Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

1.04.2016

[2] Sejarah Hawaii: Persahabatan George Vancouver dengan Raja Kamehameha I

George Vancouver akan dikenang selalu oleh masyarakat Hawaii karena kedekatannya dengan Raja Kamehameha I. Kamehameha menyebutnya sebagai salah satu penasehat terdekatnya. Vancouver membawa sapi, domba, kambing dan angsa sebagai hadiah untuk rakyat Hawaii dan memberi nasehat pada Kamehameha bagaimana mengatur pasukannya supaya tidak terjadi perpecahan. (Gambar oleh Hawai'i State Archives)

Kapten George Vancouver

Pelayaran Kapten Cook tidak sia-sia! Selepas meninggalnya Kapten Cook, perdagangan bulu binatang berkembang di bagian barat laut Pasifik pada akhir abad ke-18. Hawai’i menjadi tempat favorit untuk menghabiskan musim dingin bagi para pedagang bulu binatang dan barang lainnya. Empat tahun setelah pelayaran terakhir Kapten Cook, kapal-kapal penjelajah mulai berdatangan ke Kepulauan Hawaii. Penjelajah Perancis bernama La Perouse mengunjungi Hawaii, juga penjelajah asal Inggris dan Spanyol. Dari beberapa penjelajah asal Benua Eropa tersebut, nama George Vancouver, penjelajah asal Inggris, cukup terkemuka.

Vancouver mengunjungi Kepulauan Hawaii pada 1778 dan 1779 sebagai perwira muda bawahan alm. Kapten Cook. Pada 1791, Inggris mengutusnya ke Pasifik untuk menaklukan beberapa daratan di pesisir barat laut Amerika Utara. Penjelajahan pesisir barat laut Amerika Utara tersebut pernah dilakukan oleh Kapten Cook sebelum diselesaikan oleh George Vancouver. Kemudian Vancouver berlayar ke barat daya untuk membuat survei di Kepulauan Hawaii dan menghabiskan musim dingin disini. Hawaii memang dikenal mempunyai cuaca tropis yang cukup bersahabat sepanjang tahun.

Vancouver dan Kamehameha berlayar bersama di Kapal Discovery dari Hilo ke Teluk Kealakekua pada Januari 1974 (Gambar oleh Herb Kawa’nui Kãne)

Pada kedatangannya ke Kepulauan Hawaii, Vancouver membawa sapi, domba, kambing dan angsa untuk diberikan kepada rakyat Hawaii. Kamehameha – raja Kepulauan Hawaii saat itu – menyadari pentingnya pelestarian alam. Dia menempatkan kapu (Bahasa Hawaii untuk sesuatu yang tidak diperbolehkan) berumur 10 tahun pada sapi sehingga mereka akan mempunyai kesempatan untuk berkembang biak. Vancouver juga memberikan hadiah untuk pemimpin masing-masing pulau berupa tanaman anggur, jeruk, pohon almond dan bibit tanaman kebun.

Kebaikan hati Vancouver tidak berhenti disitu saja. Selain semua hadiah diatas, dia juga memberikan hadiah persediaan kepada para pedagang berupa daging dan beberapa variasi tambahan makanan untuk orang Hawaii. Kontribusinya yang paling penting adalah mengumandangkan semangat perdamaian diantara para pemimpin suku yang sedang berperang. Vancouver menghabiskan banyak waktunya menasehati Kamehameha tentang caranya memerintah Kerajaan Hawaii dan bagaimana cara menghadapi orang asing.

Tidak seperti kebanyakan orang asing yang mengunjungi Kepulauan Hawaii pada waktu itu, Vancouver menolak memberikan persediaan senjata kepada para pemimpin suku di Hawaii, tapi dia di lain sisi Vancouver membantu memperkuat posisi raja dengan cara lain. Dengan utusan Vancouver, tukang kayu suruhan Vancouver membantu membangun kapal bergaya Eropa pertama di Kepulauan Hawaii. Selain itu Vancouver juga berjanji akan memberikan Raja Kamehameha sebuah kapal perang Inggris yang dikirim beberapa tahun kemudian. Vancouver juga mengajarkan Raja Kamehameha bagaimana cara mendidik pasukannya supaya bisa mempersatukan Kerajaan Hawaii.

Karena pengaruh Vancouver, Kamehameha menawarkan untuk menempatkan kerajaannya di bawah perlindungan Inggris. Pemerintah Inggris tidak melakukan hal apapun menanggapi tawaran ini.

Kesimpulan
Meskipun Kapten Cook melakukan tiga kali pelayaran ke Pasifik, pelayaran ketiga adalah yang paling penting untuk sejarah Hawaii. Karena kondisi yang memungkinkan saat kedatangannya, orang-orang Hawaii berpikir Cook adalah Dewa Lono. Setelah kedatangannya, berkembang perdagangan yang pesat antara orang Inggris dan Orang Hawaii. Kemudian terjadi peristiwa yang akan selalu diingat sepanjang masa yakni terjadi pertempuran akibat pencurian kapal boat milik Cook, dan Cook terbunuh ketika berusaha mendapatkan kapal boatnya kembali. George Vancouver, perwira junior Cook, membantu membawa perdamaian di Kepulauan Hawaii. Hubungan baiknya dengan Raja Kamehameha telah membawa perdamaian dan memperkuat posisi raja.

0 comments:

Poskan Komentar