Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

5.28.2024

[1] RUSSIA TRIP - 1 Januari 2024 : Memilih

-Beberapa minggu sebelum 1 Januari 2024-

2023 sudah hampir usai tapi aku belum bisa memilih destinasi pasti untuk traveling di liburan lebaran 2024 (ditambah cuti bersama dan weekend) yang akan jatuh pada 5-14 April 2024. Btw itu memang rutinitas tahunanku sejak 2016, dimana saat libur Idul Fitri, aku sekalian traveling ke tempat yang jauh. Mumpung lagi ga dikejar-kejar klien dan kerjaan. Karena kerjaanku meskipun freelance, namun berhubungan dengan dinas, dimana dinas kalau weekend dan tanggal merah akan libur juga. 

Destinasi seperti Leh dan Ladakh (India Utara), Jepang, (kembali ke) Asia Tengah, Kenya, bahkan Bhutan berputar-putar di otakku. Seperti biasa, aku ingin tujuan yang nggak biasa. Aku ingin punya andrenalin "mengunjungi tempat tidak biasa" seperti yang kurasakan tahun 2023 kemarin sebelum berkunjung ke Asia Tengah. Dari semua list destinasi diatas, hanya Bhutan yang membuat andrenalinku naik. Tapi setelah membaca persyaratan untuk kesana, dimana kita diwajibkan membayar "dana sumbangan lingkungan" sebesar 100 USD/hari/orang membuat keinginanku meredup. Aku rasa masih banyak destinasi menarik + jauh lainnya yang bisa kumanfaatkan dengan dengan 100 usd ++/orang/hari. 

Aku inget, pernah buka IG temanku dan kulihat dia baru saja mengunjungi Russia di Februari 2023 kemarin. Sewaktu pertama lihat postingannya aku merasa biasa aja, belum terlalu tertarik. Aku hanya seperti teringat aja, 'ohh iya.. ada Russia..negara yang sampai sekarang belum pernah kukunjungi juga. Bolehlah kapan-kapan..Lagipula sekarang udah bisa E-Visa juga' 

Nah disaat bimbang-bimbangnya menentukan tujuan, aku teringat Russia. Tapi segera mungkin aku bertanya dalam hati, 'Apa hal spesial yang membuatku ingin mengunjungi Russia? Hal yang tidak bisa dijumpai di daerah lain?'

Langsung terpikirkan di otakku, "AURORA!"

Oh ya well, liat aurora di Kota Murmansk (kota di lingkar laut Artik, pada 69 derajat lintang utara). Baiklah, kali ini aku ga bisa melawan kata hatiku, fix langsung aku menetapkan Russia-lah negara yang akan kukunjungi di 2024!

Saat itu aku ga merasakan keraguan lagi. Aurora, huskey, snow mobile, itulah hal-hal yang paling terpikirkan olehku. Hal-hal yang belum pernah kulakukan, dan akan jarang dijumpai di negara manapun kecuali yang berada di Lingkar Artik seperti Norwegia, Finlandia, Swedia dan Islandia. Dan kita sendiri tau berapa biaya yang dibutuhkan untuk ke negara-negara tersebut jika dibandingkan dengan Russia. WOW, jauh!


Beberapa minggu setelahnya...
Setelah memutuskan Russia-lah negara yang akan kukunjungi pada 2024, aku mulai memperdalam tentang persyaratan ke negara ini, dan hunting tiket pesawat termurah dan terbaik untuk landing di Moscow. Ada beberapa catatan tentang persiapanku antara lain:

1) Kita bisa membuat E-visa secara online dengan biaya Rp 800ribuan, wajib disertai dengan asuransi perjalanan selama disana. Harga asuransinya tergantung jumlah hari disana.

2) Russia sedang kena banyak sanksi jadi kita tidak bisa narik uang di ATM yang berlogo Visa/Mastercard. Jadi optionnya adalah membawa uang cash dalam bentuk USD/Euro.

3) Tiket pesawat bisa dibeli di agen trip.com atau langsung di website maskapai (di skyscanner, traveloka, tiket, dll ga muncul tujuan Moscow)

4) Booking penginapan bisa dilakukan di hotelnya langsung, atau di aplikasi Ostrovok (buatan Russia)

5) Booking tiket kereta ke website russiantrain.com karena disitulah yang cukup terkenal dan bisa menerima pembayaran via visa/mastercard.

Setelah mempelajari semua itu dan aku merasa sanggup, aku segera hunting tiket. Dan setelah perjuangan beberapa lama, akhirnya di 1 Januari 2024 aku mendapatkan tiket di harga + rute sesuai yang kumau yakni Kuala Lumpur - Guangzhou - Moscow menggunakan China Southern Airline. Yeyy!! Tiketnya baru sekali jalan (berangkat aja), karena pulangnya aku masih berencana mampir ke negara tetangganya Russia dulu (belum ane pastikan dimana dan kapan). Ane dapat di harga Rp 4.250.000. 

Ane terbang tanggal 1 April 2024, dimana itu berarti masih 4 hari sebelum libur resmi lebaran dimulai. It's okey, aku harap situasi udah agak santai di H-1 minggu libur lebaran.


Yey! Aurora I'm coming!

0 comments:

Posting Komentar