Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

12.02.2019

3 Desember 2019 : Ringkasan 20 Hari di TURKI.

4 November 2019 - Day 1

Tak terasa, hari ini adalah keberangkatanku ke Jakarta. Kota dimana aku akan memulai perjalanan panjangku selama 20 hari ke depan di negara Turki dan Georgia. Kesibukan mengerjakan dokumen tambang membuatku tidak merasa bahwa waktu berjalan begitu cepat.

Pagi ini aku masih begitu ribet. Begitu banyak dokumen dan berkas-berkas yang harus kuserahkan, baik ke Dinas ESDM ataupun P2T. Padahal keberangkatan keretaku Jayakarta Premium dari Surabaya ke Jakarta adalah jam 15.00. 

Jam 07.00-13.00, aku masih berjibaku menyelesaikan berkas-berkas yang harus kumasukkan hari itu juga ke dinas. Jam 13.00, aku meluncur dengan cepat ke P2T untuk menyerahkan surat permintaan rekomendasi bupati salah satu penambang. Habis dari P2T, ngebut agak cepat tarik tunai 6 juta di ATM BRI dan 4 juta di ATM CIMB Niaga untuk kutukarkan Euro dan USD di Money Changer langgananku di area Gubeng. Di jalan sempat galau apa mau terus naik kereta atau beli tiket pesawat untuk malam itu. Galau banget. Udah kejar-kejaran.

Ngebuuuut. Jam 14.00 akhirnya sampai kos. Langsung mandi cepat, (terpaksa lagi) membawa berkas-berkas yang belum kuselesaikan ikut traveling lagi, dan bergegas naik gojek ke stasiun. Sampai Stasiun Gubeng jam 14.50, langsung bagi tugas sama travelmate. Dia cetak tiket ke mesin, aku langsung jajan kilat ke indomaret untuk bekal di kereta. Setelahnya lariii ke kereta. wkwkw. Keretanya udah standby 5 menit lagi berangkat. OMG......

Saat udah duduk di kursi kereta langsung menghempaskan diri dan menyeka keringat. Baru 20 menit duduk, perut langsung keroncongan dan sama travelmate segera pesan mie rebus sama mie goreng ke kantin kereta. Setelahnya aku benar-benar enjoy saja menikmati setiap momen di kereta. Untungnya malemnya aku bisa tidur. Gak terasa aja perjalanan udah sampai Jakarta.

PS: di Stasiun Solo Balapan sempat turun sebentar untuk nitipin surat tilang motor ke keluarga ane. Surat tilang motor itu rencana mau dikirimin ke temen di Surabaya. Apes pagi ini temen ane kena tilang pas bawa motor. 

5 November 2019 - Day 2

Sampai di Stasiun Jatinegara jam 05.30, aku langsung meluncur ke toilet untuk sikat gigi dan cuci muka, travelmate gak mau alasannya males. Kemudian aku cari-cari info transportasi ke bandara, ada Damri (dari Stasiun Gambir) dan kereta bandara (dari Stasiun Manggarai). Setelah memperhitungkan ini dan itu, akhirnya aku memutuskan naik kereta bandara dari Stasiun Manggarai, soalnya kebetulan lagi ada promo juga dari Website KAI tiketnya perorang sekitar Rp 55.000.  Dari Stasiun KRL Jatinegara, aku naik KRL ke Stasiun Manggarai. 2 tiket + kartu totalnya Rp 26.000. Perjalanan hanya sekitar 15 menit.

Sampai di Stasiun Manggarai, kita mutar-mutar cari sarapan di dalam stasiun namun nggak ada yang cocok. Akhirnya keluar dan sarapan lontong sayur di depan stasiun seharga Rp 12.000/porsi, selain itu bungkus nasi uduk juga di box makan kita untuk makan siang di bandara seharga Rp 15.000. Mantaaap. Jam 8 aku beli tiket kereta bandara dari APP KAI menuju Bandara Soekarno Hatta. Keretanya mantap, nyaman dan dingin. Sekitar 45 menit sampai ke Bandara.

Sampai bandara, segera ke Terminal 2 untuk mandi di Shower Room gratis. Setelahnya jajan siomay dan kopi di Indomaret dan nunggu di Ruang tunggu internasional T3 Bandara Soekarno Hatta. Nunggu berjam-jam kugunakan untuk ngerjain dokumen. Tak lupa nasi udukku kumakan hehe lumayan nggak harus beli makan siang di bandara kan mahal.

Jam 16.30, check in KLM ke Istanbul via Amsterdam dibuka. Sempet deg-degan takut gak bisa check in soalnya gak punya visa transit Schengen, tapi ternyata tidak ditanya sama sekali. Request tempat duduk sebelahan sama travelmate, Alhamdulillah dapat boarding pass sebelahan, akhirnya nunggu dengan santuy di Gate kemudian telfonan sama ortu. Sempet delay sebentar tapi akhirnya boarding sekitar jam 19.30. Transit Kuala Lumpur.

Kebodohan : charger HP lupa nyabut di colokan T3 Bandara Soeta hehe. Alhasil galau pas di KL karena baterai tinggal dikit dan ane jadi marah-marah :D


6 November 2019 - Day 3

Perjalanan selama kurang lebih 13 jam Kuala Lumpur-Amsterdam kugunakan untuk nonton film dan sesekali mencoba tidur meski akhirnya tetap gak bisa tidur. Travelmate terlihat sukses ngorok sepanjang jalan karena minum obat, ane cuma bisa lihat aja sambil iri kok mata ini gak bisa merem hehe. Dapat 2x makan berat dan minum non stop.

Sampai di Amsterdam jam 06.00, jalan ajaa terus mau foto di Welcome to Amsterdam, tapi ternyata gak ada. Mungkin karena memang ini hanya zona transit, jadi dianggapnya belum masuk Amsterdam kali ya hehe. Badan agak pegel lihat pijet di airport tapi 1,5 jam pijet tarifnya mencapai 2 jutaan haha. Lihat-lihat kabel USB harganya paling murah 500 rebuan haha. Alhasil hanya duduk aja lihat orang lalu lalang dan foto dekat pohon natal. Transit disini 6 jam.

Kelaparan cari restoran sana sini selain mahal juga nggak selera. Makanan didominasi roti, salad, kopi (cocok tapi mahalnya amit). Untungnya temen bawa POP MIE satu, alhasil beli air panas saja di stand kecil gitu, buset air panas aja 1,5 euro haha. Makan dengan rakus karena kelaparan. Akhirnya jam 11.00 boarding ke Istanbul, penerbangan selama 3 jam. Sampai di Istanbul jam 18.00.

Sampai Istanbul malam dengan kondisi baterai HP hampir mati dan paket internet yang nggak kunjung mau diaktifkan. Arrrgh sial dah frustasi aja ni datang haha. Hausss tapi gak ada air minum gratisan yang bisa diambil. Akhirnya naik bus kota 30 menit menuju pusat kota yang ada pasar-pasarnya. Disana ane beli kabel USB seharga 20 lira. Disana nanya kartu internet Turki tapi buset mahal banget 350ribuan untuk 8 giga. Gak jadi beli, tiba-tiba paket internet XL bisa tapi yang rencana awalnya mau beli 30 hari, jadi cuma bisa 7 hari aja seharga 250ribu. Dari situ kita naik metro ke terminal, dari terminal karena udah gak sanggup jalan kaki, naik uber ke tempat pertemuan kita dengan host AirBNB yakni di Hotel tempat doi kerja. Disana nunggu sejenak sambil foto2, trus kita lanjut jalan kaki 5 menit ke apartemen airbnb. Sebelum stay kita beli mie + telur di kios kecil dekat apartemen. Apartemennya kecil tapi cozy. Baru tau di Turki banyak banget kucing liar gemuk-gemuk. Kawaii. Setelah ngobrol sejenak langsung tidur karena udah 2 malam gak tidur lancar sampe mata hitam. Makan malam yang udah terlanjur dibikin travelmate ane minta izin makan besok karena udah gak kuat. Zzzzzz... 


7-10 November 2019 - Day 4 - Day 7
Keliling Istanbul, tempat yang dikunjungi:

7 November - Kawasan Sultanahmet
Lapangan Taksim, Blue Mosque, Taman depan Hagia Sophia, Basilica Cistern, Area bagian depan Topkapi Palace

8 November 
Tour Selat Bhosporus 1,5 jam seharga 25 lira, Masjid Sulaimaniah

9 November
Explore Kadikoy, patung kerbau

10 November
Di penginapan aja sampai Check Out, pindah ke Hotel Surucu. Jalan kaki ke Panorama 1453.

11 November 
Di pengianapn sd check out, terus OTW Esenlar Otogar beli tiket bus ke Goreme. trus nyantai di Stasiun Bus sambil kerja. Bus otw jam 20.30. 12 jam ke Goreme.

12-14 November -Day 8 - Day 11
Tempat yang dikunjungi:
Goreme Open Air Museum, Uchisar Castle, Pigeon Valley, Panorama Red Rose Valley, Selime Monastery, Ihlisar Valley, Derunkuyu Underround City, sunrise di Love Valley, Devrent Immagination Valley, Fairy Chimneys Valley. Stay : Blue Moon Cave Hotel (2 malam), Cappadocian House (1 malam)

15 November - Day 12
Perjalanan Goreme-Antalya 9 jam naik bis SUHA

16-21 November - Day 12- Day 18
ANTALYA
Tempat Dikunjungi:

16 November:
Gate of Hadrian, OLD TOWN Antalya, Hidirlik Tower, Karaalioglu Park, Clock Tower, Ahi Yusuf Mescidi (masjid tertua di Antalya), Kirk Merdiven (tangga), Cruise Laut Mediterania @50 lira. Stay Hotel Alyans 3 days 409.113k.

17 November
Seharian kerja.

18 November 
Belanja

19 November:
Tunektepe Cabble Car (@ 15 lira), Air Terjun Kursunlu (tiket masuk 8 lira). Stay Hotel Alyans 150.794.

20 November 2019
OTW Antalya - Denizli. Sampai Denizli malam sekitar jam 10.00. Stay di Altin Pension (210k/night)

21 November 2019
Bangun pagi, OTW Denizli OTOGAR (300 meter). Titip tas di Penitipan tas (2 tas 14 lira). Denizli - Pammukale naik minibus @ 4,5 lira. Pammukale seharian, tiket masuk @72 lira termasuk ke Museum. Tempat dikunjungi Hierapolis, Kolam Travertine, Museum.

Sorenya bus Denizli - Selcuk. Malam sampai selcuk, batal eksplore udah gak mood, langsung beli tiket ke Istanbul.

22 November 2019
Sampai Istanbul pagi, nunggu di OTOGAR sampai jam 10.00, terus ke Warung Makan Nusantara. Terus ke Planet Hotel Istanbul dan tidur sampai malam. 3 malam Planet Hotel 551.528 k

23 November - 
RUMELI HISARI tiket masuk @ 18 lira, Rendang Malaysia. Stay :Planet Hotel Istanbul.

24 November -
LAUNDRY COIN (capa sehremini), Rendang Malaysia.
Stay :Planet Hotel Istanbul.

25 November 
GRAND BAZAAR, pulang jam 18.10.

0 comments:

Posting Komentar