Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

7.26.2016

Bagi yang masih bingung dengan Pulau Bawean

Aloha, agan mau ke Pulau Bawean? Masih bingung gimana caranya? Pulau Gili Timur? Pulau Gili Barat? Pulau Noko? Pulau Manokan Aeng? Mari ane jelaskan.

BAWEAN.

Adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa sekitar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif sejak tahun 1974, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, di mana tahun sebelumnya sejak pemerintahan kolonial pulau Bawean masuk dalam wilayah Kabupaten Surabaya. Belanda (VOC) masuk pertama kali ke Pulau ini pada tahun 1743.
Bawean memiliki dua kecamatan yaitu Sangkapura (di bagian selatan) dan Tambak (di bagian utara). Nanti sewaktu agan turun dari kapal, berarti agan menginjakkan kaki di Kecamatan Snagkapura. Jumlah penduduknya sekitar 70.000 jiwa yang merupakan akulturasi dari beberapa etnis yang berasal dari pulau Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera termasuk budaya dan bahasanya. Penduduk Bawean kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan atau petani selain juga menjadi pekerja di Malaysia dan Singapura, sebagian besar di antara mereka telah mempunyai status penduduk tetap di negara tersebut, selain di kedua negara itu penduduk bawean juga menetap di Australia dan Vietnam. Mayoritas penduduk Bawean adalah Suku Bawean dan suku-suku lainnya.
Bahasa pertuturan mereka adalah bahasa Bawean. Bukannya bahasa Madura seperti yg dimaklumkan sebelum ini. Di Malaysia dan Singapura, penyebutan suku ini berubah menjadi Boyan. Mereka menyebut diri mereka orang Boyan maksudnya orang Bawean.
Tokoh yang berasal dari Pulau Bawean yaitu Pahlawan Nasional Harun Thohir, Yahya Zaini, Syekh Zainuddin Bawean Al Makki, Syekh Muhammad Hasan Asyari Albaweani, dan keturunan bawean seperti Datuk Aziz Sattar dan masih banyak lainnya.
Sumber: wikipedia dengan sedikit tambahan.

1. Gimana caranya kesini gan?
Bisa naik kapal/pesawat gan. 
Jadwal kapalnya sebagai berikut:
Jadwal kapal ke Pulau Bawean
Sumber: baweantourism.com

FYI: Pelabuhan Paciran berlokasi di Kabupaten Lamongan, berjarak lumayan jauh dari Pelabuhan Gresik. Gili Iyang ini berupa kapal ferry (perjalanan sekitar 10 jam), jadi bisa bawa kendaraan. Kalau Express Bahari 1C sama Natuna Express berupa kapal cepat (perjalanan sekitar 3 jam), sehingga nggak bisa bawa kendaraan.

Kalau mau naik kapal Express Bahari 1C atau Natuna Express ane saranin booking tiket dulu gan supaya nggak kehabisan. Info harganya dan tempat pemesanan seperti di bawah:

Express Bahari


Gili Iyang (perjalanan sekitar 9-10 jam)


Natuna Express

INFO selengkapnya tentang PENITIPAN MOTOR di PELABUHAN GRESIK & KAPAL GILI IYANG: disini

Jadwal pesawat sebagai berikut:
Untuk penerbangan ke Bawean ini dilayani oleh Airfast Indonesia gan, situs resminya disini, jadwalnya seminggu 2x setiap hari Selasa sama Kamis terbang dari Surabaya. Berikut jadwal, harga tiket dan informasi kontak pemesanannya:
Jadwal pesawat ke Pulau Bawean
Sumber: http://www.airfastindonesia.com/


Harga tiket dan Informasi Pemesanan Tiket pesawat ke Bawean
Sumber: http://www.airfastindonesia.com/

Karena hanya pesawat perintis berkapasitas 12 penumpang, ane sarankan booking jauh-jauh hari gan supaya kebagian tempat. Bookingnya lewat nomor telepon yang ada diatas. Perjalanan dari Surabaya ke Bawean sekitar sejaman. Kalau naik pesawat, agan akan mendarat di Bandar Udara Harun Thohir yang ada di utara Pulau Bawean (tepatnya di Kecamatan Tambak).

2. Apa aja wisata di Pulau Bawean gan?
Sebagai gambaran utama, berikut Peta Wisata Pulau Bawean gan. Kedua peta ini ane sarankan dipint dan dibawa sebagai panduan ke Pulau Bawean. Percaya ane, ini lebih membantu daripada google map hehehe. Di Bawean susah sinyal soalnya kalau sudah masuk-masuk jalan kecil.
Peta Wisata Pulau Bawean
Sumber: http://bawean.eastjava.com/img/bawean_map_high.png


Peta Pulau Bawean
Sumber: daundesaku.blogspot.com
Bisa dibilang, 80 % wisata di Pulau Bawean berupa wisata alam. Mungkin terkait bentuknya sendiri yang berupa pulau kecil. Secara umum, tempat wisata di Pulau Bawean bisa dibagi menjadi tiga yaitu bagian barat, bagian tengah dan bagian timur. Mari kita bahas satu persatu mulai bagian barat dahulu.

WISATA BAGIAN BARAT:
1. Jerat Lanjeng/ Pantai Kuburan Panjang
2. Tanjung Kima
3. Tanjung Ga'ang
4. Penangkaran rusa
5. Pulau Gili Barat
6. Tanjung Cina

WISATA BAGIAN TENGAH

1. Air Terjun Murtalaya
2. Danau Kastoba
3. Grojogan Candi
4. Pantai Labuhan

WISATA BAGIAN TIMUR

1. Pulau Selayar
2. Air Terjun Laccar
3. Sidodegung Batu
4. Pulau Gili Timur (reccomended)
5. Pulau Noko (reccomended)
6. Pulau Manokan Aeng

3. Apa panduan yang bisa digunakan untuk keliling Pulau Bawean?

Ane sarankan bawa print kedua peta diatas, sangat membantu sekali. Siapkan juga download google map offline untuk Pulau Bawean, untuk jaga-jaga karena ketika sudah masuk ke kampung-kampung, jadi susah sinyal. Kemarin aku pakai kartu indosat.

Di Pulau Bawean sendiri hampir nggak ada sama sekali petunjuk arah gan. Jadi agan harus aktif bertanya kepada masyarakat lokal. Tapi jangan khawatir, mereka sangat baik, sopan dan menghargai pendatang kok gan.


4. Bagaimana dengan penginapan dan sewa motor di Bawean gan?

Jangan khawatir gan, banyak kok. Jadi nanti setelah agan turun di Pelabuhan Sangkapura, agan jalan kaki aja sekitar 1 kilometer ke arah timur (dari pintu keluar pelabuhan belok kiri). Nah disitu banyak sekali penginapan dari yang murah sampai menengah. Di penginapan itu kadang juga ada penyewaan motor. Kemarin aku ambil 2 malam di penginapan xx dengan tarif Rp 50.000/malam. Sewa motor matik dapat Rp 35.000/hari. Di Bawean nggak ada pom bensin gan, jadi harus isi bensin eceran. 

4. Bagaimana dengan keamanan gan?

Jangan khawatir gan, menurut ane Pulau Bawean itu aman banget gan. Jarang terjadi kriminalitas disini, misalnya pencurian motor. Secara ya kalau nyuri motor ya pasti ketangkap gan soalnya pulaunya ya begitu aja. Hehehe. Kemarin ane motoran berdua sama temen ane cewek juga aman.

5. Gimana nyebrangnya ke Pulau Gili Barat gan?

Hmmmm...gampang kok. Pulau Bawean sama Pulau Gili Barat itu sebenarnya dipisahkan laut gan. Tapi oleh masyarakat sekitar udah dibuat semacam jalan penghubung yang dibuat dari batu yang ditumpuk-tumpuk sampai ketinggian sekitar 1,2 meteran dari laut. Aman kok lewatnya karena air laut cenderung surut di siang hari. Letak penyeberangan ke Pulau Gili Barat sendiri berada di belakang SD. Nanti tanya-tanya ke masyarakat aja dimana lokasinya.

6. Kalau nyebrang ke Pulau Gili Timur gan? Sumpah bingung banget ni gan.

Rute yang paling umum itu lewat Desa Sidogedungbatu (Dusun Pamona) gan, lokasinya lihat peta diatas. Jadwal kapal ke Pulau Gili Timur biasanya sekitar jam 10 pagi, karena kapal tersebut akan mengangkut ibu-ibu yang habis berbelanja/berjualan di Pasar Bawean. Perahunya berupa perahu klotok dengan biaya penyeberangan Rp 5000/orang.

Masalah motor, dititipin dimana gan sebelum nyebrang?

Jangan kuatir gan, sebelum masuk ke dermaga penyeberangan, ada penitipan motor harian dengan tarif Rp 5000/hari. Dijamin aman kok nitip disini. Jarang banget ada maling gan di Bawean.

Dari Pulau Gili Timur, tinggal jalan kaki aja ke Pulau Noko (kalau pas surut), atau naik perahu klotok warga (kalau pas pasang). Menurut ane, Pulau Noko adalah Highlight dari kunjungan ke Bawean gan. Karena disinilah agan akan menemukan pantai biru bersih dengan pasir sehalus tepung. Berenang aman banget karena laut dangkal. 


Dari Pulau Gili Timur juga agan bisa mengunjungi Pulau Manokan Aeng, sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Jaraknya dekat banget, hanya 100 meter dari Pulau Gili Timur. Agan hanya bisa menyeberang pas kondisi air surut, kalau pas pasang, harus pakai perahu. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi Bawean!

Pertanyaan lain bisa WA 085 7299 36560

Ane akan senang berbagi informasi seputar Bawean!

0 comments:

Poskan Komentar