Life Only Once. Stop Thinking and Just Make It Work

6.04.2020

Yogyakarta, 15 September 2013 (REFERAT) : Mengenang Referatku, Owalah Dulu Aku Pernah Nyusun Gini ta? 😁😁

Yogyakarta, 15 September 2013

Resume Referatku.


Ini adalah resume referatku yang kuupload di grup Lab Geokimia pada 15 September 2013. Referat sendiri adalah salah satu mata kuliah di jurusanku - Teknik Geologi UGM - dimana kita diminta untuk membuat karya tulis dengan tema/topik tertentu. Perbedaan dengan skripsi adalah, untuk referat cara mendapatkan bahan untuk karya tulis bukan dengan penelitian, tapi dari saduran buku-buku yang kredibel (buku-buku yang authornya sudah diakui kredibilitasnya). 


Kesimpulannya, referat merupakan karya tulis dengan topik tertentu yang isinya merupakan penyatuan dari teori-teori beberapa ahli yang dibuat sambung menyambung satu sama lain.


Tulisan ini sendiri kubuat pada 5 Juni 2020, saat aku sedang beristirahat dari mengerjakan dokumen tambang, dan kulanjutkan keesokan harinya. Sudah 7 tahun yang lalu, bahkan pas awal membaca postinganku ini, aku bahkan sama sekali gak ingat pernah menulis topik ini untuk referatku. Hehehe. Lagi-lagi aku mendapatkannya dari 'log aktivitas' facebook tahun 2013. 'Log aktivitas' facebook ini memang membantu banget gan, kalau kita ingin nostalgia atau mengingat momen-momen kenangan masa lalu, supaya gak terlupakan gitu aja.


Bukannya "hidup itu merupakan koleksi dari kenangan-kenangan" ya? Hehe. Makanya aku ingin menuliskan semua kenangan yang masih ada recordnya sehingga aku gak akan pernah melupakannya.


Aku rasa ilmu tu paling berguna ketika dibagi ya. Jadi aku berencana akan memposting file referatku itu di blog ini, supaya apa yang pernah kubuat di masa lalu setidaknya bisa membantu orang yang membutuhkan di masa kini. Namun aku ada sedikit kendala karena seluruh file-file kuliahku dari 2010-2015 itu ada di harddisk hijau yang di hari ini "I HAVE NO IDEA" barang itu dimana hehe. Kayaknya sih di rumah Solo. Nanti setelah PSBB dilonggarkan, aku rencana akan pulang ke Solo dan mencarinya.


Judul Referatku:

Jenis dan Kelimpahan Gas Vulkanik pada Gunung Api Tatanan Tektonik Zona Subduksi


Ini dia resume referatku:

Dalam sejarah evolusinya, kelakuan suatu gunung api sangat dipengaruhi oleh kandungan gas vulkaniknya. Pada gunung api tatanan tektonik zona subduksi,gas-gas vulkanik utamanya berdasar kelimpahan adalah H2O, CO2 , SO2 & H2S dalam % berat serta HCl, HF, N2, H2, He dan gas mulia dalam konsentrasi ppm. Volume gas vulkanik yang diemisikan oleh suatu gunung api biasanya konstan, tetapi sangat tergantung kepada temperatur dan komposisi magma. Penyimpangan volume emisi akan menyebabkan erupsi baru yang bergantung kepada viskositas magma. Saat magma mempunyai viskositas tinggi, maka akan terjadi erupsi eksplosif, sedangkan jika viskositas magma rendah maka terjadi erupsi efusif. Monitoring aktivitas gas vulkanik seperti CO2 dan SO2 pada gunung api sebelum erupsi sangat penting untuk menunjukkan kesiapan gunung api tersebut untuk erupsi.

 

Tahun Referat: 2013

0 comments:

Posting Komentar