari alternatif penginapan murah (hostel/guest house) yang berada di dekat Bandara Internasional Beijing. Tapi nihil, paling murah berkisar antara 100-200 yuan, itupun masih berjarak sekitar 3-5 kilometer dari bandara. Artinya, aku masih harus membayar airport shuttle. Malas, pengennya cari yang gratisan saja. Hehehe.

@@@


Nah berdasar pengalamanku bermalam di Bandara Internasional Beijing Terminal 2 (kusingkat BIJ T2), aku akan berbagi tips dan trik. Jadi tidur di BIJ T2 itu diperbolehkan (Maret 2017). Menurutku, spot terbaik adalah di bagian Lantai Ketibaan (Arrival) yang berada di Lantai 2. Disitu ada banyak kursi-kursi berjajar (kebanyakan ada lengan kursinya) yang bisa digunakan untuk beristirahat. Jika anda cepat, bisa mendapatkan sederet kursi yang tidak ada lengan kursinya. Lokasinya strategis karena berdekatan dengan toilet, tempat isi ulang air, KFC, Starbucks, mesin penjual minuman, dan lain-lain.

Salah satu spot untuk tidur di Terminal Ketibaan Bandara Internasional Beijing Terminal 2 (GALUH PRATIWI)


Sewaktu aku bermalam disitu pada 27-28 Maret 2017, aku sempat beberapa kali tidur dan tidak ada petugas yang mengganggu sama sekali. Beberapa orang disekitarku juga terlihat selonjoran di kursi yang tidak ada lengannya, ada juga yang menggelar semacam tikar kecil dan tidur di lantai. Sepengetahuanku, tidak ada petugas yang melarang kami tidur. Aku merekomendasikan di lantai ketibaan karena biasanya relatif lebih sepi daripada lantai keberangkatan di lantai 3. 

Oya, selain lantai ketibaan, anda bisa juga tidur di Lantai Keberangkatan di Lantai 3. Seperti lantai 2, disana banyak juga kursi berjajar yang bisa digunakan untuk beristirahat. Hanya menurutku tidak terlalu nyaman karena suasana yang terlalu ramai. Sebagai salah satu bandara yang menjadi hub internasional penerbangan jarak jauh, jadwal keberangkatan pesawat dari BIJ T2 sering dilakukan pagi-pagi sekali sehingga lantai keberangkatan jarang sepi.


Semoga postingan ini membantu ya, Happy Traveling in CHINA!

0 comments:

Posting Komentar