Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

11.09.2010

Mengenal sosok Aoyama Gosho the Creator of Detective Conan and the Other Manga's story


Siapa sih yang tidak tahu komik dengan judul Detective Conan? Ya, komik ini sudah begitu mendunia dan terkenal di banyak seantero Negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, (di ketiga negara ini dengan judul Case Closed) juga di Negara kita, Indonesia.Banyak sekali kawula muda yang menggemari komik detektive ini yang isinya 99 % cerita pembunuhan dan pemecahan trik.  Tetapi terkadang kita melupakan siapa creator yang menciptakan cerita dan trik-trik yang membuat kita penasaran di setiap episode ini. Siapa dia? dialah Aoyama Gosho san. Ini dia biografi dari Pak Gosho.

Aoyama Gosho, lahir dengan nama Yoshimasa Aoyama, lahir pada tanggal 21 juni 1963 di Hokuei, Tottori Prefecture, Jepang adalah seorang pembuat cerita manga berkebangsaan Jepang. Dia menjadi sangat terkenal lewat karyanya Detective Conan.

                                               Pak Gosho


                                           sangat terkenal

Bakat menggambar Aoyama sudah terlihat ketika dia masih kecil. Ketika dia masih kelas 1 SD, gambarannya dengan judul "Perang Yukiai" memenangkan kompetisi dan dipamerkan di Tottori Daimaru Department Store.

Aoyama lulus SMA di SMA Yuraikuei. Kemudian, dia meneruskan sekolah di Nihon University jurusan seni di Tokyo. Di musim dingin tahun 1986, Aoyama mengikuti kontes komik untuk mahasiswa tingkat tahun pertama. Dia memenangi kontes ini, dan ini dijadikan batu pijakan untuk karirnya sebagai pengarang komik, yang mengubah hidupnya sampai sekarang ini.

   Aoyama Gosho bekerja

Aoyama membuat debut pertamanya sebagai pengarang manga dengan membuat komik Chotto Matte yang dipublikasikan di majalah mingguan Shōnen Sunday di musim dingin 1987. Sebentar setelahnya, karya Aoyama yang lain, Magic Kaito, juga dipublikasikan di majalah yang sama.

Di awal tahun 1990, satu lagi cerita Aoyama yang diberi judul Yaiba terbit, seri manga ini rilis sebanyak 24 volume. Setelahnya, dia akan merilis seri manga dengn lainnya di beberapa/banyak volume, seperti Third Baseman No.4, Gosho Aoyama's Collection of Short Stories, dan Detective Conan.

Sebagai orang penuh bakat, tentulah penghargaan akan selalu menghampiri Aoyama. Aoyama telah memenangkan 2 penghargaan untuk pekerjaannya sebagai pembuat manga. Tahun 1992, dia memenangkan Shogakukan Manga Award dari Shonen untuk seri manga Yaiba. Tahun 2001, dia juga memperoleh penghargaan yang sama untuk kedua kalinya, kali ini untuk karyanya Detective Conan.

Selain itu, kota kelahirannya Hokuei telah melakukan beberapa dengan apa yang disebut Machi Okoshi (Revitalisasi kota) untuk menghormati kontribusinya sebagi seniman manga dan penduduk kota. Proyek pertama adalah dibangunnya Jembatan Conan yang melintasi sungai Yura dan juga dibuatnya patung-patung Conan di kota tersebut. Kedua struktur bangunan ini untuk menghormati karya aoyama, Conan Edogawa, karakter paling populer Aoyama di komik detective Conan. Tanggal 18 Maret 2007, Pabrik manga Gosho Aoyama, museum yang memperingati keberhasilan karir Aoyama, resmi dibuka.

Apa saja karya yang dihasilkan oleh Aoyama Gosho?

1. Wait a Minute (ちょっとまってて Chotto Matte) (1987)



 
Komik ini adalah cerita manga pertama karangan Aoyama Gosho. Komik ini dipublikasikan di Shōnen Sunday. Komik ini menceritakan tentang anak laki-laki jenius bernama Yutaka Takai, pemilik mesin waktu jetpack.

2. Yaiba (1988–1993)
Ini adalah seri manga 24 volume tentang petualangan samurai muda bernama Yaiba Kurogane. Setelahnya, seri ini disadur menjadi 52 episode seri anime.

3. 3rd Base 4th (4番サード Yonban Sādo) (1993)
Komik ini adalah manga 1 volume yang bercerita tentang anak laki-laki bernama Shigeo Nagashima, pemain baseball medioker di tim SMA-nya. Suatu hari, dia membeli alat pemukul ajaib dari toko peralatan olahraga yang memberikannya kemampuan untuk memukul setiap lemparan bola. Namun, dia harus membayar ke toko misterius itu untuk setiap lemparan yang dipukulnya.

4. Magic Kaito (まじっく快斗 Majikku Kaito) (1988–2007) 
Ini adalah seri manga empat-volume yang menceritakan petualangan lucu dari Kaitou Kid, seorang pencuri pria yang sering menggunakan keahliannya dalam sihir dan menyamar dalam setiap perampokan ia melakukan. Tiga jilid pertama dari seri manga ini awalnya dirilis tahun 1988-1994, volume keempat dirilis pada bulan Februari 2007.Meskipun manga ini sedang ditahan penulisannya, Kaitou Kid masih muncul secara teratur di Detektif Conan, manga lainnya oleh Aoyama

5.Gosho Aoyama's Collection of Short Stories

6. Detective Conan or Case Closed (名探偵コナン Meitantei Konan) - (1994–present)
             Ini adalah seri manga berkelanjutan yang menceritakan detektif SMA jenius yang   suatu hari berubah menjadi kecil kembali karena diberi obat misterius oleh komlpotan berbaju hitam. Ketika mencoba untuk melacak orang-orang ini, dia sering menemukan kasus yang rumit, yang sebgian besra hanya dapat diselesaikan olehnya. Seri ini adalah karangan Aoyama yang paling terkenal.

6. Tell Me A Lie (〜私にウソをついて〜 ~Watashi ni Uso wo Tsuite) - (2007)
             Ini adalah cerita satu shot manga tentang seorang gadis bernama Terumi Arai, yang bisa membaca pikiran orang ketika dia melihat di mata mereka.

5 comments:

  1. kakak aku mnta d posting ke blog aku ya buat tugas ni kak bleh ya plisss mkasih

    BalasHapus
  2. makasih infonya.....


    join juga di blog.ku ya
    http://diahsucipuspitasari.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Aku Posting balik di blog ku ya plz kak maksih

    BalasHapus