Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

4.15.2021

Surabaya, 16 April 2021 : Tips bikin ayam goreng sendiri murah & super simpel untuk anak kos

Ane akan bagikan tips membuat ayam goreng sendiri super simpel, cepat, ngirit dan bisa dipakai untuk beberapa kali makan.

1. Beli ayam mentah, hati ayam, ati/ampela di supermarket. Ane sendiri beli di Superindo. Kenapa di Superindo? Karena ane bisa beli ayam biarpun sedikit, terasa lebih bersih dan higienis. Kalau untuk anak kos/tinggal sendiri, kan kita cukup beli sedikit aja. Karena kalau kelamaan di kulkas juga nggak bagus. Lagian pasti ada hari2 tertentu kita bosan makan ayam sehingga pengen variasi makanan yang lain. Ini contoh pembelian ane.
ane beli sayap ayam 6 biji, cuma Rp 14.780

Selain ayam goreng, ane juga suka hati ayam goreng. Ane beli beberapa biji aja seharga Rp 6.950. 

ane juga beli ampela beberapa biji. Seharga Rp 3.510.

Total 3 item tersebut sekitar Rp 25.000 aja. Memang beli di pasar tradisional bakal lebih murah. Namun agak malu juga ya kalau kita bilang beli hati ayam 6ribu, beli ampela 3ribu. Yang ada yang jual agak ngedumel, "ngirit banget sih ini orang." Wkwk.

2. Cuci bersih ayam, hati, dan ampela yang sudah dibeli tadi di air mengalir.
3. Sesudahnya ayam yang udah dicuci tadi dikasih air Kira2 sampai di atas badan ayam dikit lah, kemudian ditaburi bumbu instan untuk ayam goreng. Ane sendiri baru nyoba sajiku, dan merasa cocok. Bumbunya ngeresap banget n rasanya 100 % fix mirip dengan ayam lalapan yang biasa dijual di pinggir jalan. Gurih mantap.
Di keterangan bungkus sajikunya sih, 1 bungkus itu untuk 1 kg ayam. Jadi kalau Kira2 ayam yang kita beli totalnya 0.5 kg, ya pakai setengah bumbu aja. 1 bungkus bumbu sajiku ini harganya Rp 1.800san aja.

4. Rebus ayam yang sudah direndam di air + diberi bumbu instan tadi diatas kompor sampai airnya asat/menghilang 80-90% lah.

5. Setelah airnya sudah asat 80-90% sudah bisa dimatikan kompornya. Kenampakannya kurang lebih seperti ini.
Pindahkan ke tempat yang lebih kecil untuk bisa ditaruh di kulkas.
Udah selesai, simpan di kulkas. Itu ayam ungkep yang setiap kali agan lapar bisa langsung digoreng. Super simpel kan. 

Tapi eh tapi, orang Indonesia kan gak bisa makan tanpa sambal ya. Biasanya ane buat sambal bawang. Ane beli cabe rawit 5000 n bawang putih 3000. Ini tips ane:

1. Siapkan cabe rawit n bawang. Ane biasanya bikin segini aja supaya sambelnya gak kelamaan di udara bebas.

2. Panaskan minyak di wajan, masukkan cabe + bawang beberapa detik aja. Jangan kelamaan, nanti layu n rasa segar bawangnya hilang. Fungsi direndam di minyak panas beberapa detik untuk menghilangkan bau menyengat dari bawang putih mentah.
3. Angkat cabe + bawang lagi di cobek, kasih garam + penyedap rasa secukupnya. Setelahnya di uleg aja sampe agak halus.
4. Selesai diuleg, siram minyak goreng panas tadi sedikit. Tujuan minyak goreng untuk membuat sambel awet. Dijamin di udara bebas (tanpa dikulkas) sampai 3 hari aja sambelnya gak bau.
5. Selesai. Tinggal goreng ayam/hati/ampela. Sendok nasi dari rice cooker, colek sambel. Wuihh dijamin rasanya 100% mirip dengan yang ada di warung lalapan pinggir jalan.

Sekarang kita bandingkan hematnya dibanding beli ayam lalapan pinggir jalan ya. Kasusku ini di warung Lamongan di Surabaya, Deket area kampus. Jadi ane asumsikan harganya udah cukup murah karena Deket area kampus.

1. Ane beli nasi + ayam paha + hati/ampela ayam (1 hati, 2 ampela, dalam bentuk sate) sama es teh habis 20ribu. Makan di tempat.

2. Ane beli ayam paha 1, sama hati/ampela ayam (1 hati, 2 ampela, dalam bentuk sate) dibungkus habis 17ribu.

Keduanya dalam sekali makan kan habis, yang dibawa pulang bisa maksimal 2x makan lah.

Sekarang bandingkan sama pengeluaran ane kalau masak sendiri diatas.
1. Ayam, hati, ampela mentah habis 25.000
2. Bumbu sajiku 2000
3. Cabe + bawang 8000 (bisa dipakai berkali2). Karena hanya ane pakai sebagian utk sambel.
Total 35.000

Bisa untuk 6x makan , bahkan lebih kalau hati/ampelanya dimakan terpisah dengan ayam goreng (gak dipakai bersamaan). 

See, jadi hemat banget kan? Jangan ragu masak ayam sendiri!


0 comments:

Posting Komentar