Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

6.04.2020

Bangkalan, 4 Desember 2016 : Shooting Video Musik Ala-Ala 'WHERE ARE YOU NOW"

Bangkalan, 4 Desember 2016 Lokasi : Wisata Bukit Jeddih, Bangkalan, Pulau Madura
Hobby baru, filmografi, videografi. Salah satu lokasi pengambilan shooting untuk video musik yang aku buat. Namanya Danau Biru, berlokasi di Kabupaten Bangkalan di Pulau Madura. Ya, manusia kecil berwarna hitam yang sedang jalan itu ane. Dibantu teman ane yg rekam.
Direktornya ane dibantu teman, artisnya juga ane kayaknya. Hehehe. Video ini nantinya akan aku gabungkan ke video lanjutan yang akan aku buat di Kupang dan Pulau Rote pertengahan desember nanti. Bercerita tentang seseorang yang ditinggalkan seseorang yang sangat berarti dan hanya ditinggali secarik foto buram yakni foto gereja tua yang berlokasi di Pulau Rote. Hanya dengan petunjuk foto itu saja si pemeran harus mencari keberadaan orang tersebut, membawanya ke petualangan melintasi Kupang dan Rote. (Mirip video musik Faded by Alan Walker ya, emang ane terinspirasi sih idenya mencari orang). Tapi tujuan utamanya adalah promosi wisata di Bangkalan, Kupang dan Rote. Jadi akhir adegan adalah si artis menemukan gereja tsbt di Rote, entah bertemu orangnya atau tidak. Background lagu untuk video ini pakai lagu Faded-Where are you now.
Untuk mengurangi kenarsisan ane banyak shoot dengan metode extremely wide shoot (shoot jarak jauh), untuk menonjolkan pemandangan, meskipun ada juga metode shoot medium, close up, maupun point of view untuk membentuk jalan cerita. Semoga jadi n ngak malas melanjutkan.

5 Desember 2016 Surabaya Melanjutkan project video musik berjudul " Where Are You Now" yang entah jadi atau tidak, optimis terus dicoba editing. Ini beberapa adegan yang akan tampil di video nanti, keseluruhan take berada di Bangkalan, Pulau Madura. Take selanjutnya akan ane lanjutkan di Kupang dan Pulau Rote pada pertengahan desember mendatang.
Seperti diketahui ane sedang membuat video yang bercerita tentang seseorang (misterius) yang ditinggalkan seseorang yang sangat berarti baginya dan hanya ditinggali secarik foto buram yakni foto gereja tua yang berlokasi di Pulau Rote. Hanya dengan petunjuk foto itu saja si pemeran harus mencari keberadaan orang tersebut, membawanya ke petualangan melintasi Kupang dan Rote (nanti ada adegan take di pesawat, turun dari pesawat dan di kapal menuju Rote - Ya Allah semoga kapalnya jalan). (Mirip video musik Faded by Alan Walker ya, emang ane terinspirasi sih idenya mencari orang). Tapi tujuan utamanya adalah promosi wisata di Bangkalan, Kupang dan Rote. Jadi akhir adegan adalah si artis menemukan gereja tsbt di Rote, entah bertemu orangnya atau tidak. Background lagu untuk video ini pakai lagu Faded-Where are you now.
Adegan ini akan aku jadikan establishing shoot. Establishing shoot adalah shoot yang paling pertama keluar dari suatu video/film untuk menunjukkan kpd penonton dimana lokasi dan apa latar dari lokasi tsb

Adegan ini akan muncul setelah establishing shoot, sebagai bagian pertama dari master shoot. Master shoot berfungsi untuk menerangkan konflik apa yang terjadi pada sang pemeran scr lebih spesifik.

Wide shoot. Menunjukkan perjuangan si pemeran untuk menemukan petunjuk sekecil apapun.

Where are you now? Atlantis? Under the sea?

Metode shooting point of view. Foto buram yang dijadikan petunjuk bagi si pemeran untuk mencari orang yang meninggalkannya scr misterius. Metode shoot point of view mengibaratkan kamera adalah mata dari sang pemeran. Apa yang dilihat sang pemeran lewat matanya dishoot oleh kamera.

metode shooting wide. Si pemeran berusaha mencari, dimana dia? Dimana dia? Apa maksud foto gereja tersebut? Si pemeran harus mendaki ke puncak tertinggi.
Metode shoot medium close up....terus berusaha mencari.








0 comments:

Posting Komentar