Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

1.10.2015

Latihan Intepretasi Citra Radar (Pegunungan Quachita, OKLAHOMA)

CITRA RADAR DAERAH PEGUNUNGAN QUACHITA, OKLAHOMA


Satuan A = Satuan perbukitan terlipatkan
Satuan B = Satuan dataran aluvial



INTERPRETASI SATUAN GEOMORFOLOGI
Satuan Perbukitan Terlipatkan
                Satuan ini memiliki rona banded, memiliki tekstur yang kasar,  terdapat pola kelurusan  yang berarah SE-NW dan SW-NE  serta terdapat pola berupa punggungan bukit dan perlapisan batuan yang melengkung, memiliki bentuk antiklin dan sinklin yang menunjam dan membentuk lengkungan. Satuan ini memiliki pelamparan yang lebih luas dari satuan B, kurang lebih 60%. Satuan ini terletak pada bagian kiri atas dan bagian bawah foto udara. Satuan ini terletak pada bagian kiri atas dan bagian bawah foto udara. Satuan ini berasosiasi dengan pola penyaluran annular  dan juga lipatan. Terdapat bayangan pola satuan ini. Satuan ini memiliki relief yang tinggi, memiliki pola penyaluran annular.

Satuan Dataran Aluvial
                Satuan ini memiliki rona scrabble, memiliki tekstur sedang. Satuan ini memiliki pola berbentuk kotak (persawahan), dan memiliki bentuk menyerupai kotak. Satuan B memiliki pelamparan 40%, terletak pada bagian kanan citra radar, berasosiasi dengan persawahan dan sungai utama, tidak terdapat bayangan pada citra ini. Satuan ini memiliki relief yang rendah. Memiliki pola penyaluran sub dendritik dan terdapat bentang lahan budaya berupa pemukiman.

            Gambar citra yang disediakan merupakan citra yang dihasilkan dari dua jenis polarisasi yang berbeda, yaitu polarisasi Horisontal-Horisontal dan polarisasi Horisontal-Vertikal. Kedua jenis tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kekurangan dan kelebihan tersebut tergantung pada 4 faktor yang saling mempengaruhi. Keempat faktor itu antara lain.
1.      Orientasi lereng
2.      Tanah dan kandungan air dalam vegetasi
3.      Kekasaran permukaan
4.      Vegetasi penutup
            Pada citra SLAR Quachita Mountains yang sedang di interpretasi ini, batuan beserta ronanya terlihat lebih jelas dan lebih mudah diamati pada jenis citra radar yang mempunyai polarisasi Horisontal-Horisontal. Kemudian, teksturnya juga terlihat lebih kasar pada polarisasi HH.




0 comments:

Poskan Komentar